Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Santri terhadap Tindakan Bullying di Pesantren

Ernawati Ernawati

Abstract


Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral agama sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat sehari-hari. Dimana para santri harus menerapkan nilai-nilai baik pada diri para santri ketika berinteraksi dengan santri lainnya. Namun pemahaman mengenai dampak bullying kurang dipahami secara jelas oleh santri. Perilaku bullying seringkali tanpa sadar menjadi bagian dari interaksi sosial, seperti ketika ejekan yang ditujukan untuk bercanda berkembang menjadi masalah serius. Tujuan dari penyuluhan ini diharapkan memberikan pemahaman sepenuhnya kepada santri dampak yang mungkin ditimbulkan dengan adanya tindakan bullying. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan dan berbagi pemahaman-pemahaman mengenai penting menghindari tindakan bullying yang dilakukan oleh para santri dilingkungan salah satu Pondok Pesantren yang ada di Tangerang Selatan, dengan menggunakan slide presentasi dan infocus sebagai medianya. Pesantren sama seperti halnya lembaga pendidikan yang lain, di dalam tubuh pesantren juga terdapat berbagai macam persoalan seiring berjalannya proses pendidikan yang sedang dijalankan, salah satunya tindakan bullying yang dilakukan oleh santri karena kurangnya pengawasan dari pihak pesantren terhadap tindakan bullying. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan para santri dapat mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan dari tindakan bullying tersebut.


Full Text:

PDF

References


Bees, E., & Prasetya, B. E. A. (2016). Hubungan Kelekatan Ibu Dan Anak Dengan Perilaku Bullying Anak Remaja Di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(1).

Desiree, BULLYING DI PESANTREN (Studi Deskriptif di Pesantren X Depok), Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia, Depok. 2013. http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2015-09/S45216-Desiree

Dwipayanti, I. A. S., & Indrawati, K. R. (2014). Hubungan Antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 251-260.

Ibrahim, R. (2016). Pesantren Dan Pengabdian Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren Dawar Boyolali). Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 89-108.

Iwan Wahyudi (2008), Budaya Ghasab Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin Condong Catur, Depok, Sleman (Tinjauan Pendidikan Akhlak), Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khaulani, A. T. (2015). Ghasab di pondok pesantren Daarun Najaah (tinjauan pendidikan akhlak) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

LISTANTI, A. (2016). ANALISIS TINDAKAN DISKRIMINASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Masitah, M., & Minauli, I. (2017). Hubungan Kontrol Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying. Analitika, 4(2), 69-77.

Oktaviana, L. (2014). Hubungan Antara Konformitas Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Putri, N. K. R. A., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2014). HUBUNGAN INTENSITAS INTERAKSI DALAM POLA ASUH ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KECEMASAN SISWA KORBAN TINDAKAN BULLYING (KEKERASAN) DI SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Sutrisno, S. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Pendidikan).

Siti, M. (2017). METODE PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANNAIM AJISOKO DESA MAJENANG KEC. SUKODONO KAB. SRAGEN (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v1i02.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.