Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Bagi Siswa SD di Kecamatan Manggar, Belitung Timur

Mirna F. Rifky, Susi R Puspita, Mutiara Rina Ruslan

Abstract


Penyakit gigi dan mulut merupakan masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan merupakan hal yang sepatutnya diberi perhatian secara saksama oleh tenaga kesehatan medis, khususnya dokter gigi ataupun perawat gigi. Faktor tingkat pengetahuan dan kesadaran yang rendah mengenai kesehatan gigi dan mulut menyebabkan seseorang tidak mengetahui penyebab dan pencegahan karies gigi. Kegiatan pengabdian masyarakat   FKG UPDM(B) diikuti oleh 11 orang peserta dokter gigi dan 60 orang mahasiswa program profesi FKG UPDM(B). Kegiatan pengabdian masyarakat bertempat di Gedung SMAN 1 Kecamatan Manggar, Belitung Timur dengan sasaran peserta siswa SD di sekitar kecamatan Manggar sebanyak 300 orang. Pelayanan yang dilakukan berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pembagian sikat gigi dan pasta gigi serta edukasi kepada anak-anak, sebagai upaya promosi kesehatan gigi dan mulut. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan di bidang kesehatan gigi dan mulut untuk anak-anak sejak dini, Kegiatan pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dilaksanakan di Gedung SMAN1 Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Diharapkan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini  dilakukan secara terprogram dan berkelanjutan, serta mendapat  dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat dan pemerintah setempat secara konsisten


Keywords


Kesehatan Gigi dan Mulut; Penyuluhan; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Apriyani, dkk (2015). Keberhasilan Penyuluhan Kesehatan Gigi. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(2), Desember 2022, 58-63.

Ayu DK, dkk (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Cara Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Ketersediaan Alat Menyikat Gigi Pada Narapidana Kelas Iib Rutan Gianyar 2018. Dental Health Journal, 6(2), 23-26.

Sari, A,dkk (2021). Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Anak Di Kampung Poncol Kecamatan Karang Tengah Tangerang. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMK. 2- 8.

Lucia AC,dkk.(2019). Penyuluhan menggosok gigi pada anak SD Teluk Dalam II Banjarmasin. Jurnal Suaka Insan Mengabdi JSIM, 1(1), 91-97.

Nila Kusuma, dkk.(2018). Penyuluhan Kesehatan gigi & mulut pada siswa SDN 03 Alai Kota Padang dalam rangka memperingati WOHD thn 2017. Warta Pengabdian Andalas, 25(2),33-38.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id