Pemberdayaan Remaja sebagai Peer Educator “Cerdas Menggunakan Internet” di Bali Orphan Day Center

Putu Asih Primatanti, Saktivi Harkitasari, Komang Trisna Sumadewi, Kadek Ayu Astuti

Abstract


Pembatasan sosial menyebabkan individu terpaksa mengurangi interaksi sosial dan mencari aktivitas di rumah. Salah satu akibatnya adalah tingginya penggunaan internet dengan berbagai jenis motivasi penggunaan. Penggunaan internet yang berlebihan, khususnya penggunaan sosial media memberikan dampak negatif seperti problem mental dan perilaku berupa kecanduan atau adiksi. Anak yatim piatu berhak mendapatkan bimbingan tentang penggunaan internet ini untuk menghindari dampak yang kurang baik nantinya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan kegiatan pengabdian dengan memberdayakan dan menyiapkan mereka agar mampu mandiri dalam mengelola penggunaan internet, bahkan mampu menjadi penyuluh sebaya (peer educator) bagi teman-temannya. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mitra agar dapat cerdas menggunakan internet dan sosial media. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi tentang dampak penggunaan internet dan sosial media, serta melatih untuk melakukan dan memanfaatkan fasilitas filter dan screen time saat menggunakan smartphone maupun perangkat lainnya. Seluruh kegiatan mulai dari pemberian materi dan pelatihan terbukti meningkatkan pengetahuan anak di Bali Orphan mengenai dampak penggunaan internet yaitu sebanyak 95%, dan meningkatkan kemampuan menggunakan filter serta aplikasi untuk membatasi penggunaan internet. Peningkatan pengetahuan dilihat dari meningkatnya hasil post-test dan sudah bisa menggunakan aplikasi filter maupun screen time secara mandiri tanpa bantuan.

Keywords


yatim piatu; internet; sosial media.

Full Text:

PDF

References


Abi-Jaoude, E., Naylor, K. T., & Pignatiello, A. (2020). Smartphones, social media use and youth mental health. Canadian Medical Association Journal, 192(6), E136–E141. https://doi.org/10.1503/cmaj.190434

Adiningtyas, S. W. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1), 28–40. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Cetakan 1). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.

Budiman, & Riyanto. (2013). Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Hermawansyah, A., & Pratama, A. R. (2021). Analisis Profil dan Karakteristik Pengguna Media Sosial di Indonesia Dengan Metode EFA dan MCA. Techno.Com, 20(1), 69–82. https://doi.org/10.33633/tc.v20i1.4289

Kolhar, M., Kazi, R. N. A., & Alameen, A. (2021). Effect of social media use on learning, social interactions, and sleep duration among university students. Saudi Journal of Biological Sciences, 28(4), 2216–2222. https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2021.01.010

Kominfo. (2014). Siaran Pers No. 17/PIH/KOMINFO/2/2014 tentang Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2011). Online social networking and addiction--a review of the psychological literature. International Journal of Environmental Research and Public Health, 8(9), 3528–3552. https://doi.org/10.3390/ijerph8093528

Kusumawardhani, A., Segara, A. A., & Supriadi, W. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Internet pada Anak. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(3), 232–235.

Pahlawan, P., Liliswanti, R., Wulan, A., & Sari, M. (2020). Relationship Of Social Media Usage Duration With Student Learning Motivation Faculty Of Medicine, The University Of Lampung In Class Of 2015. Medical Profession Journal of Lampung, 10(3), 423–428.

Ramadhani, M., & Pratama, A. (2020). Analisis kesadaran cyber security pada pengguna media sosial di Indonesia. Automata, 1(2).

Santoso, N. A., Alwiyah, & Nabila, E. A. (2021). Social Media Factors and Teen Gadget Addiction Factors in Indonesia. ADI Journal on Recent Inovation, 3(1), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.34306/ajri.v3i1.289

Schønning, V., Hjetland, G. J., Aarø, L. E., & Skogen, J. C. (2020). Social Media Use and Mental Health and Well-Being Among Adolescents – A Scoping Review. Frontiers in Psychology, 11(1949). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01949

Shaw, M., & Black, D. W. (2008). Internet addiction: definition, assessment, epidemiology and clinical management. CNS Drugs, 22(5), 353–365. https://doi.org/10.2165/00023210-200822050-00001

Siste, K., Hanafi, E., Sen, L. T., Christian, H., Adrian, Siswidiani, L. P., Limawan, A. P., Murtani, B. J., & Suwartono, C. (2020). The Impact of Physical Distancing and Associated Factors Towards Internet Addiction Among Adults in Indonesia During COVID-19 Pandemic: A Nationwide Web-Based Study. Frontiers in Psychiatry, 11, 924. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.580977

Sundus, M. (2018). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01). https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id