Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini

Elis Teti Rusmiati

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini ini bertujuan untuk membentuk sikap anak-anak yang lebih inklusif, saling menghormati, dan mampu hidup harmonis di tengah keragaman masyarakat. Melalui pemahaman nilai-nilai toleransi, anak-anak diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk hidup secara harmonis dengan orang-orang yang berbeda latar belakang, budaya, agama, suku, ras, atau pandangan. Kegiatan ini melibatkan Penulis sebagai narasumber utama yang memberikan pemahaman tentang toleransi, berbagai metode interaktif, dan keterlibatan guru dan orang tua untuk mendorong pemahaman yang mendalam dan pembiasaan sikap Evaluasi dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran anak-anak tentang nilai-nilai toleransi, memperluas pemahaman mereka tentang perbedaan, dan membantu mereka mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik dan empati. Kesimpulannya, kegiatan PkM ini memberikan kontribusi penting dalam membentuk karakter toleransi pada anak usia dini dan menciptakan dasar yang kuat untuk membangun masyarakat yang inklusif dan saling menghormati di masa depan.


Keywords


Toleransi; Anak Usia Dini; Inklusif

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin & Mu'adz D'Fahmi (2005) Pendidikan agama era multikultural-multireligius, Jakarta:PSAP Muhammadiyah

Abdullah, H.M. Amin. (2016) Reorientasi Pendidikan Agama Pada Era Multikultural danMultireligius, jurnal el-Tarbawi JPI Volume IX Tahun VI Desember 2003 hlm 37

Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, (Jakarta: Prenada Media Group). Hlm. 3

Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 13

Rahmawati, Eni dan Neny, Zuhriyah. (2019). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo,

Rusmiati, Elis Teti. (2023) Revitalisasi Toleransi Beragama dalam Kearifan Lokal Masyarakat Multikultural, Jakarta: Moestopo Publishing hlm.6

Rusmiati, Elis Teti dkk. (2022). Penguatan Moderasi Beragama di Pesantren untuk Mencegah Tumbuhnya Radikalisme. Jurnal Abdi Moestopo Vol. 05, No. 02 (2022), hlm 205

Siswanto dkk. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Generasi Unggul dan Sukses, Jurnal Paramurobi, Vol. 2, No. 2, hlm 34

Syam, Aswari. (2019). Teknik Pembelajaran Anak Usia Dini: dari Teori ke Praktik, Yogyakarta: PT. Indeks hlm 25-28

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: PT Indeks. Hlm 6-7

Yani, Ahmad dan Jazariyah. (2021). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini, Jurnal Obsesi jurnal pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id