Pendampingan Pendaftaran Hak Merek Sebagai Upaya Peningakatan Keunggulan Kompetitif UMNKM Womenpreneur Kabupaten Bogor
Abstract
Pelaku UMKM Womenprenuer merupakan pelaku usaha UMKM yang seluruhnya adalah ibu rumah tangga menyebabkan kurangnya kesadaran dan pengetahuan akan merek dan pencatatan keuangan. Survei awal menunjukkan UMKM Womenpreneur mengalami kesulitan dalam meningkatkan daya saing produk yang diproduksi akibat belum adanya pengelolaan logo dan merek yang baik. Hak merek adalah sebagai salah satu upaya dalam pemberian identitas kepada pelaku usaha. Tujuan pendampingan ini untuk memberikan identitas dan perlindungan hukum untuk usaha. Metode pendampingan dilakukukan dalam empat tahap yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. pendampingan hak merek mitra, dapat membantu mereka memahami, mengendalikan, dan memanfaatkan hak merek dengan lebih baik, yang akan membantu mereka meningkatkan daya saing dan menciptakan keberlanjutan dalam jangka panjang. Hasil kegiatan tujuh pelaku UMKM didaftarkan hak merek dagang. UMKM dengan hak merek dapat membedakan barang dan jasa mereka dari pesaing dengan membangun strategi merek yang unik dan menarik perhatian konsumen dalam persaingan yang ketat. UMKM dapat memahami pentingnya hak merek sebagai aset hukum untuk melindungi identitas bisnis UMKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriani, N., & Said, R. W. (2022). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(1), 28. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1069
Balqis, W. G. (2021). Perlindungan Merek sebagai Hak Kekayaan Intelektual: Studi di Kota Semarang, Indonesia. Journal of Judicial Review, 23(1), 41. https://doi.org/10.37253/jjr.v23i1.4360
Inka Afri Yamisah, & Amalia Nur Chasanah. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 34–45. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v17i2.1987
Irawan, E. P., Saifulloh, M., & Lumban Toruan, R. R. M. (2024). Pelatihan Branding Produk bagi Siswa SMK Calon Pelaku UMKM di Kota Tangerang. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 83–94. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3674
Manggu, B., & Beni, S. (2023). Pendampingan Mitra Konsultan Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Bagi Para Pelaku UMKM di Kota Bengkayang. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 124–129. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2374
MY, A. S., & PARANITA, E. S. (2021). Business Financial Management Education During the Covid-19 Pandemic for Pasar Raya Street Vendors in Salatiga. Iccd, 3(1), 561–565. https://doi.org/10.33068/iccd.vol3.iss1.423
Siti Aminah, N. H., Salmawinata, I., Safira, M., Nurrizqa, R. R., Linuhung, T. S., & Mediawati, E. (2023). Pendampingan Pelaporan Keuangan Melalui Platform Digital. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 9(1), 35–43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v9i1.14827
Sunarto, A., Adnan, M. A., Karo, C. K., & Khair, A. (2023). Implementasi Hukum Terhadap Merek Sebagai Konsep Hak Kekayaan Intelektual. Jurnal Preferensi Hukum, 4(3), 389–395. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/juprehum
Sushanty, V. R., & Ubaidillah, D. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pendaftaran Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.52250/p3m.v8i1.612
Utari, T., & Dewi, M. P. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Umkm Di Kkawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-JURNAL EP Unud, 3(12), 576–585.
Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i2.4599
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id