Hilirisasi “Produk Crakal 3G” Pada UMKM Syahira Home Industri di Kota Tarakan
Abstract
Indonesia memiliki potensi perikanan yang besar, tetapi limbah tulang ikan bandeng masih sering terbuang dan menimbulkan masalah lingkungan. Limbah ini kaya akan kalsium dan fosfor, nutrisi penting untuk mengatasi masalah gizi seperti stunting dan defisiensi mineral. Produk Crakal3G dikembangkan sebagai solusi inovatif untuk mengubah limbah tersebut menjadi makanan bernutrisi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan action research yang melibatkan UMKM Syahira Home Industri dan pemangku kepentingan secara partisipatif. Pendampingan mencakup pengembangan produk, pelatihan standar produksi, penyusunan model bisnis, serta pemenuhan sertifikasi berbasis regulasi, seperti P-IRT (6056571010038-27), Sertifikasi Halal (34100001590322), NIB (0239010150817), dan HKI (IDM001055692). Hilirisasi Crakal3G berhasil meningkatkan kualitas produk dan kompetensi UMKM melalui pendampingan intensif. Integrasi strategi pengembangan produk, kemasan yang menarik, dan promosi digital secara sinergis memperkuat posisi UMKM di pasar, meningkatkan brand awareness, dan memperluas jangkauan konsumen, terutama segmen muda. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa pendekatan terstruktur dalam pengembangan produk, pelatihan, dan pendampingan mampu mendorong hilirisasi produk inovatif UMKM. Model ini dapat direplikasi di wilayah lain dengan dukungan kebijakan untuk memperluas dampak sosial, ekonomi, dan kesehatan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrams, S. A. (2011). Calcium and vitamin D requirements for optimal bone mass during adolescence. Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care, 14(6). https://journals.lww.com/co-clinicalnutrition/fulltext/2011/11000/calcium_and_vitamin_d_requirements_for_optimal.14.aspx
Akhmadi, M. F., Imra, & Maulianawati, D. (2019). Calcium and Phosfor Fortification of Crackers by Using Milkfish Bone (Chanos chanos). Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 11(1), 49–54. https://doi.org/10.20473/jipk.v11i1.11911
Anggraeni, R. (2022). Eksaminasi : Jurnal Hukum Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 1(2), 77–83.
Aprillia, H. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jabn, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.33005/jabn.v2i2.76
Armiani, Basuki, B., & Nurrahmadani, S. (2021). Sertifikat Halal Menjadi Strategi Pemasaran Bagi Umkm Nonmuslim dalam Meningkatkan Penjualan. Prosiding Seminar Stiami, 8(1), 22–27.
Armiani, Dwi Arini Nursansiwi, Sofiati Wardah, Baiq Desthania Prathama, Endang Kartini, & Agus Khazin Fauzi. (2022). Legalitas Usaha dan Digitalisasi Menjadi Faktor Keberlanjutan UMKM pada Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(2), 145–154. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i2.545
Brown, D., & Hayes, N. (2008). Influencer Marketing (First edit). Elsevier Ltd. All rights reserved.
Cahyaningati, R., & Setyobakti, M. H. (2025). Penguatan Legalitas Umkm Di Desa Yosowilangun Kidul : Pendampingan Pembuatan Sertifikat Halal Dan PIRT. Jurnal Pengabdian Masyarakat APPLIED, 4(1), 244–254.
Dhewanto, W. (2022). Orasi Ilmiah Guru Besar Institut Teknologi Bandung (Issue September).
Edam, M. (2016). Fortifikasi Tepung Tulang Ikan Terhadap Karakteristik Fisiko-Kimia Bakso Ikan. Jurnal Penelitian Teknologi Industri, 8(Desember), 83–90.
Fahira, K. T., & Yasin, R. M. (2022). Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT , Sertifikasi Halal dan Digital Marketing Pada UMKM Sirup Parijoto. 11(2), 173–180.
Fatmawati, & Aminah. (2023). Perlindungan Hukum Atas Merek Bagi Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Notarius, 16(1), 529–539.
Fithria, Zainuddin, A., Jufri, N., Talya, W., Haidar, A., Rangki, L., & Sato, M. (2024). Energy , Protein and Calcium Intake are Determinants of Stunting in Toddler Aged 24 - 59 Months in Muna District. 25(19), 727–733.
Fuadi, Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2022). Studi Literatur Implementasi Sertifikasi Halal Produk UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6(1), 118–125.
Ismawati, R., Dewi, R., Fatkhur, I., & Dwijayanti, I. (2020). Nutrition intake and causative factor of stunting among children aged under-5 years in Lamongan city ଝ. Enfermería Clínica, 30(August 2018), 71–74. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.10.043
Jadhav, G. G., Gaikwad, S. V., & Bapat, D. (2023). A systematic literature review: digital marketing and its impact on SMEs. Journal of Indian Business Research, 15(1), 76–91. https://doi.org/10.1108/JIBR-05-2022-0129
Jufri, N., Marliyati, S. A., Anwar, F., & Ekayanti, I. (2023). Nutrition Adequacy Level and Stunting in Children Aged 48 ‒ 59 Months in the Coastal Area of Kendari City , Indonesia. 18(28), 8–10.
Lustianto, A. F., Anggoro, S., & Program, N. W. (2019). Pola Osmoregulasi , Kebiasaan Makanan dan Faktor Kondisi Ikan Bandeng ( Chanos Chanos ) di Tambak Desa Bakaran Wetan , Pati. JOURNAL OF MAQUARES, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.14710/marj.v9i1.27763
Mensah, J., Oppong, P. K., & Addae, M. (2022). Effect of Packaging on Perceived Quality and Brand Loyalty : The Mediating Role of Brand Association in Over-the-Counter Market. 297–313. https://doi.org/10.4236/ojbm.2022.101018
Ningrum, A. A., Balqis, D. N., Lismianisarie, A., & Swandi, S. P. (2023). Aplikasi Nanoteknologi Untuk Meningkatkan Manfaat Dan Bioavailabilitas Kalsium Dalam Pengolahan Pangan Application of Nanotechnology to Increase the Benefits and Bioavailability of Calcium in Food Processing. Media Ilmiah Teknologi Pangan (Scientific Journal of Food Technology, 10(1), 1–11.
Oliveira, C. A. F. de, da Cruz, A. G., Tavolaro, P., & Corassin, C. H. (2016). Chapter 10 - Food Safety: Good Manufacturing Practices (GMP), Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP), Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) (J. B. T.-A. F. P. Barros-Velázquez (ed.); pp. 129–139). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-800723-5.00010-3
Oliveira, M. A.-Y., & Ferreira, J. J. P. (2011). Business Model Generation : A handbook for visionaries , game changers and challengers. 5(7).
Pambreni, Y., Udriyah, U., Mumtaz, N. A., & Firmansyah, H. (2023). Optimasi Desain Packaging dan Digital Marketing UMKM Dapoer Umi Navisah. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(2), 69–87. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i2.1569
Pellegrino, A., & Abe, M. (2023). Leveraging Social Media for SMEs : Findings from a Bibliometric Review. 1–15.
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018.
Silayoi, P., & Speece, M. (2004). Packaging and purchase decisions An exploratory study on the impact of involvement level and time pressure. British Food Journal, 106(8), 607–628. https://doi.org/10.1108/00070700410553602
Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: a conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495–1517. https://doi.org/10.1108/03090560710821279
Siracusa, V., & Rosa, M. D. (2018). 8 - Sustainable Packaging (C. M. B. T.-S. F. S. from A. to I. Galanakis (ed.); pp. 275–307). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-811935-8.00008-1
Stringer, E. T. (2013). Action Research. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=nasgAQAAQBAJ
Suprihatin, H., Pramitasari, D. A., & Hasanah, A. (2024). Inovasi Packaging dan Pemasaran Digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2 SE-Articles), 254–263. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.205
Terzioğlu, P., Öğüt, H., & Kalemtaş, A. (2018). Natural calcium phosphates from fish bones and their potential biomedical applications. Materials Science and Engineering C, 91(September 2017), 899–911. https://doi.org/10.1016/j.msec.2018.06.010
Yunitasari, Y., Nenobais, H., & Marwan, J. (2025). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Media dan Teknologi untuk Pasar Internasional dan Ekonomi Indonesia. Jurnal Abdi KMoestopo, 8(1), h. 176.
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v8i2.5742
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id