Pengetahuan Teknik Pelaksanaan Renovasi Rumah Sederhana Pasca Gempa Untuk Warga Masyarakat Cihikeu, Cianjur, Jawa Barat.

Hamonangan Girsang, Patricia Kanicia Djawu, Arga Probo Waseso

Abstract


Wilayah geografis Indonesia yang berada di kawasan lempeng bumi yang terus bergerak yaitu  Indo-Australia dari selatan, Eurasia dari utara, serta Pasifik dari timur. Itulah alasan mengapa Indonesia rawan terjadi gempa bumi.  Seperti gempa bumi Cianjur yang terjadi 21 November 2022 dengan kekuatan 5,6 Magnitudo berdampak merusak,  ratusan orang meninggal dan ribuan bangunan hancur. Pengetahuan masyarakat terkait gempa sangat terbatas yang menyangkut potensi, antisipasi,  dampak serta perbaikan bangunan.  Dengan keterbatasan tersebut maka perlu ditingkatkan pemahaman, pengetahuan kegempaan melalui sosialisasi dan penyuluhan. Melalui penyuluhan teknik cara merenovasi rumah tahan gempa secara berkelanjutan diharapkan para masyarakat memiliki kesadaran serta antisipatif dari ancaman bencana gempa. Perguruan Tinggi yang merupakan insan civitas akademik  bagian dari masyarakat yang cepat tanggap, peduli dan terpanggil menyebarkan pengetahuannya dalam mengantisipatif serta pemecahan masalah rendahnya pengetahuan masyarakat pemakai jasa konstruksi bangunan rumah sederhana. Penyuluhan yang dilakukan kepada warga masyarakat kampung Cihikeu, Desa Sarampad kabupaten Cianjur lewat paparan serta pengisian kuisioner yang mana dari hasil olah data kuisioner  masyarakat setempat memahami zonasi kegempaan daerah tinggal mereka, serta dapat menerapkan bahkan mengawasi serta mengantisipasi bencana gempa melalui keilmuan dan pengetahuan yang dimiliki dengan kekhususan pada renovasi konstruksi rumah yang terdampak gempa dengan menerapkan kaidah dan ketentuan yang berlaku yang dituangkan dalam Standard Nasional Indonesia.


Keywords


Bangunan; Gempa; Penyuluhan; Rumah; Civitas Akademik

Full Text:

PDF

References


Boen, T. (2010). Cara memperbaiki bangunan sederhana yang rusak akibat gempa bumi. World Seismic Safety Initiative.

Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (2023), Analisis Kebencanaan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, materi pepaparan Annual Meeting Persatuan Insinyur Indonesia wilayah Jawa barat.

Prof. Ir. Widodo, MSCE, PhD (2023), Pencegahan Bencana (Disaster Prevention), disampaikan pada Annual Meeting Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Barat, Bandung 17-18 Februari 2023.

Sabaruddin ,A., 2018, Bangunan Rumah dan Gedung Tahan Gempa, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Standar Nasional Indonesia 1726:2019, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung.

http://lipi.go.id/berita/elektronik artikel ini tsunami di Indonesia

https://minanews.net/bnpb 1484 juta penduduk indonesia terancam bahaya gempa bumi. yang perlu diketahui tentang gempa, Elektronik artikel,

https://www.cnbcindonesia.com/news/20221229091536-4-401071/gempa-dahsyat-cianjur-jawa-barat-terbanyak-bencana-2022.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id