Implementasi Customer Relationship Management PT. Barat Daya Utama Dalam Membangun Image Southwest Jakarta

Gennada Melaty, Muminto Arief, Catur Priyadi

Abstract


Menyadari bahwa banyaknya usaha food and beverage yang bermunculan dewasa ini membuat persaingan bidang usaha tersebut semakin ketat. Hal ini disadari oleh Southwest Jakarta sebagai salah satu merek usaha coffee lounge dan untuk menghadapinya perlu dibangun image atau citra perusahaan. Dalam hal ini public relations memiliki peran penting dalam kegiatan membangun image perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan dan kegiatan Customer Relationship Management Southwest Jakarta dalam membangun image. Untuk memperkuat pengembangkan analisis dalam penelitian  ini digunakan konsep Customer Relationship Management dan PENCILS. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan para narasumber atau informan yang menjadi subjek dari penelitian yang menjelaskan mengenai objek penelitian terkait dengan bagaimana implementasi Customer Relationship Management dalam membangun image Southwest Jakarta melalui program-programnya. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa Image yang dibangun adalah bahwa Southwest sebagai sebuah coffee lounge di daerah Senopati yang memiliki pelayanan yang terbaik pada customer-nya, memberi kesan akrab dan menawarkan keramahan. Implementasi Customer Relationship Management Southwest Jakarta dilandasi oleh kebutuhan customer.


Keywords


manajemen hubungan pelanggan; citra merek; southwest, kedai kopi

Full Text:

PDF

References


Allen, Plunkett, Attner. (2013). Management: an Approach to Customer Expectations. South -Western: Cengage Learning.

Ardianto, Elvinaro. (2014). Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Elliot Greg, Sharyn Rundle-Thiele, David Waller. (2012). Marketing. Edisi 2. Australia: John Whiley & Sons.

Emaluta, Fikriya Hanim Kardiya, Isnalita Isnalita, Noorlailie Soewarno. (2019). The Effect of Customer Relationship Management (CRM) To Customers Loyalty and Customers Satisfaction as Mediator Variables. Dikutip dari journal.pnm.ac.id vol 4. No.2 pada 30 Agustus 2021 jam 10.55 wib.

Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. (2014). Public Relations Edisi Ke-5. Jakarta: Erlangga.

Kotler and Keller. (2012). Marketing Management edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Latifa, Veronika. (2015). Peranan Hubungan Masyarakat dalam Mempertahankan Citra Positif. diunduh dari library.moestopo.ac.id pada 30 Agustus 2021 jam 11.20 wib.

Liwijaya Nandya Mareta, Honggowidjaja , Hendy Mulyono. (2016). Perancangan Interior Lounge & Bar di Surabaya. Diunduh dari Jurnal INTRA Vol. 4, No. 2 pada 31 Agustus 2021 jam 16.27 wib.

Maryati, Nana Darna, Ali Muhidin. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada PD. Sumber Rezeki Singaparna). Diunduh dari Bussiness Management and Enterpreneurship Journal Vol 2 No. 2 pada 30 Agustus 2021 jam 11.45 wib.

Muslim. (2016). Varian-varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Diunduh dari jurnal Wahana, Vol. 1 No. 10 pada 30 Agustus 2021 jam 06.55.

Nila, Nila. (2012). Strategi Gerai Informasi dan Media dalam Membangun Citra Positif melalui Diseminasi Informasi Publik. Diunduh dari jurnal Wacana Volume 11 No. 1 pada 30 Agustus 2021 jam 06.43.

Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto. (2010). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsi Kastam. (2011). Teknik Penulisan Artikel Hasil Penelitian dalam Jurnal Ilmiah. staffnew.uny.ac.id pada 31 Agustus 2021 jam 13.45.

Wendra I Wayan, I Made Sutama, Ni Made Wisudariani. (2014). Pembahasan Hasil Penelitian dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Diunduh dari Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 3, No. 2 pada 31 Agustus 2021 jam 16.11 wib.

Yunaida Erni. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Diunduh dari Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol. 6, No. 2 pada 31 Agustus 2021 jam 16.37 wib




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id