PKM Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan Bagi Lembaga Profesi
Abstract
Keluarga dalam hal pemenuhan hak anak dalam pengasuhan mempunyai tempat, fungsi dan peranan, yang strategis, terutama ibu. Ibu memiliki peran yang sangat penting dan tidak dapat digantikan oleh orang lain sebagai pengasuh anak-anaknya. Tujuan dilakukan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat yang kemudian akan diteruskan kegiatan ini oleh peserta di masyarakat melalui Asosiasi Dosen Indonesaia (ADI) , lembaga profesi dan masukan buat pemerintah KPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) akan pentingnya pemenuhan pengasuhan berbasis hak anak dan lingkungan. Metode yang diterapkan adalah metode ceramah, tanya jawab , dan diskusi serta implementasi gerak aksi lembaga profesi . Adapun Indikasi keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa kegiatan berjalan lancar dan antusiasme bagi para peserta untuk belajar serta membuka diri dan memperoleh pengetahuan sangat baik. Selain itu, dukungan dan motivasi yang besar dari pemerintah (KPPPA) yang sangat mensupport kegiatan ini yang dapat di sosialisasikan ke berbagai kalangan profesi dan membuat kegiatan sosialisasi ini menjadi hal yang positif, baik, dan peserta mendapakan informasi yang terbaru mengenai konvensi (kebijakan) hak anak yang telah diatur pemerintah dan negara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham H. Maslow. (2013). Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta : PT. PBP. https://opac.polinema.ac.id/item/1309
Belajar Di Rumah Selama Wfh (Work From Home) Agar Berperilaku Positif”. https://media.neliti.com/media/publications/121261-ID-
Departemen Sosial Republik Indonesia (2007). Pedoman Prangkat Belajar Persepsi Gerak Tiga Demensi untuk Petugas TPA dan Kelompok Bermain , Jakarta: Direktorat Pelayanan Sosial Anak, Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Departemen Sosial RI.
Direktorat Pendidikan Keluarga. (2017). Buku Saku Komunikasi Efektif, Jakarta: Kemendikbud. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/buku/Komunikasi%20Efektif%20dengan%20Anak%20Usia%20Dini%20ISBN.pdf
Direktorat Pendidikan Keluarga. (2017). Buku Saku Pengasuhan Positif, Jakarta: Kemendikbud. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/12_buku_BDR/Pengasuhan_Positif.pdf
Hasbi dan Ganesha. (2020). Pengasuhan Positif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://repositori.kemdikbud.go.id/18019/1/Pengasuhan%20Positif%20%283%29.pdf
Jamaluddin. D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. CV Pustaka Setia. Bandung. https://opac.uinfasbengkulu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=27770&keywords=
Majalah Societa, edisi khusus, Bersama Lindungi Anak Kita, Jakarta : Biro Humas Departemen Sosial RI, 2009.
Megawangi, R. (2003). Pendidikan karakter untuk membangun masyarakat madani. Jakarta: IPPK Indonesia Heritage. https://onesearch.id/Author/Home?author=Ratna+Megawangi
Mori, S., Nakamoto, H., Mizuochi, H., Ikudome, S., & Gabbard, C. (2013). Influence of affordances in the home environment on motor development of young children in Japan. ChildDevelopment Research, 2013, 1–5. https://doi.org/10.1155/2013/898406
Modul “Komunikasi dalam Pengasuhan”, Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan
Dikmas, 2018
Mudjijono, Hermawan, Hisbaron, Noor Sulistyo, dan Sudarmo Ali. (1996) . Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/29721/
Mustafa. (2003) , Keluarga Islam Menyongsong Abad 21, Bandung: Penerbit Al- Bayan. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=98576
Muslich. M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara. Jakarta. https://library.bpk.go.id/koleksi/detil/jkpkbpkpp-p-11932
Permatasari, C. L., & Hastuti, D. (2013). Nilai budaya, pengasuhan penerimaan-penolakan, dan perkembangan sosial anak usia 3-5 tahun pada keluarga kampung Adat Urug, Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 6(2), 91–99. https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.2.91
Pola-asuh-orang-tua-dan implikasinya-ter.pdf https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ clara/disiplin-positif-mendisiplinkan-anak-tanpa- ancaman/full
Rahmaita. (2015). Pengaruh tugas perkembangan keluarga dan stres ibu yang baru memiliki anak pertama terhadap kepuasan pernikahan. Thesis. Institut Pertanian Bogor. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/78854?show=full
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Gadget usage, mother-child interaction, and social- emotional development among preschool children. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal bimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1037
Rosyadi. R (2013). Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Paktik PAUD Islami) . Rajawali. Jakarta. https://lib.unpak.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2386
Salvicion, dan Celis. (1998) . Hubungan Perkawinan dan Keluarga. https://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/ERA1D08042_280. pdf
Setiawan. Bukik, (2018). Keterampilan Bertanya. Jakarta: Direktorat Pendidikan Keluarga
Shihab. Najelaa, (2016). Merdeka Belajar: Mencintai dengan Lebih Baik , https://keluargakita.com
Tyas FPS, Herawati T, Sunarti E. (2017) . Tugas perkembangan keluarga dan kepuasan pernikahan pada pasangan menikah usia muda. J Ilmu Kel Konsum. 10(2):83–9. https://www.researchgate.net/publication/319131479_Tugas_Perkembangan_Keluarga_dan_Kepuasan_Penikahan_pada_Pasangan_Menikah_Usia_Muda
Ulfah Fajarini Prof. Dr. MSi (2020), Bahan seminar “Peran Orang Tua Saat Dampingi Anak
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.
Zahro . (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Di Sdn Pucanggading Batang. Thesis. Poltekes Semarang. https://repository.poltekkes
Zurayk, Ma’ruf. 1997. Aku dan Anakku. Bandung: Al-Bayan (Kelompok Penerbit Mizan)
Wong, D.L. dkk.. 2001, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. edisi 6. EGC. Jakarta. https://www.scribd.com/document/378937997/Buku-Ajar-Keperawatan-Pediatrik-Wong
World Bank. (2015). Monitoring Global Development Progress Part I.
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.4152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id