Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk Usaha Sabun Herbal di Kota Bandung

Dhini Ardianti, Charisma Asri Fitranandan

Abstract


Usaha Sabun Herbal sebagai mitra dalam program kemitraan masyarakat (PKM) berada di wilayah Margacinta, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, dan memulai usaha sekitar tahun 2004. Usaha sabun herbal yang dikembangkan oleh Mitra 1 (Bydara) dan Mitra 2 (Marcin) adalah atas dasar kebutuhan para wanita dalam merawat kecantikan dengan bahan-bahan yang alami. Masalah utama mitra adalah belum berkembangnya usaha sesuai harapan pada kedua mitra. Kegiatan program kemitraan masyarakat ini dilaksanakan pada April sampai September 2018. Permasalahan yang dihadapi kedua Mitra meliputi: (1) terhambatnya proses legalitas izin usaha, (2) keterbatasan keahlian SDM di bidang desain produk dan kemasan, (3) terbatasnya kemampuan promosi online maupun offline untuk menjangkau pangsa pasar, (4) terbatasnya peralatan dan perlengkapan produksi. Kondisi ini menyebabkan usaha mitra tidak berkembang. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah pelatihan/workshop desain produk kemasan, dan pelatihan pemasaran/promosi secara online/offline, bimbingan teknis/fasilitasi proses legalitas izin usaha, fasilitasi tambahan bahan baku dan perlengkapan produksi lainnya. Hasil dari kegiatan ini adalah: Proses legalitas usaha sudah memasuki tahap akhir di BPPOM, kedua mitra memiliki tambahan keterampilan dalam membuat kemasan produk, mampu membuat akun e-commerce dan media sosial sebagai media promosi online. Kedua mitra terbantu setelah adanya fasilitasi tambahan bahan baku. Dengan adanya kegiatan PKM ini produktivitas usaha sabun herbal pun meningkat dalam tiga bulan terakhir.

Full Text:

PDF

References


Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung,

http://dpmptsp.jabarprov.go.id/web/pages/detail/211-kantor-pelayanan-perizinan-penanaman-modal-kabupaten-kota/

Data UMKM di Kota Bandung, https://ppid.bandung.go.id/informasi/data-umkm-kecamatan-buahbatu-tahun-2015/

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Edisi XI. Tahun 2017.

Huda, Nailul. 2011. Buku Pintar Perawatan Kecantikan. Jakarta: Gramedia-Elexmedia Komputindo.

Ibnu Ibad, Agus HM. Ketrampilan Khusus di Bidang Pengobatan dan Perawatan Kecantikan Secara Tradisional. Salatiga: Dunia Pusaka.




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v2i1.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.