Penyuluhan Stop Bullying sebagai Pencegahan Perundungan Siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik - Bandung

Putri Limilia, Puji Prihandini

Abstract


Perundungan (bullying) menjadi masalah sosial yang tidak pernah berakhir di tengah masyarakat. Permasalahan ini dapat ditemukan dalam berbagai konteks sosial seperti pendidikan, dunia kerja, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaku dan korban juga datang dari berbagai latar belakang usia. Anak dan remaja merupakan usia yang rentan terkena perundungan. Sementara itu, sekolah merupakan tempat yang paling sering ditemui kasus perundungan, bahkan, terkadang permasalahan ini sudah terinternalisasi dengan kegiatan lainnya seperti masa orientasi siswa baru. Kasus perundungan yang sudah membudaya membuat siswa terkadang tidak menyadari bahwa mereka melalukan tindakan tersebut. Oleh karena itu, setiap sekolah memerlukan sebuah penyuluhan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang perundungan. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah (1) ceramah; (2) diskusi; (3) feedback; dan (4) pemutaran video. Hasil penyuluhan memperlihatkan bahwa adanya kesadaran siswa bahwa perundungan dapat hadir dalam berbagai macam bentuk. Siswa juga menyadari perlunya peran mereka dalam mengurangi kasus perundungan yang terjadi di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Gourneau, B. (2012). Students' Perspectives of Bullying in School.

http://jogja.tribunnews.com. (n.d.). Retrieved from http://jogja.tribunnews.com/2017/07/22/117-laporan-bullying-diterima-tepsa-kemensos-ri-hingga-juli-2017

http://nasional.republika.co.id. (n.d.). Retrieved from http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/02/22/olqnn2383-indonesia-peringkat-tertinggi-kasus-kekerasan-di-sekolah

pekanbaru.tribbunews.com. (n.d.). Retrieved from http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/07/19/video-ini-5-kasus-bullying-yang-bikin-heboh-seantero-indonesia-nomor-3-bikin-geram?page=4

Rmn. (2015). www.liputan6.com. Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/2176886/gara-gara-tato-hello-kitty-siswi-di-yogyakarta-aniaya-temannya

www.kemenppa.go.id. (n.d.). Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf

www.viva.co.id. (n.d.). Retrieved from https://www.viva.co.id/berita/nasional/938446-kasus-bullying-anak-meningkat-pada-2017

Haslanger, Sally. (2012). Resisting Reality: Social Construction and Social Critique. New York: Oxford Press.

Kowalski, Robin M. dkk. 2008. Cyber Bullying. United Kingdom: Blackwell Publishing.

Lines, Dennis. 2008. The Bulliest: The rationale of bullying. Philadelphia: Jessica KingsleyLock, Andy. Strong, Tom. (2010). Social Constructionism: Sources and Stirrings in Theory and Practice. United Stated of America: Cambridge University Press.

Eskell-Blokland, Linda Marie. Timm, Victoria Margaret. 2011. A construction of bullying in a primary school in an underprivileged community: an acological case study. South African of Psychology.41(3). 339-350.

Gourneau, Bonni. 2012. Students' Perspectives of Bullying in School. Contemporary Issues in Education Research.5(2). 117.

Kokkinos, Constantinos M. Panayiotou, Georgia. 2007. Parental disicpline practises and locus of control: relationship to bullying and victimization experience of elementary school students. Social Psychology of Education. 10. 281-301.

Wayne, Rachel. 2013. The Social Consturction of Childhood BUllying Through U.S. News Media. Journal of Contemporary Anthropologt, 1V (1), 37.




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v2i1.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.