Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Menunjang Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Kalinyamatan
Abstract
Dalam kurikulum merdeka terdapat beberapa karakteristik, diantaranya pengembangan soft skill dan karakter, fokus pada materi esensial, serta aspek pembelajaran yang fleksibel. Pembelajaran dalam kurikulum merdeka memunculkan permasalahan-permasalahan terhadap kesiapan belajar hingga asesmen pembelajaran, terutama di SMK. Pembelajaran dan asesmen pembelajaran menuntut guru untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dan asesmen secara tepat guna. Kendala yang terjadi di sekolah yaitu minimnya keterampilan guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan asesmen. Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi bagi guru di SMKN 1 Kalinyamatan dimana guru dapat menjalankan asesmen pembelajaran dan pemilihan media asesmen pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa serta menciptakan iklim yang kondusif dalam evaluasi pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan direncanakan dengan menggunakan pendekatan informatif dan pendampingan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang asesmen kurikulum merdeka di SMKN 1 Kalinyamatan. Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwa pelatihan pemaanfaatan teknologi informasi untuk menunjang asesmen pembelajaran kurikulum Merdeka di SMKN 1 Kalinyamatan mampu menambah wawasan dan meningkatkan hard skill tenaga pendidik dalam mengolah asesmen pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. dan Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Aufa, Z., Yulistranti, A. E., ... & Endari, S. B. (2022). Diseminasi Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk pada Sekolah Dasar Binaan. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 244–252.
Asrida, P. D., & Cahayani, N. L. P. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring Interaktif Dalam Upaya Memaksimalkan Proses Pembelajaran Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 125–132.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.
Kamsin, A. (2005). Is E-Learning The Solution and Substitute for Conventional Learning? International Journal of The Computer, The Internet and Management, 13(3), 79–89.
Meiza, A., Hanifah, F. S., Natanael, Y., & Nurdin, F. (2020). Analisis Regresi Ordinal Untuk Melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring Terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.
Merdeka.com. (2021). 60 Persen Guru di Indonesia Terbatas Kuasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48.
Oktaviani, I., Rini, I. A., Ulfah, M. M., & Andriana, A. D. (2021). Pengenalan Media Pembelajaran Daring Berbasis Stem Untuk Guru Ipa di SMAN 9 Bandar Lampung. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 77–88.
Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173–177.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, Edisi Khus, 1–3.
Suardipa, I. P. (2023). Lini Masa Kebijakan Kurikulum Merdeka Dalam Tatanan Kotruksi Mutu Profil Pelajar Pancasila. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.3996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id