Pemberdayaan SDM Masyarakat di Pulau Tidung dalam Pemahaman Blue Economy
Abstract
Pendekatan melalui “Blue Economic” memiliki relevansi yang luas sebagai pemanfaatan hasil kelautan untuk kemakmuran masyarakat. Karena sektor kelautan lautan memiliki peran besar untuk umat manusia di masa depan, dan Ekonomi Biru menawarkan pendekatan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah kepulauan seribu. Tujuan pengabdian masyarakat adalah menerapkan blue economy kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pesisir pantai pulau Tidung. Permasalahan yang didapat adalah rendahnya kualitas produk olahan yang dihasilkan masyarakat pulau Tidung. Untuk itu solusi yang kami tawarkan memberikan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan kualitas produk olahan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau Tidung. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat akan dipublikasikan dalam artikel jurnal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adibrata, S., Lingga., & Nugraha, M.A. (2022). Penerapan blue economy dengan budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei). Journal of Tropical Marine Science, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.33019/jour.trop.mar.sci.v5i1.2964
Akrimi, Y., & Khemakhem, R. (2012). What Drive Consumers to Spread the Word in Social Media? Journal of Marketing Research & Case Studies, 2012, 1–14. https://doi.org/10.5171/2012.969979
Banu, N. M. (2020). Konsep Blue Economy Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22 (1), 27–31. https://doi.org/10.30811/ekonis.v22i1.1907
Handika, M. R., Maradona, A. F., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.38043/jmb.v15i2.601
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Karnan, K., Idrus, A. Al, Bachtiar, I., Raksun, A., & Merta, I. W. (2019). Diversifikasi Pendapatan Alternatif Masyarakat Nelayan Melalui Inovasi Teknologi Budidaya Rumput Laut Di Desa Batunamparselatan Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.311
Maesaroh, S., Lubis, R. R., Husna, L. N., Widyaningsih, R., & Susilawati, R. (2022). Efektivitas Implementasi Manajemen Business Intelligence pada Industri 4.0. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.764
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial : Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing : Antecedents and Consequenc-. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 187–196. https://doi.org/10.33299/jpkop.19.3.346
Muhamadong, Firmansyah., & Yasin, H. (2022). Pengelolaan Desa Berbasis Manajemen Modern Dalam Menghadapi Era RevolusiIndustri 4.0. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 1(3), 147–168. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i3.592
Nurhayati, S. (2015). Blue and Economy Policy" and Their Impact to Indonesian Community Welfare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 37–42. https://dx.doi.org/10.31941/jebi.v12i2.183
Pauli, G. A. (2010). The blue economy: 10 years, 100 innovations, 100 million jobs. Paradigm publications. https://books.google.co.id/books?id=aJ3HZD1H7ZsC&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Prasutiyon, H. (2018). Paper review konsep ekonomi biru ( sebuah potret : indonesia bukanlah jakarta ). Ekonomika, 11, 87–92. https://lldikti7.ristekdikti.go.id/uploadjurnal/4_EkonomikaV11No2Des2018.pdf
Putra, A., Abdurrahman, Sugiyanto, & Freddy, D. (2014). AKUTANSI UKM BAGI KELOMPOK USAHA KRIPIK IKAN , KRUPUK. Jurnal Abdimas, 1 (1), 59-65. file:///C:/Users/Hp/Downloads/1191-2410-1-SM.pdf
Setyawati, L. R., Hadistian, Cahya, D. D., Marsetio, Novarianti, A. D., & Said, B. D. (2021). Implementasi Konsep Ekonomi Biru dalam Pembangunan Masyarakat Pesisir di Kota Sabang. Jurnal Education and Development, 9(4), 178–185. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3115/2106
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-0041
Williams, D. L., Crittenden, V. L., Keo, T., & Mccarty, P. (2012). The use of social media: An exploratory study of usage among digital natives. Journal of Public Affairs, 12(2), 127–136. https://doi.org/10.1002/pa.1414
Zamroni, A., Nurlaili, N., & Witomo, C. M. (2019). Peluang Penerapan Konsep Blue Economy Pada Usaha Perikanan Di Kabupaten Lombok Timur. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 4(2), 39. https://doi.org/10.15578/marina.v3i2.7388
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3687
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id