Peningkatan Kesadaran Literasi Digital Dikalangan Siswa-Siswi PKBM Tanda Genap

Fitri Dwi Lestari, Vania Utamie Subiakto, Ida Royani Damayanti

Abstract


Tujuan Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran literasi digital di kalangan generasi muda khususnya pelajar. Adanya Perkembangan teknologi, generasi muda harus mampu membentuk sikap dan perilaku yang unggul, karena masifnya pemberitaan media serta keterbukaan dan kemudahan akses informasi, diperlukan adanya penyaringan dalam menerima dan menyebarkan informasi. Latar belakang kegiatan ini ialah banyaknya berita hoax yang beredar di media sosial. Tak hanya itu, teknologi digital kini semakin berkembang sehingga dapat diakses oleh semua kalangan, terutama generasi muda. Fenomena yang terjadi saat ini adalah marak pemberitaan hoax yang beredar di media sosial dikarenakan semakin mudah mengakses informasi oleh karena itu generasi muda diperlukan filterisasi dalam mengakses informasi dan penyebaran informasi. Siswa-siswi PKBM TANDA GENAP merupakan generasi muda di DKI Jakarta yang seharusnya bisa lebih cerdas dalam memahami perkembangan teknologi. Adapun Hasil kegiatan dimana peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis mengenai literasi digital namun mendapatkan keterampilan praktis untuk menghadapi tantangan era digital. Kesadaran mereka terhadap risiko dunia maya telah meningkat dan mereka kini dapat mengambil keputusan yang lebih tepat ketika berinteraksi dengan teknologi. Hal ini membawa perubahan budaya digital di lingkungan sekolah dan rumah, dimana literasi digital menjadi prioritas bagi semua pihak.


Keywords


Literasi Digital; Kesadaran; Siswa-Siswi; PKBM TANDA GENAP; DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Cambridge Assessment International Education. (n.d.). Indonesian students among the world’s highest users of technology. Diambil 15 Februari 2023, dari https://www.cambridgeinternational.org/news/news-details/view/indonesianstudents-among-the-worlds-highest-users-of-technology-27-nov2018/

Google, The Net Safety Collaborative, & Internet Keep Safe Coalition. (2019). Be Internet Awesome Digital Safety and Citizenship Curriculum. Diambil dari https://storage.googleapis.com/gweb-interland.appspot.com/enus/hub/pdfs/Google_BeInternetAwesome_DigitalCitizenshipSafety_2019Curriculu m.pdf

Pratama, A. R. (2018, March). Investigating daily mobile device use among university students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 325(1), 1-6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/325/1/012004

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On the Horizon, 9(5), 1-6.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id