Peningkatan Kapasitas Komunitas Bunda Literasi dalam Mewujudkan Pengasuhan Anak Berbasis Fitrah
Abstract
Pengasuhan anak berbasis fitrah akan membantu orang tua dalam menciptakan karakter manusia yang digariskan Allah SWT sehingga diharapkan bermanfaat bagi masyarakat ketika anak sudah menjadi manusia dewasa. Komunitas Bunda Literasi diketahui diketahui masih belum memahami bagaimana mengasuh anak dengan konsep Fitrah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengasuhan anak berbasis Fitrah pada komunitas Bunda Literasi di Dayeuhkolot. Metode pengabdian yang digunakan adalah andragogi dengan melakukan pelatihan secara luring dan daring. Tim pengabdian mempersiapkan materi pelatihan luring dalam bentuk modul dan bahan presentasi, sedangkan materi dalam pelatihan daring dengan melakukan pembuatan video yang diunggah pada kanal youtube yang dibuat. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan adanya pemahaman yang lebih mendalam dari mitra pengabdian terkait bagaimana melakukan pengasuhan anak dengan menerapkan konsep fitrah. Pemahaman lebih mendalam tentang konsep fitrah tercermin dari jawaban mengenai bagaimana pola pengasuhan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan anak serta membangun komunikasi yang baik dalam keluarga. Penggunaan metode hybrid membantu mitra pengabdian untuk belajar tanpa mengenal batas waktu materi dapat diserap dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Samsulbassar, Andewi Suhartini, & Nurwadjah Ahmad EQ. (2020). Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.229
Arifin, H. M. (2003). Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoris Dan Praktis (F. Asy, Ed.). Bumi Aksara.
Arjoni. (Juli-Desember 2017). PENDIDIKAN ISLAM DAN KENAKALAN REMAJA. Turãst: Jurnal Penelitian & Pengabdian, 5(2), 189-204.
Audy, R. T., & Nofianti, R. (2024). MINDFUL PARENTING: PERSPEKTIF ORANG TUA DALAM PENGASUHAN POSITIF UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3521–3527. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26548
Ayun, Q. (n.d.). PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK: PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ISLAM. Attarbiyah, 26, 91–118. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.91-118
Azizi, M. H., Bakri, S., & Choiriyah, S. (2023). Implementation of Total Quality Management in the Ministry of Religion-Based Education. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 125–136. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3067
Basuki, A., & Ruwandi. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM PENGASUHAN SANTRI BERBASIS FITRAH PADA PESANTREN ISLAM AL IRSYAD. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 583–595. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.170
Basyit, A. (2017). MEMAHAMI FITRAH MANUSIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 13(1), 1340–1350. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/rf.v13i1.30
Burhan, A. (2020). Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). -AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 109–130.
Choli, I. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN ISLAM. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511
Christanti, Y. D., Abdullah, L. O., Sugiharto, Hartono, H. R. P., Kurniawan, Y. D., & Febrianti, N. (2022). PARENTING BERBASIS FITRAH DI ERA DIGITAL PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL HASANAH DESA BANJAREJO KECAMATAN PANEKAN KABUPATEN MAGETAN. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT (PRIMA), 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55047/prima.v2i1.407
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2021). PENGGUNAAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN NONFORMAL. Maha Widya Bhuwana : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2, 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/bhuwana.v4i2.1626
Fairuzillah, M. N., Mumtazi, F., & Sutoyo, Y. (2023). Non-binary gender dan pendidikan fitrah seksualitas anak. Ta’dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 163–179. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.8867
Karlinawati, S., & Meinarno, E. A. (2010). Keluarga Indonesia: aspek dan dinamika zaman (E. A. M. Karlinawati Silalahi, Ed.; 1st ed.). Rajawali Pers.
Khotimah, I. A., & Fauzi, M. R. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI ANAK SESUAI FITRAH. Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 67–79. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i2.11883
Kurniati, I., Saepul Malik, A., Maslachah, A., Suhendraya Muchtar, H., & Sulastini, R. (2022). Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Di Institut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1, 46–51. https://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/ilpen
Mujib, A. (1999). FITRAH DAN KEPRIBADIAN ISLAM (SEBUAH PENDEKATAN PSIKOLOGIS) . Darul Falah.
Mulyaningsih. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Kompetensi Sumber Daya Aparatur (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Magelang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 3, 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52239/jar.v4i4.610
Munib, A. (2017). KONSEP FITRAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN. PROGRESS, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v5i2.2611
Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Pancawat, A., Pitaloka, A. D., & Sasqia, D. A. (2019). PERAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (MENTAL DISORDER). JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i2.14151
Pathurahman, I., Hidayat, S., & Ali, M. (2022). Pola Pengasuhan Berbasis Fitrah di Pesantren. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(12), 5385–5392. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1168
Puspayanti, A. (2018). EVALUASI PEMBELAJARAN DIKLAT MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 6(1), 143–167.
Ritonga, W. W. (2021). Peran dan Fungsi Keluarga Dalam Islam. Islam & Contemporary Issues, 1(2), 47–53. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/ici.v1i2.91
Rosdiana, R., & Muzakkir, M. (2019). Fitrah Perspektif Hadis dan Implikasinya terhadap Konsep Pendidikan Islam Mengenai Perkembangan Manusia. Al-Musannif, 1(2), 96–109. https://doi.org/https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i2.30
Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077
Rustina. (2014). KELUARGA DALAM KAJIAN SOSIOLOGI. Musawa, 6(2), 287–322.
Samsuri, S. (2020). Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 85–100. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i1.1278
Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam Pascasarjana. Medina-Te, Jurnal Studi Islam, 14(2), 161–173. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate
Sholichah, A. S. (2017). Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtäz, 1(2), 69–86. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.11
Suriadi. (2018). FITRAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (KAJIAN TERHADAP AYAT-AYAT AL-QURAN). MUADDIB Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(2), 143–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v8i2.1424
Umroh, H., Walidin, W., & Mahmud, S. (2024). Media Kajian Pendidikan Agama Islam Fitrah Based Education …. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(4), 558–572. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jm.v14i4.24374
Utomo, A. P., & Tehupeiory, K. P. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61769/telematika.v9i2.87
Wahib, A., & Paradigma, J. (2015). KONSEP ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK. JURNAL PARADIGMA, 2(1).
Wibowo, H., Rachim, H. A., & Gkb, G. (2024). PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA BAGI ORANG TUA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH YANURI CIMAHI JAWA BARAT. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 5(2), 116–128. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.61519
Wijaya, A. (2023). FITRAH MANUSIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i1.1349
Wirian, O., & Zuliana. (Juli-Desember 2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PRILAKU KENAKALAN REMAJA. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 106-121.
Zaelani, A. Q. (2014). POLA ASUH ANAK DALAM PERSPEKTIF YURIDIS DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN. ASAS, 6(2), 29–37. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24042/asas.v6i2.1720
Zamilah, U., & Alendra Yusiyaka, R. (2022). PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PELATIHAN TATA RIAS IBU RUMAH TANGGA DI BUKIT MEKAR WANGI. JPG Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 323–331. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7805
Zulfa, M. N., & Rofi’ah. (2023). MENGGALI HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM MELALUI FITRAH MANUSIA KATA KUNCI ABSTRAK. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 54–58. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/dewantech
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i2.5110
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id