Pelatihan Pemberdayaan Sikap Siswa SMA Preventif terhadap Dampak Negatif Konten Media Sosial Vlog di Kembangan Utara

Nur Kholisoh

Abstract


Vlog merupakan salah satu media sosial yang sedang tren dan digemari oleh remaja saat ini. Maraknya Vlog di media sosial menjadi tontonan rutin para anak muda. Fenomena ini juga muncul dalam siswa SMA, lebih khususnya siswa SMA di Jakarta. Vlog adalah satu video berisi mengenai opini, cerita atau kegiatan harian yang biasanya dibuat tertulis pada blog. Bila konten Vlog sering ditonton oleh siswa SMA, maka akan terjadi pembentukan sikap pada siswa SMA tersebut.Vlog pada awalnya menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan pendapat kepada publik. Namun, lama-kelamaan, hasil yang ada akhirnya, beberapa Vlogger mengekspresikan dirinya terlalu bebas dan cenderung secara negatif sehingga muncul tren seperti penggunaan kata kasar atau makian dalam video dan tren gaya hidup berbudaya barat yang bebas. Untuk menghindari dan mengantisipasi dampak negatif dari konten media sosial Vlog, maka perlu dilakukan pelatihan untuk memberdayakan sikap siswa SMA dalam mencegah dampak negatif dari konten Vlog.

Full Text:

PDF

References


Arifin Anwar, (1998) Ilmu Komunikasi : sebuah Pengantar Ringkas, Jakarta: Rajawali Press.

Devito, Joseph A, (1997) Komunikasi Antar Manusia Jakarta: Professional Books

Fahrudin, Adi, (1994). Pemberdayaan, Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Lord, John dan Peggy Hutchison, E Process of Empowerment: Implications for theory and Practice, Canadian Journal of Community Mental Health, 12 (1) : 1993.

Mc. Quail, Dennis Sven Windhal, (1996) Communication Models, Longman Inc, USA

Mulyana Deddy, (2000) Ilmu Komunikasi suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paul, R. Wayne, J Don F, (2000) Komunikasi Organisasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sandjaja, Sasa Djuarsa, (1993) Pengantar Komunikasi, Jakarta: Univeristas Terbuka.

Sulistiyani, A. Teguh, dkk. Proses Pemberdayaan Masyarakat Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul dalam Pembentukan Kelompok Pengelola Sampah Mandiri, Indonesian Journal of Community Engagement, Vol. 02 (02): 2017.

Wilonoyudho, Saratri, Model Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengendalian Banjir yang Berwawasan Lingkungan di Semarang, Jurnal Manusia dan Lingkungan, Vol 16( 2): 2009




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v2i1.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.