Pemberdayaan SDM Masyarakat di Pulau Tidung dalam Pemahaman Blue Economy

Didin Hikmah Perkasa, Islamiah Kamil, Meiliyah Ariani, Komarudin Komarudin, M. Al Faruq Abdullah

Abstract


Pendekatan melalui “Blue Economic” memiliki relevansi yang luas sebagai pemanfaatan hasil kelautan untuk kemakmuran masyarakat. Karena sektor kelautan lautan memiliki peran besar untuk umat manusia di masa depan, dan Ekonomi Biru menawarkan pendekatan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah kepulauan seribu. Tujuan pengabdian masyarakat adalah menerapkan blue economy kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pesisir pantai pulau Tidung. Permasalahan yang didapat adalah rendahnya kualitas produk olahan yang dihasilkan masyarakat pulau Tidung. Untuk itu solusi yang kami tawarkan memberikan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan kualitas produk olahan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau Tidung. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat akan dipublikasikan dalam artikel jurnal. 


Keywords


Strategi; Pelatihan; Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adibrata, S., Lingga., & Nugraha, M.A. (2022). Penerapan blue economy dengan budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei). Journal of Tropical Marine Science, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.33019/jour.trop.mar.sci.v5i1.2964

Akrimi, Y., & Khemakhem, R. (2012). What Drive Consumers to Spread the Word in Social Media? Journal of Marketing Research & Case Studies, 2012, 1–14. https://doi.org/10.5171/2012.969979

Banu, N. M. (2020). Konsep Blue Economy Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22 (1), 27–31. https://doi.org/10.30811/ekonis.v22i1.1907

Handika, M. R., Maradona, A. F., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.38043/jmb.v15i2.601

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Karnan, K., Idrus, A. Al, Bachtiar, I., Raksun, A., & Merta, I. W. (2019). Diversifikasi Pendapatan Alternatif Masyarakat Nelayan Melalui Inovasi Teknologi Budidaya Rumput Laut Di Desa Batunamparselatan Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.311

Maesaroh, S., Lubis, R. R., Husna, L. N., Widyaningsih, R., & Susilawati, R. (2022). Efektivitas Implementasi Manajemen Business Intelligence pada Industri 4.0. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.764

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial : Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing : Antecedents and Consequenc-. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 187–196. https://doi.org/10.33299/jpkop.19.3.346

Muhamadong, Firmansyah., & Yasin, H. (2022). Pengelolaan Desa Berbasis Manajemen Modern Dalam Menghadapi Era RevolusiIndustri 4.0. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 1(3), 147–168. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i3.592

Nurhayati, S. (2015). Blue and Economy Policy" and Their Impact to Indonesian Community Welfare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 37–42. https://dx.doi.org/10.31941/jebi.v12i2.183

Pauli, G. A. (2010). The blue economy: 10 years, 100 innovations, 100 million jobs. Paradigm publications. https://books.google.co.id/books?id=aJ3HZD1H7ZsC&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Prasutiyon, H. (2018). Paper review konsep ekonomi biru ( sebuah potret : indonesia bukanlah jakarta ). Ekonomika, 11, 87–92. https://lldikti7.ristekdikti.go.id/uploadjurnal/4_EkonomikaV11No2Des2018.pdf

Putra, A., Abdurrahman, Sugiyanto, & Freddy, D. (2014). AKUTANSI UKM BAGI KELOMPOK USAHA KRIPIK IKAN , KRUPUK. Jurnal Abdimas, 1 (1), 59-65. file:///C:/Users/Hp/Downloads/1191-2410-1-SM.pdf

Setyawati, L. R., Hadistian, Cahya, D. D., Marsetio, Novarianti, A. D., & Said, B. D. (2021). Implementasi Konsep Ekonomi Biru dalam Pembangunan Masyarakat Pesisir di Kota Sabang. Jurnal Education and Development, 9(4), 178–185. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3115/2106

Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-0041

Williams, D. L., Crittenden, V. L., Keo, T., & Mccarty, P. (2012). The use of social media: An exploratory study of usage among digital natives. Journal of Public Affairs, 12(2), 127–136. https://doi.org/10.1002/pa.1414

Zamroni, A., Nurlaili, N., & Witomo, C. M. (2019). Peluang Penerapan Konsep Blue Economy Pada Usaha Perikanan Di Kabupaten Lombok Timur. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 4(2), 39. https://doi.org/10.15578/marina.v3i2.7388




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id