Inovasi UMKM Berbasis Media dan Teknologi untuk Optimalisasi Ekonomi Indonesia yang Berkelanjutan

Franky Franky, Zahera Mega, Rahayu Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendorong inovasi produk dan layanan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka optimalisasi sektor UMKM berbasis media, informasi, dan teknologi (MIT) sebagai pilar utama perekonomian Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode partisipatif yang melibatkan pelaku UMKM, pakar inovasi, dan praktisi teknologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan observasi lapangan untuk mengidentifikasi tantangan serta peluang dalam inovasi produk dan layanan berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM masih terbatas dalam hal pengembangan inovasi produk dan layanan karena minimnya akses terhadap teknologi dan kurangnya pemahaman tentang potensi penggunaan MIT dalam meningkatkan nilai tambah produk. Namun, dengan adanya pendampingan teknologi dan pelatihan inovasi, UMKM mampu menciptakan produk yang lebih kompetitif dan memperluas pasar melalui platform digital. Inovasi ini juga meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing UMKM di pasar global. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa inovasi produk dan layanan berbasis MIT berperan krusial dalam optimalisasi sektor UMKM, yang pada akhirnya akan memperkuat daya saing dan keberlanjutan ekonomi Indonesia.


Keywords


Inovasi Produk; Layanan UMKM; Teknologi

Full Text:

PDF

References


Anderson, J., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22566

Anggraeni, D., Christanti, S. A., Sirait, H., & Heningtyas, O. S. (2023). Strategi Pengembangan Inovasi Dan Teknologi Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Umkm Pasca Pandemi. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6609–6614. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i9.5133

BPS. (2022). Profil industri mikro dan kecil 2022. Badan Pusat Statistik, 13, 258.

Chesbrough, H. W. (2003). Open Innovation The New Imperative for Creating and Profiting from Technology.

Doda, L. B. K. A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 471–488. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.319

Edy Sutrisno. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Umkm dan Pariwisata. Jurnal Lemhannas RI, 9(1), 167–185. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.385

Haholongan, R., Yuliansyah, R., Pratama, B., & Raimon. (2023). PELATIHAN PROFESIONAL BERKELANJUTAN TERHADAP KARYAWAN AUDITOR KAP HELIANTINO DAN REKAN. 01(02), 87–92.

Haryani, H., Wahid, S. M., Fitriani, A., & Ariq, M. faris. (2023). Analisa Peluang Penerapan Teknologi Blockchain dan Gamifikasi pada Pendidikan. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), 163–174. https://doi.org/10.34306/mentari.v1i2.250

Hudoyo, A., Bursan, R., Diana Widyastuti, R., Nurmayasari, I., & Listiana, I. (2023). PERLUASAN AKSES PASAR INDUSTRI KREATIF NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN MELALUI PEMBANGUNAN “NEGERI KATON CREATIVE HUB” Expansion of Access to the Creative Industry Marketi in Pesawaran Regency through Development “Negeri Katon Creative Hub.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, 2(1), 13–18. www.bukalapak.com

Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, R., & Alimin, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2020). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran Umkm Di Kota Jakarta Barat. Indonesian C Ollaboration Journal of Community Services, 3(4), 379–390.

Muljono, W., Setiyawati, S., Sudarsana, S., & Setiawati, P. P. (2021). BARRIERS TO ICT ADOPTION BY SMEs IN INDONESIA: HOW TO BRIDGE THE DIGITAL DISPARITY? Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(1), 69–81. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.01.07

Nadya, A. Q., Hafidz, A. ridho, Latifa, A., & Fikri, S. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i1.25

Nugraha, T. C. (2019). Keberlanjutan Keberkahan pada Komunitas Bisnis Kuliner: CDA. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i1.22

Purba, E., Damanik, D., Panjaitan, P., Tumanggor, B., Tambak, D. G. P., Damanik, P., Damanik, T., Siadari, F., & Wani, A. (2024). Sosialisasi Pengembangan UMKM Di Nagori Silau Malaha Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat SAPANGAMBEI MANOKTOK HITEI, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36985/bdyp4j70

Sansabela, C. N. (2020). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI GAGNEDITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS V SDN PURWAHAMBA 02.

Saputri, S. A., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199

Sari, E. P., Gunawan, Y., & Elvina. (2022). Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kebijakan Insentif Dan Manfaat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6, 3(3), 712–732.

Setiawan, I., Rahmadi, Z. T., Widjanarko, W., Zahra, F., Nuraeni, H., & Chintia, A. (2023). Sosialisasi Perhitungan Pajak Penghasilan Pada Umkm Di Kota Depok. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 208–215. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3081

Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M. C. A. S., Prastuti, M. A., & Apriliya Melani. (2023). Transformasi Digital : Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 21–30.

Sulistiyaningsih, N., & Shultan, S. T. A. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam.

Suryawijaya, T. W. E. (2023). Memperkuat Keamanan Data melalui Teknologi Blockchain: Mengeksplorasi Implementasi Sukses dalam Transformasi Digital di Indonesia. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 55–68. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.55-68

Wahyudi, A., Assyamiri, M. B. T., Aluf, W. Al, Fadhillah, M. R., Yolanda, S., & Anshori, M. I. (2023). Keterampilan yang Dimiliki oleh Tenaga Kerja dengan Tuntutan Teknologi. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(4), 99–111.

Yahya, L. M., Nazaruddin, E., Cania, O. V., Amanda, D. S., & Khairani, W. (2023). Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Perubahan Paradigma Pasar Dari Konvensional Ke Digital. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(3), 310–332. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Digital/article/view/1402




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i1.4765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

      

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id