Eksplorasi Program Corporate Social Responsibility Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Komunitas Miss Cimory

Nyoman Sri Manik Parasari, Putu Sasmita Dewi, A.A. Istri Agung Maheswari, Ni Putu Yunita Anggreswari, Ketut Elly Sutrisni

Abstract


PT Cimory merupakan produsen terkemuka produk susu dan makanan di Indonesia yang menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat, khususnya melalui kerja sama dengan peternak sapi lokal dan inisiatif Miss Cimory. Program Miss Cimory bertujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi wanita- wanita atau ibu rumah tangga melalui pelatihan keterampilan, pembinaan kemandirian, dan dukungan untuk dapat lebih mandiri, dapat berwirausaha guna untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Dengan lebih dari 4.000 peserta dan 68 Cimory Center di berbagai wilayah, program ini berkontribusi pada peningkatan keterampilan dan pendapatan keluarga, serta membantu perusahaan Cimory memperluas distribusi produk. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk memastikan kelangsungan program, mengatasi resistensi masyarakat, dan menjaga kualitas serta dampak positifnya. Untuk mengatasi tantangan ini, PT Cimory perlu dukungan jangka panjang dalam hal sumber daya manusia dan finansial, serta kolaborasi dengan pemerintah daerah, LSM, dan komunitas setempat. Melalui pendekatan yang tepat, program CSR ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi perusahaan dan masyarakat.


Keywords


PT Cimory; Pemberdayaan; Pelatihan; Tanggung jawab social (CSR)

Full Text:

PDF

References


Afriani, Antong, & Usman, H. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Mata Masyarakat Pada PT Pratomo Putra Teknik Palopo. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 7(1), 16–26.

Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1). https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.839

Cimory, P. (2022). Profil Perusahaan Cimory.Surabaya.

Editor, E. (2019). Daftar Isi. Ijtihad, 33(1). https://doi.org/10.15548/ijt.v33i1.28

Hernawan, A., Novianto, A., & Wulansari, A. D. (2024). Kemitraan Semu dalam Ekonomi Gig di Indonesia: Analisis Terhadap Kondisi Pekerja Berstatus Mitra. December 2023. https://www.researchgate.net/publication/376261824

Kholis, A. (2020). Corporate Social Responsibility Konsep dan Implementasi. In Economic & Business Publishing. https://www.kemenkeu.go.id/media/6749/buku-pintar-dana-desa.pdf

Meiliyah Ariani, Zulhawati, Dede Farhan Aulawi. (2023). Pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia Dan Tata Kelola Di Bidang Pariwisata Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdi MOESTOPO.Vol 6, No 2 (2023), pp.224-236. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/abdimoestopo/article/view/3093/1353

Nisa Luthfiah Azzahra, D. S. M. R. F. (2023). Analisis Strategi Bisnis pada Peningkatan Kepuasan KonsumenPerusahaan Susu Cimory. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA), 1(2), 174184. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jumia/article/view/1235%0Ahttps://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jumia/article/download/1235/1010

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1).

Soleman, M. R., Rate, P. Van, & Maramis, J. B. (2022). Pengaruh Umur Perusahaan, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Textil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2018. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 196. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39614

Taufiq, A. R., & Iqbal, A. (2021). Analisis Peran Corporate Social Responsibility terhadap Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan pada Industri Ritel. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 6(1), 22. https://doi.org/10.23887/jia.v6i1.29046

Wahyuni, N. S. (2023). Studi Kasus Aspek Merk , Kualitas dan Fitur Produk Minuman Olahan Susu Sapi Cimory. E-Paper Pengantar Ilmu Pertanian, January, 32–42.

Widjaja, HAW. 2003. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Asli Bulat dan Utuh. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i1.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

      

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id