Pelatihan Identifikasi Potensi wilayah, Penemuan Ide, dan Analisis SWOT pada Koperasi Harapan Wanita Sejahtera

Abraham Leslie Petir Lelengboto, Sharon Kumaratih Dewi Wardoyo, Rinny Rantung, Indrajit Indrajit, Lanemey Brigitha Pandeirot, Ika Prayanthi

Abstract


Koperasi memiliki peran yang besar bagi peningkatan ekonomi bangsa. Tidak hanya sebagai identitas, namun harapannya adalah memberikan pemerataan ekonomi dan rasa keadilan bagi rakyat Indonesia, khususnya para pelaku koperasi. Tantangan utama yang dihadapi oleh koperasi adalah upaya penguatan kelembagaan dan kemampuan menerapkan manajemen yang efektif dan efisien. Tahapan awal yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat kemampuan anggota koperasi melalui pemaparan teori dan konsep kewirausahaan. Berdasarkan dengan kebutuhan koperasi Harapan Wanita Sejahtera Danowudu, tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Klabat melaksanakan pelatihan yang berfokus kepada Identifikasi potensi wilayah, penemuan ide, dan analisis Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman usaha. Materi pelatihan disusun berdasarkan teori dan konsep proses berpikir kreatif. Pendekatan pelatihan yang digunakan oleh tim adalah metode pembelajaran interaktif. Partisipan diajak untuk terlibat aktif pada saat mengikuti pelatihan. Para partisipan didorong untuk mampu memetakan ide melalui gambar dan curah pendapat yang dilakukan dalam kelompok. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terkait dengan materi-materi yang telah dibagikan. Partisipan merasa puas terhadap metode pelatihan yang digunakan, mereka berpendapat bahwa metode pembelajaran interaktif mempermudah mereka untuk belajar melalui interaksi dan aktivitas yang serius namun menyenangkan.


Keywords


Koperasi; Identifikasi Potensi Wilayah; Penemuan Ide

Full Text:

PDF

References


Al-amin, M. I. (2022, January 24). Koperasi Adalah Usaha Ekonomi Gotong Royong, Ini Penjelasannya.Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/berita/nasional/61ee158c48aa1/koperasi-adalah-usaha-ekonomi-gotong-royong-ini-penjelasannya

Cardoso, C., & Badke-Schaub, P. (2009). GIVE DESIGN A BREAK? THE ROLE OF INCUBATION PERIODS DURING IDEA GENERATION.

Djatola, H. R., Hilal, N., Nurlailah, N., Saparman, S., & Ahmadali, F. (2023). Upaya Peningkatan Potensi Desa Limboro Menjadi Produk Unggul di Sulawesi Tengah. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 130–137. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2485

Frederick, H., O’Connor, A., & Kuratko, D. F. (2016). Entrepreneurship: Theory, Process, and Practice: Vol. 4th Edition.

Ica Melati Ayu Zildana. (2023). Modernisasi Manajemen Koperasi Pondok Pesantren Syarifuddin Wonorejo Lumajang dalam Menjawab Tantangan di Era Industri 4.0. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(1), 22–48. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i1.2278

Jackson, S. (1973). The Creative Cycle. Elementary English, 50(4), 557–562. http://www.jstor.org/stable/41388013

KEMENKOPUKM. (2019). Visi dan Misi. KEMENKOPUKM. https://www.kemenkopukm.go.id/visi-dan-misi/?IbSyMru5KNsl2VztenS8NN58VgCurb97IYfcnZ0T1ExHxwaVks

KEMENKUNHAM. (2023, June 6). Koperasi. Babel.Kemenkunham. https://babel.kemenkumham.go.id/layanan/ahu/koperasi

Matdoan, A. (2017). TANTANGAN KOPERASI DALAM PERKEMBANGANNYA DI ERA GLOBAL. Jurnal Cita Ekonomika, 11 (1), 55–61. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v11i1.2094

Munte, R. N., Indrajit, Lelengboto, A. L. P., Ayla, S., Pandeirot, L. B., Mistriani, N., Dewi, I. K., Mandagi, D. W., Faried, A. I., & Sudarmanto, E. (2024). FullBook Bisnis dan Ekonomi Kreatif (M. J. F. Sirait, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Yayasan Kita Menulis.

Nur Avianto, B., Noverita, N., Saribanon, N., Wahyu Pangesti, B., Kifayah, H., Nuraeni, E., & Intan Kamila, A. (2023). Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Koperasi dalam upaya Pemberdayaan Anggota BMT Kota Depok. 2(2). https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2.i2.85

Proctor, T. (2021). Creative Thinking Process. In Absolute Essentials of Creative Thinking and Problem Solving (1st ed., Vol. 1, p. 9). Routledge.

Saulais, P., & Ermine, J. (2012). Creativity and knowledge management. VINE, 42(3/4), 416–438. https://doi.org/10.1108/03055721211267521

Tsenn, J., Atilola, O., McAdams, D. A., & Linsey, J. S. (2014). The effects of time and incubation on design concept generation. Design Studies, 35(5), 500–526. https://doi.org/10.1016/j.destud.2014.02.003




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.3905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id