Transaksi Aman, Bebas Khawatir: Meningkatkan Kesadaran Keamanan Kartu Kredit melalui Poster Digital
Abstract
Di era digitalisasi keuangan, kartu kredit menjadi salah satu metode pembayaran yang paling populer di Kota Denpasar. Namun, meningkatnya penggunaan kartu kredit juga menimbulkan risiko keamanan data pribadi dan potensi penipuan yang lebih tinggi. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan kartu kredit dengan menyebarkan poster digital melalui media sosial. Program ini menggunakan pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Act) yang mencakup tahap perencanaan konten, penyebaran, monitoring keterlibatan, dan perbaikan berdasarkan umpan balik masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa Instagram sangat efektif dalam menyampaikan pesan edukasi, dengan metrik interaksi yang tinggi seperti jumlah suka, berbagi, dan komentar. Respon masyarakat menunjukkan minat dan keterlibatan yang meningkat, ditandai dengan banyaknya pertanyaan tentang langkah-langkah perlindungan dan diskusi tentang keamanan kartu kredit. Poster digital berhasil menarik perhatian, memberikan panduan yang jelas tentang cara menjaga keamanan informasi kartu kredit, serta mendorong diskusi seputar keselamatan digital. Program ini mendukung inisiatif pemerintah dan lembaga keuangan dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Kota Denpasar terkait transaksi digital yang aman. Tindak lanjut program ini akan mencakup penyempurnaan materi edukasi dan perluasan jangkauan platform untuk mencapai audiens yang lebih luas serta memperkuat perlindungan data pribadi masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aksana Sijabat, K. L. (2022). Perlindungan terhadap Nasabah Kasus : Pembobolan Kartu Kredit dengan Sistem Elektronik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7961–7971. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3654
Aryani, A. P., & Susanti, L. E. (2022). Pentingnya Perlindungan Data Pribadi Konsumen dalam Transaksi Online pada Marketplace terhadap Kepuasan Konsumen. Ahmad Dahlan Legal Perspective, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.12928/adlp.v2i1.5610
Fahri, M. N. (2024). Strategi Media Sosial untuk Memperkuat Pemahaman dan Partisipasi Publik terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Urnal Ilmiah Manajemen JEkonomi Dan Akuntansi, 1(3), 139–148.
Faizal, M. A., Faizatul, Z., Asiyah, B. N., & Subagyo, R. (2023). Analisis Risiko Teknologi Informasi Pada Bank Syariah : Identifikasi Ancaman Dan Tantangan Terkini. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 87–100. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v5i2.2022
Hapsari, R. D., & Pambayun, K. G. (2023). ANCAMAN CYBERCRIME DI INDONESIA: Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Konstituen, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33701/jk.v5i1.3208
Hendarsyah, D. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 85–96. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.204
Ite, E. U. U. (2024). Pelaku Penyebaran Data Pribadi Yang Tersimpan Pada Barcode Ditinjau Dari Undang-Undang Informasi Transaksi. 43–52. https://doi.org/10.47709/ijbl.v3i1.4281
Kamil, I., Anggraini, D., & Prihanto, H. (2023). Edukasi Finansial Melalui K-Drama (Korean Drama) Populer. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 193–199. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2759
Kehista, A. P., Fauzi, A., Tamara, A., Putri, I., Fauziah, N. A., Klarissa, S., & Damayanti, V. B. (2023). Analisis Keamanan Data Pribadi pada Pengguna E-Commerce: Ancaman, Risiko, Strategi Kemanan (Literature Review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 625–632.
Nur Rohmah, R. (2022). Upaya Membangun Kesadaran Keamanan Siber pada Konsumen E-commerce di Indonesia. Cendekia Niaga, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.52391/jcn.v6i1.629
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
Pertiwi, N. A. S., Fitri Umardiyah, Mansyur, M. N., Munir, M., Sapi’i, I., Sholichah, A., & Fudlah, T. N. (2024). Sosialisasi Kesadaran Keamanan Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 49–55.
Puspitasari, A. N. F., Rotinsulu, T. O., & Niode, A. O. (2021). Analisis Pengaruh Transaksi Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar M1 di Indonesia Tahun 2009-2019. Jurnal Emba: Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, 9(2), 523–532.
Restika, R., & Sonita, E. (2023). Tantangan Keamanan Siber Dalam Manajemen Likuiditas Bank Syariah : Menjaga Stabilitas Keuangan Di Era Digital. Krigan: Journal of Management and Sharia Business, 1(2), 25. https://doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7929
Robiul Rochmawati, D., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Saputra Beni, Kurnia Eni, Rahmah Maulidatur, & Sumarni Titin. (2024). Penerapan Privasi Dan Etika Di Era Digital Dalam Perlindungan Data Pribadi. Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(9).
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i1.4392
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id