Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Potensi Desa Ukir di Desa Sumita, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali

Putu Asih Primatanti

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan intrakulikuler dalam bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat yang dilaksanakan di daerah tertentu dengan sasaran desa, sebab di desa kerap ditemukan beberapa permasalahan yang masih dihadapi. Desa Sumita merupakan salah satu desa yang menjadi sasaran dalam KKN di Universitas Warmadewa. Adapun dua permasalahan utama yang dihadapi di Desa sumita yakni keterbatasan menjangkau pasar lebih luas untuk pemasaran produk kayu ukir yang menjadi potensi terbesar di desa tersebut dan keterbatasan informasi mengenai kesehatan reproduksi. Dari permasalahan tersebut dibentuk program-program unggulan selama kegiatan KKN diantaranya program Pengembangan Wisata Ukir Desa Sumita dan Program Talkshow Pergaulan Bebas dan Kesehatan Reproduksi. Metode dari program yang dirancang terdiri dari tahapan persiapan observasi dan pendataan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari pelaksanaan program Pengembangan Wisata Ukir Desa Sumita telah terbentuk akun Instagram untuk media pemasaran lengkap beserta logonya sehingga pelaku pengrajin kayu dapat memasarkan produknya secara lebih luas. Sedangkan, untuk program Talkshow Kesehatan Reproduksi Remaja, masyarakat Desa Sumita mendapatkan informasi baru mengenai kesehatan reproduksi dan dampak dari pergaulan bebas dan dapat diterapkan ke kehidupan sehari-hari. Diharapkan program tersebut dapat berlanjut seterusnya dan menjadi motivasi masyarakat untuk pengoptimalan potensi desa lainnya untuk meningkatkan ketahanan pangan desa.


Keywords


KKN; Wisata Ukir; Kesehatan Reproduksi

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Cetakan 1). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.

Anisa, R., Yustikasari, & Dewi, R. (2022). Media Informasi dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2869–2873.

Farida, & Sari. (2015). Media Tradisional vs Media Online (Komunikasi dengan Keunikan Identitas). AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 41–66.

Irianto, I. K. (2019). Materi Pembekalan KKN Unwar 2019. Warmadewa University Press.

Kotler, P., & Keller, K. (2013). Marketing Management (14 th). Pearson Education.

Manggala, A., Kenwa, K., Kenwa, M., Jaya, A., & Sawitri, A. (2018). Risk factors of stunting in children aged 24-59 months. Paediatrica Indonesiana, 58(5), 205–212.

Men, L. R., & Tsai, W. S. (2015). Infusing Social Media with Humanity: Corporate Character, Public Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196 195 Engagement, and Relational Outcomes. Journal of Public Relation.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.

Powers, T., Advincula, D., Austin, M. S., Graiko, S., & Snyder, J. (2013). Digital and Social Media In the Purchase Decision Process. Journal of Advertising Research, 52(4), 479–489. https://doi.org/10.2501/JAR-52-4-479-489

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1).

Siregar, P. (2020). Buku Ajar Promosi Kesehatan: Diktat Dasar Promkes. Sumatera: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sitorus, O., & Utami, N. (2017). Strategi Pemasaran. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

Stephenson, T., & Schiff, W. (2019). Human nutrition science for healthy living (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.

Syardiansah. (2017). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 57–68.

Tomar, M., Pandey, K., & Punia, D. (2016). Customer Engagement on Social Media: Understanding The Functional Perspectives of Social Media Towards Customer Engagement. International Journal of Marketing and Human Resource Management, 60–63.

Wemakor, A., Garti, H., Azongo, T., & Atosona, A. (2018). Young maternal age is a risk factor for child undernutrition in Tamale Metropolis, Ghana. BMC Research Notes, 11(1).

Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why People Use Social Media: a uses and gratification approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4).

Wikstrom, E., & Wigmo, J. (2010). Social Media Marketing - What Role can Social Media Play as Marketing Tool? School of Computer Science, Physics and Mathematics Linnaeus University.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id