Peningkatan Kompetensi English Speaking dan Komunikasi Kolaboratif Pada Siswa-Siswi MAN 3 Sleman Melalui Mayoga English Camp

Banatul Murtafi'ah, Anandayu Suri Ardini, Willy Prasetya, Roro Millatu Al Ghaniy, Dian Febriany Putri

Abstract


Survei yang dilaksanakan pada tahun 2022 oleh Education First (EF) menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa Inggris dunia, English Proficiency Index (EPI) menyajikan fakta bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-81 dari 111 negara di dunia dengan perolehan hasil 469. Secara global, hasil EPI Indonesia belum mampu mencapai target rerata skor EPI global yakni 502 poin. Hal ini menjelaskan perlu adanya pembenahan dalam kompetensi berbahasa Inggris terlebih di era serba modern ini. Dalam menghadapi situasi ini, diperlukan adanya pemberdayaan kepada siswa sehingga mampu mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris dengan mengadopsi Content and Language Integrated Learning (CLIL) and Project-based Learning (PjBL) yang selaras dengan program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka. Oleh karenanya, program pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada pelajar menengah atas diharapakan dapat meningkatkan kecakapan berbahasa Inggris dengan pendekatan kolaborasi yang dilandasi nilai-nilai keislaman. Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kelanjutan dari program pengabdian masyarakat tahun sebelumnya di MAN 3 Sleman, Yogyakarta, dengan beberapa modifikasi dan pembaruan pada metode pembelajaran yang dirancang. Dari hasil pembelajaran klasikal dengan CLIL dan projek mandiri siswa, nilai bahasa Inggris siswa meningkat secara signifikan. 

Keywords


English; Speaking; Komunikasi Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Alan, B., & Stoller, F. L. (2005). Maximizing the benefits of project work in foreign language classrooms. English Teaching Forum, 43(4), 10-21.

Burns, M. (2011). Distance Education for Teacher Training: Modes, Models, and Methods. http://idd.edc.org/sites/idd.edc.org/files/Distance Education for Teacher Training by Mary Burns EDC.pdf

Coyle, D., Hood, P., & Marsh, D. (2010). CLIL: Content and language integrated learning. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Grasha, A. F. (2010). A Matter of Style : The Teacher as Expert, Formal Authority Personal Model, Facilitator, and Delegator. 7555 (November), 142–149. https://doi.org/10.1080/87567555.1994.9926845

Maor, D. (2003). The Teacher ’ s Role in Developing Interaction and Reflection in an Online Learning Community. Educational Media International, October 2014, 127–138. https://doi.org/10.1080/0952398032000092170

Marsh, D. (2000). An introduction to CLIL for parents and young people. In D. Marsh & G. Lange (Eds.), Using languages to learn and learning to use languages. Jyväskylä, Finland: University of Jyväskylä.

Muchtar, M.I., Susanti, R., Rajafi, A., Hasnah, S., Anwar, R.S., Pujiati, Yusriani, Wahidi, R., Faizah, R., Supian, Umar, M., Ismail, F., Adilham, Ali, N., & Saputra, S. (2021). Pendidikan Al-Qur’an Pada Generasi Milenial. Jakarta: Penerbit Bintang Pustaka Madani.

Namaziandost, E., Esfahani, F. R., Nasri, M., & Mirshekaran, R. (2018). The effect of gallery walk technique on pre-intermediate EFL learners’ speaking skill. Language Teaching Research Quarterly, 8, 1-15.

Stoller, F. (2006). Establishing a theoretical foundation for project-based learning in second and foreign language contexts. In Beckett, G., H. & P. C. Miller (Eds.), Project-Based Second and Foreign Language education: past, present, and future (pp. 19-40). Greenwich, Connecticut: Information Age Publishing.

Suwannoppharat, K., & Chinokul, S. (2015). Applying CLIL to English language teaching in Thailand: Issues and challenges. Latin American Journal of Content & Language Integrated Learning, 8(2), 237-254.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id