Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Pembentukan Karakter Anak di Cilendek Barat dan Timur - Kecamatan Bogor Barat

Ade Tuti Turistiati

Abstract


Pelatihan komunikasi efektif ini bertujuan untuk menimbulkan kesadaran dan perhatian orang tua di kelurahan Cilendek Barat, Bogor Barat tentang pentingnya komunikasi efektif dalam membangun karakter anak. Tahapan untuk mencapai tujuan tersebut adalah: (1) melakukan observasi terhadap perilaku dan komunikasi anak-anak usia 5-14 tahun (usia TK-SMP) di daerah Cilendek Barat ketika mereka bermain atau bersosialisasi, (2) melakukan observasi bagaimana cara/gaya komunikasi orang tua terhadap anaknya atau nenek terhadap cucunya ketika mereka menyampaikan pesan, informasi, dan nasihat, (3) melakukan wawancara dan diskusi dengan 10 orang ibu mengenai temuan yang diperoleh dari hasil observasi,( 4) mendiskusikan kebutuhan pelatihan bersama ustadzah setempat dan menyiapkan materi pelatihan, (5) mengundang peserta dan melaksanakan pelatihan, (6) melakukan evaluasi dan konsultasi setelah pelatihan dilaksanakan. Kegiatan pelatihan ini diadakan selama 4 jam pada tanggal 2 September 2018 dalam bentuk ceramah, tanya-jawab/diskusi interaktif, dan konsultasi interpersonal. Peserta pelatihan berjumlah 105 orang, mayoritas ibu-ibu jamaah Majelis Taklim Darussalam di kelurahan Cilendek Barat, Bogor. Berdasarkan umpan balik dari para peserta, kegiatan pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat bagi mereka.

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Dep. Pendidik. Nas., pp. 133, 2003.

H. Kandani, Kebiasaan Membentuk Karakter, 2018. [Online]. Available: http://haryantokandani.com/artikel-motivasi/kebiasaan-membentuk-karakter.html.

Elfrianto, Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Lulusan, EduTech, vol. 2 No.2, pp. 4658, 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/karakter.

L. Hutapea, Gaya Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang, Al-Balagh, vol. 1, No.1, pp. 126137, 2016.

O. U. Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2005.

J. Rakmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2008.

D. Pitasari, Pengaruh Gaya Komunikasi Pimpinan terhadap Kinerja Pegawai Perpustakaan Institut Teknologi Bandung(Survei Eksplanatori Tentang Pengaruh Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di UPT Perpustakaan ITB), J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. Vol.3/No.2, pp. 205220, 2015.

E. Pratiwi, Bentuk Komunikasi, no. 1457, pp. 2668, 2015.

Harimury, Puisi Pendidikan Anak. 2012.




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v2i1.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.