Pemanfaatan Media Sosial yang Beretika dan Berakhlak: Membangun Citra Positif Bagi Relawan Kampanye Pilkada 2024
Abstract
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Indonesia tidak terkecuali dari tren ini, di mana partai politik dan para calon memanfaatkan platform sosial media dalam menyampaikan program, visi, dan misi kepada masyarakat. Komunitas Tenaga Ahli dan Sekretaris (KITAS), sebagai salah satu relawan PDI Perjuangan berperan penting dalam menyampaikan pesan partai dan calon yang diusung kepada masyarakat. Namun, dengan meningkatnya penggunaan media sosial, muncul tantangan baru terkait etika dan akhlak dalam penggunaannya. Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial yang beretika dan berakhlak menjadi krusial untuk membangun citra positif kandidat dalam Pilkada 2024. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan edukasi dan pelatihan bagi relawan PDI Perjuangan tentang cara memanfaatkan media sosial. Kegiatan ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas kampanye dengan cara yang etis dan bertanggung jawab. Hal ini dapat disimpulkan dari kegiatan yang berlangsung secara hybrid pada tanggal 27 Juli 2024 yang bertempat di komplek RJA Kalibata, yang merupakan tempat komunitas KITAS. Materi pelatihan yang relevan, instruktur berpengalaman, dan penggunaan alat modern memberikan dasar yang kuat bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan para relawan. Hal ini dapat dilihat pada hasil pengukuran yang dilakukan oleh tim PKM pada saat sebelum dan setelah kegiatan berlangsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baehaki, K. (2021). Gagalnya Pencegahan Money Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah. Philosophia Law Review, 1(1), 39–56.
Bankov, P. (2023). Targets and Resources, Determinants of Party-Based Online Campaign Strategies in the Case of the 2021 Parliamentary Elections in Bulgaria. Communist and Post-Communist Studies, 56(4), 31–50. https://doi.org/10.1525/cpcs.2023.1991328
Battista, D. (2024). Fashionable Politics: How Italian Leaders Transform Into Successful Brands in Contemporary Communication. Journal of Liberty and International Affairs, Institute for Research and European Studies - Bitola, 10(1), 121–135. https://doi.org/10.47305/jlia24101121b
Damayanti, I. R., Subiakto, V. U., & Sendrian, R. (2024). Meningkatkan Pendidikan Literasi Digital Media Sosial Pada Gen Alpha. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 175–182. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.3893
Hamid, R. S., Abror, A., Anwar, S. M., & Hartati, A. (2022). The role of social media in the political involvement of millennials. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 26(1), 61–79. https://doi.org/10.1108/SJME-08-2021-0151
Hasanudin, R., Samad, M. Y., & Maya, H. B. (2023). Pemilihan Kepala Daerah ( Collaborative Approaches Related To Preventing Identity Politics in Regional Head Elections ). Jurnal Lemhannas RI, 11(2), 1–12.
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Arif, R. (2023). Peran Literasi DIgital Terhadap Wirausaha Muda: Studi Kasus Pada Mahasiswa di Jakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol., 10(1), 100–113.
Prasetya, A. (2018). Preferensi Politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Madiun. Pamator Journal, 11(2), 12–19. https://doi.org/10.21107/pamator.v11i2.4757
Septianningsih, S., & Jiharani, F. (2023). Efektivitas Penerapan Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia Ditinjau dari Norma dan Etika E-Voting. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 4(2), 113. https://doi.org/10.24853/independen.4.2.113-126
Simon, J. (2024). It ’ s the Criminality , Stupid : Why Voters See Crooks in All Corners of Politics ; History is littered with presidential candidates calling their opponents corrupt. 1–4.
Wang, M. H., Chang, W. Y., Kuo, K. H., & Tsai, K. Y. (2023). Analyzing image-based political propaganda in referendum campaigns: from elements to strategies. EPJ Data Science, 12(1). https://doi.org/10.1140/epjds/s13688-023-00407-4
Wardhani, L. T. A. L., Ibrahim, F., & Christia, A. M. (2020). Koherensi Sistem Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia Terhadap Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 2(3), 305–318. https://doi.org/10.14710/jphi.v2i3.305-318
Wulandari, W., Yesi, P. D., & Oktaviani, R. F. (2023). Optimasi Promosi Digital Budidaya Bibit Lele Menggunakan Website Pada Abay Farms. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 679–686.
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i1.4373
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id