Pendampingan Story Telling Pada Anak Terdampak Gempa Cianjur Di Kp. Seuseupan Kec. Cugenang, Cianjur

Kania Ratnasari, Annisa Retno Utami, Fahririn Fahririn

Abstract


Pada 21 November 2022, Indonesia dilanda gempa bumi tepatnya di daerah Cianjur, Jawa Barat. Salah satu lokasi yang terdampak dari adanya gempa tersebut yaitu Kampung Seuseupan RT 05, RW 01, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang. Pada kampung tersebut terdiri dari 130 KK (kartu keluarga) dan 90 orang anak-anak yang terdampak akibat adanya gempa tersebut. Hal tersebut membuat khususnya anak-anak merasa trauma dan takut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak mengembalikan rasa trauma dan takut adalah dengan cara mendongeng (story telling). Story telling yang dilakukan dengan membuat suasana rileks kepada anak-anak, serta melakukan interaksi dan bermain games untuk membuat suasana rileks tersebut. PKM ini bertujuan untuk mengembalikan sedikit demi sedikit rasa trauma dan takut pasca gempa, membantu anak-anak lainnya lebih dekat dan saling kenal untuk menumbuhkan kembali rasa aman dan rasa kebersamaan serta membuat mereka tertawa senang dan sejenak melupakan ketakutan akan bencana yang mereka alami dan terhibur dengan dongeng yang dibawakan. Pengabdian masyarakat ini menfokuskan dengan memberikan materi trauma healing berupa story telling dan games. Kemudian pendistribusian perlengkapan sekolah lengkap, terpal dan makan siang serta pendampingan berupa trauma healing dengan pendekatan story telling dan games kepada anak-anak korban gempa selain itu kegiatan ini juga memberikan pendampingan kepada anak-anak korban gempa untuk dapat mengurangi rasa takut dan trauma yang dialami oleh anak-anak dan mereka kembali semangat melakukan aktivitasnya terutama belajar dan sekolah.


Keywords


Story Telling; Gempa Cianjur; Pendampingan Anak; Pendampingan Story Telling

Full Text:

PDF

References


Elizabeth B. Hurlock, (2012.). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, terj.,(Jakarta: Erlangga,

Flannery, R. (2009). Psychological Trauma and Post Traumatic Stress Disorder. Journal of Emergency Mental Health.

Herman Nirwana, Konseking Trauma Pasca Bencana. Jurnal. Vol 15 No 2 (Desember 2012). Diakses tanggal 10 Desember 2019.

Indriana, F. (2009). Aktifitas Rumah Ceria Anak Yogya Dalam Mengatasi Trauma Anak Korban Bencana Alam. Yogyakarta.

John M.Echols dan Hassan Shadily, (2002). Kamus Inggris-Indonesia An EnglishIndonesian Dictionary, (Jakarta: PT Gramedia,

Kusumasari Bevaola, (2014). Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal, (Gava Media: Yogyakarta.

Mulyasih, Rahmi and Liza Diniarizky Putri. (2019). Trauma Healing Dengan Menggunakan Metode Play Terapy Pada Anak-Anak Terkena Dampak Tsunami Di Kecamatan Sumur Propinsi Banten. Bantenese – Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1).

Murdiono, A et al. (2020). Simulasi DanTrauma Healing Pasca Gempa Pada Peserta Didik SDN 1 Sambik Bangkol Nusa Tenggara Barat. Jurnal Karinov 3(2):0–4

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan public speaking untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan berbicara pada anak-anak di sanggar ar-rosyid purwokerto. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(01), 27-32.

Rahmat, H. K. et al (2018). Analisa Kebutuhan Program Trauma Healing Untuk Anak- Anak Pasca Bencana Banjir Di Kecamatan Sungai Pua Tahun 2018. Jurnal Menara Ilmu 12(7):1–6.

Samhsa. (2014). SAMHSA’s Concept ofTrauma and Guidance for a Trauma-Informed Approach. (July).

Subiyakto, R., Kurnianingsih, F., & Okparizan, O. (2023). Kemandirian Desa Dalam Penanggulangan Bencana Alam di Desa Resun Pesisir Kabupaten Lingga (Menuju Destana). ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 29-36.

Yuwanto, L et al. (2018). Intervensi Psikologi Bagi Penyintas Bencana.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id