Seminar Multimedia Interaktif Tim Dosen Multimedia dan Mahasiswa untuk Guru Matematika
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan kegiatan PkM berjudul Seminar Multimedia Interaktif untuk Guru Matematika. PkM ini menggunakan model pelatihan Goad, yaitu 1) analisis kebutuhan pelatihan, 2) desain pendekatan pelatihan, 3) pengembangan materi pelatihan, 4) pelaksanaan pelatihan, dan 5) evaluasi dan pemutakhiran pelatihan. Bentuk kegiatan PkM ini, yaitu seminar untuk guru matematika SMP di Kota Bandung dan implementasi pada siswa kelas VIII. Tempat pelaksanaan PkM adalah SMP LabSchool UPI dan Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Pendidikan Indonesia. Instrumen yang digunakan pada seminar dalam rangka PkM ini adalah angket guru. PkM telah dilakukan melalui implementasi media pembelajaran Scratch pada siswa kelas 8 SMP dan seminar dengan 6 buah pengembangan materi, yakni Scratch, Google Form, model-model pembelajaran, Kahoot, Quizizz, dan Liveworksheets yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta. Hasil dari PkM ini, yaitu kegiatan berjalan baik dan bermanfaat bagi guru matematika serta diharapkan dapat diadakan secara rutin. Dengan demikian, perlunya program lanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, A. S., Prawiyogi, A. G., DS, Y. N., & Anwar, A. S. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Dan Web-Blog. Jurnal Buana Pengabdian. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v5i1.4005
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Bhakti, Y. B. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Dengan Powtoon. Jurnal Solma. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.6268
Aulia, R., Supriadi, O. A., & Syafikarani, A. (2021). Pelatihan Konferensi Interaktif Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Guru SMP Bina Taruna, Bandung. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8487
Goad, T. W. (1982). Delivering Effective Training. University Associate.
Halimah, H., Salsabila, V. A., & Kurniawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Milenial. Indonesian Journal of Community Services. https://doi.org/10.30659/ijocs.3.2.161-173
Kusmaryono, I., & Ubaidah, N. (2022). Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Teka-Teki Silang Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika Di Sekolah Da. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10682
Kusumastuti, R. D., Kuswanti, A., Maryam, S., & Kusuma, A. S. (2023). Pelatihan Literasi Digital Untuk Masyarakat Desa di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 102–107.
Lestari, A., & Sudihartinih, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berjudul Game Learn with Adventure menggunakan Scratch. Buana Matematika, 12(2), 127–144.
Libryanti, F., & Sudihartinih, E. (2023). Desain Game Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Penyajian Fungsi Memanfaatkan Software Scratch. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 112–127.
Mariati, M., Pratiwi, A., Kuswidyanarko, A., Imansyah, F., Taufik, M., Agustina, E., & Rusdiono, B. (2023). Pembuatan Multimedia Pembelajaran Bagi Guru SD Negeri 14 Banyuasin. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.54563
Marwati, R. (2024). Google Form. Bandung: UPI. (PPT pada Seminar Multimedia Interaktif untuk Guru Matematika dalam Rangka PkM Tim Dosen Multimedia dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Matematika Tanggal 29-30 Juni 2024).
Purniati, T. (2024). Kahoot. PPT pada Seminar Multimedia Interaktif untuk Guru Matematika dalam Rangka PkM Tim Dosen Multimedia dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Matematika Tanggal 29-30 Juni 2024).
Somekh, B. (2007). Pedagogy and Learning with ICT. Pedagogy and Learning with ICT. https://doi.org/10.4324/9780203947005
Stiadi, E., & Susanto, E. (2023). 1. Analisis kebutuhan pelatihan 2. Desain pendekatan pelatihan 3. Pengembangan materi pelatihan 4. Pelaksanaan pelatihan 5. Evaluasi dan pemutakhiran pelatihan. https://doi.org/10.33369/abdimas.v1i1.30821
Sudihartinih, E. (2024a). Liveworksheets. Bandung: UPI. (PPT pada Seminar Multimedia Interaktif untuk Guru Matematika dalam Rangka PkM Tim Dosen Multimedia dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Matematika Tanggal 29-30 Juni 2024).
Sudihartinih, E. (2024b). Multimedia Interaktif dan Scratch. PPT pada Seminar Multimedia Interaktif untuk Guru Matematika dalam Rangka PkM Tim Dosen Multimedia dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Matematika Tanggal 29-30 Juni 2024.
Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1390–1398.
Sudihartinih, E., Novita, G., Zidan, R. M., & Rachmatin, D. (2023). Multimedia design based on online game on the topic of multiplication of integers using the scratch application. AIP Conference Proceedings, 2734(1). https://doi.org/10.1063/5.0155446
Sudihartinih, E., & Rachmatin, D. (2024). The Online Game Design Uses Scratch, Geogebra, and Geogebra AR Through Mathematics Education Multimedia Lectures. KnE Social Sciences, 2024, 594–600. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15618
Ulfah, S., & Miatun, A. (2022). Pelatihan Aplikasi Game Based Learning: Kahoot! Di Sekolah Muhammadiyah. Bemas Jurnal Bermasyarakat. https://doi.org/10.37373/bemas.v3i1.203
Usdiyana, D. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PjBL. PPT pada Seminar Multimedia Interaktif untuk Guru Matematika dalam Rangka PkM Tim Dosen Multimedia dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Matematika Tanggal 29-30 Juni 2024.
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.4231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id