Sosialisasi Teknik Pengelolaan dan Pengemasan Pesan dalam Mengefektifkan Komunikasi Pariwisata di Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat

Aat Ruchiat Nugraha, Feliza Zubair, Hanny Hafiar

Abstract


Kegiatan sektor pariwisata yang memperkuat sektor ekonomi akan memberikan konstribusi besar terhadap upaya peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. Meninjau posisi strategis pariwisata dalam konteks komunikasi, maka pariwisata pada satu sisi harus memberi konstribusi bagi terjalinnya interaksi dan komunikasi di berbagai stakeholders bidang pariwisata. Metode pelaksanaan PKM dilakukan berdasarkan observasi, presentasi, diskusi & tanya jawab, dan penyampaian modul pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan teknik pengelolaan dan pengemasan pesan kepariwisataan di wilayah kabupaten Bandung Barat bagi masyarakat desa Cibodas kecamatan Lembang telah dapat memberikan peningkatan secara pengetahuan, sikap dan perilaku dalam hal inventarisasi/pengelompokkan potensi pesan kepariwisataan yang dapat termanfaatkan dalam menunjang aspek pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia di desa menuju ecovillage yang berbasiskan pemberdayaan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Andipate, Anwar Arifin.(2016). Paradigma Baru Public Relations: Teori, Strategi dan Riset. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Bungin, Burhan.(2015). Komunikasi Pariwisata.:Pemasaran dan Brand Destinasi.Jakarta: PT. Prenada Media Group.

Creswell, John W.(2017). Research Design:Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Darsoprajitno, Soewarno.(2002). Ekologi Pariwisata: Tata Laksana Pengelolaan Objek dan Daya Tarik Wisata. Bandung: Penerbit Angkasa.

Lismar, Dessy.(2012). Kamus Istilah Travel dan Pariwisata.Jakarta: Penerbit Senator Media Indonesia.

Nugroho, Iwan.(2011). Ekowisata dan Pembangunan Berkelanjutan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Sitiatava Rizema.(2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta:Diva Press.

Soemanagara, Rd.(2008). Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Syam, Nina Winangsih dan Sugiana, Dadang.(2007). Perencanaan Pesan dan Media.Jakarta:Penerbit Universitas Terbuka.

Zastrow, Charles.(2016). Praktik Teknologi Sosial.Buku Kesatu.Alih Bahasa:Holil Soelaiman.Bandung: STKS Press.




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v1i02.521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.