Peningkatan Daya Saing UMKM di Pasar Internasional Berbasis Media, Informasi, dan Teknologi di Indonesia

Yunitasari Yunitasari, Mediana Mediana

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di pasar internasional melalui optimalisasi sektor UMKM berbasis media, informasi, dan teknologi (MIT) sebagai pilar utama perekonomian Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif, Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode partisipatif yang melibatkan pelaku UMKM, pakar teknologi, dan praktisi ekspor. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan observasi lapangan pada UMKM yang berpotensi melakukan ekspansi ke pasar internasional. Hasil Pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa pemanfaatan MIT oleh UMKM masih belum optimal, terutama dalam hal pemasaran digital, e-commerce, dan pengelolaan data yang dapat mendukung akses ke pasar internasional. Namun, setelah dilakukan program pelatihan dan pemberdayaan yang berfokus pada peningkatan keterampilan teknologi serta strategi digital, UMKM mampu memperluas jangkauan pasar mereka secara signifikan dan meningkatkan daya saing produk mereka di tingkat global. Infrastruktur teknologi yang mendukung dan kolaborasi dengan pemerintah serta swasta juga terbukti memegang peran penting dalam kesuksesan tersebut. Simpulan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa peningkatan daya saing UMKM di pasar internasional dapat dicapai melalui optimalisasi teknologi MIT, yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan.


Keywords


UMKM; Daya Saing; Pasar Internasional

Full Text:

PDF

References


Atalaya, O. C., Bravo, N. A., Trejo, F. A., Godoy, M. H., De los Santos, M. A., De los Santos, J. A., & Bravo, M. F. (2022). Technological tools for virtual teaching and their effect on the satisfaction of online learning. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 25(3), 1634–1643. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v25.i3.pp1634-1643

Athey, S., Grabarz, K., Luca, M., Wernerfelt, N., Athey, S., Athey, S., Grabarz, K., Luca, M., & Wernerfelt, N. (n.d.). Supporting Information for and Outcomes Related to COVID-19 Vaccines.

Dey, A. (2020). Human Capital and Harnessing Value in the Digital Realm. NHRD Network Journal, 13(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2631454120953940

Ermatita, E., Adrezo, M., Matondang, N., & Irmanda, H. N. (2024). Pelatihan Sistem Informasi Untuk Pendataan UMKM di Indramayu. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3467

Gao, J., Siddik, A. B., Abbas, S. K., & Hamayun, M. (2023). Impact of E-Commerce and Digital Marketing Adoption on the Financial and Sustainability Performance of MSMEs during the COVID-19 Pandemic : An Empirical Study.

Hardiyanto, D., Sholeh, M., & Rachmawati, R. Y. (2020). Optimization of information technology utilization based on geography information system as a marketing media for micro, small, and medium enterprises to improve competitiveness in Bantul Regency, Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 807(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/807/1/012010

J., O. O. (2024). Digital Transformation in Small and Medium Enterprises: Challenges and Opportunities. Research Output Journal of Education, 3(3), 257–276. https://doi.org/10.1108/DTS-06-2023-0048

Juniarti, R. P., & Omar, A. (2021). Technology Adoption in Small and Medium Enterprises (SMEs) Current Issues and Future Research Avenues. Proceedings of the BISTIC Business Innovation Sustainability and Technology International Conference (BISTIC 2021), 193(Bistic), 91–101.

Kemenkop UKM. (2022). Data UMKM Indonesia Tahun 2022. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2020). Principles of Marketing, 18th Edition (18th ed.).

Lotan, M., & Icht, M. (2023). Diagnosing Pain in Individuals with Intellectual and Developmental Disabilities : Current State and Novel Technological Solutions.

Peláez, R. M., Ochoa-brust, A., Rivera, S., Vanessa, G. F., Ostos, R., Brito, H., F, A., & Mena, L. J. (2023). Role of Digital Transformation for Achieving Sustainability : Mediated Role of Stakeholders , Key Capabilities , and Technology.

Putritamara, J. A., Hartono, B., Toiba, H., Utami, H. N., Rahman, M. S., & Masyithoh, D. (2023). Do Dynamic Capabilities and Digital Transformation Improve Business Resilience during the COVID-19 Pandemic? Insights from Beekeeping MSMEs in Indonesia. Sustainability (Switzerland), 15(3). https://doi.org/10.3390/su15031760

Risdwiyanto, A., Sulaeman, M. M., & Rachman, A. (2023). Sustainable Digital Marketing Strategy for Long-Term Growth of MSMEs. 1(3), 180–186.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations, 5th Edition (5th Editio).

Tresnasari, R., & Zulganef, Z. (2023). Increasing MSME Performance Through Institutional Strengthening, Entrepreneurship, and Digital Marketing. International Journal of Research in Community Services, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.46336/ijrcs.v4i1.383

Wahyuni, S., Mudiar, W., & Masrifa, A. Y. A. (2019). Digital Marketing Training and Assistance for SMEs as an Effort to Improve the Jabet Sop Sales Service. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 195–203. https://doi.org/10.25170/mitra.v3i2.890




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i1.4698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

      

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id