Minat Mengunjungi Konser Musik Hammersonic Festival Pada Pengguna Intagram

Nurul Fadzar Sukarni, Muhammad Moza Kandara, Dian Ismi Islami

Abstract


Festival musik di Indonesia kini tidak lagi dipandang sebelah mata, terbukti dengan  menjamurnya beragam festival setiap tahunnya dan dikerjakan dengan tata panggung kelas dunia. Antusias masyarakat yang begitu besar untuk mengunjungi konser musik, tentunya berpengaruh pada peningkatan pariwisata Indonesia. Hammersonic Festival salah satu penyelenggara event musik cadas dan heavy metal berencana mengundang sejumlah band internasional papan atas beserta band top Indonesia lainnya. Sosialiasi dan promosi acara tersebut menggunakan instagram dengan pertimbangan intagram merukan sosial media yang banyak digunakan oleh generasi Z. konten instagram yang di posting oleh Hammersonic Festival menjadi menjadi tolak ukur suksesnya konser musik yang diselenggaran Hammersonic Festival.  Berkenaan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari aktivitas sosialisasi dan publikasi pada Konten Instagram Hammersonic Fest terhadap menciptakan Minat Mengunjungi event pada pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan Teori New Media, Teori Hierarchy Of Effect. Peneliti menggunakan Paradigma Positivisme, dengan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatif.. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui kuesioner Simpulan dalam penelitian ini antara lain: Konten Instagram Hammersonic Fest berjalan dengan baik. Minat Mengunjungi event pada pengguna Instagram dalam kataogri baik. Pengaruh dari konten instagram hammersonic fest untuk minat mengunjungi dalam katagori sedang.


Keywords


Mengunjungi Event; Musik; Intagram

Full Text:

PDF

References


Aisah, D. D., & Prasetyawati, Y. R. (2018). Pengaruh Konten Dan Gaya Komunikasi Di Platform Konsultasi Berbasis Online@Ibunda_Id Terhadap Brand Awareness. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), 29. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510

Arianti, G. (2017). Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 180. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.21

Dewanta, Gerry Wahyu dkk, Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik dalam Industri 4.0 di Indonesia, Wacana Universitas Prof Dr. Moestopo (Beragama), Vol 18, N. 1 (2019): A. by K. R. S. N. 28/E/KPT/2019. (n.d.).

Jayani, D. H. (2019). Akses Dibatasi, Berapa Pengguna WhatsApp di Indonesia?

Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, J. 1 dan jilid 2. J. P. P. P. (n.d.).

Makmur, R. 2018. M. E.-C. B. I. (n.d.).

Peter, K. Hamilton and Linda, P. Morton, 2018, Management Information Systems, B. 25 T. P. (n.d.).

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Sholeh, R. (2018). Proses Hierarchy of Effect Model dalam Komunikasi Pemasaran. 54.

WIB, (https://tirto.id/mengapa-hammersonic-tidak-digelar-tahun-2019-ini-enV7) di akses pada 03 Juni 21:16. (n.d.)

Aisah, D. D., & Prasetyawati, Y. R. (2018). Pengaruh Konten Dan Gaya Komunikasi Di Platform Konsultasi Berbasis Online@Ibunda_Id Terhadap Brand Awareness. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), 29. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510

Arianti, G. (2017). Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 180. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.21

Dewanta, Gerry Wahyu dkk, Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik dalam Industri 4.0 di Indonesia, Wacana Universitas Prof Dr. Moestopo (Beragama), Vol 18, N. 1 (2019): A. by K. R. S. N. 28/E/KPT/2019. (n.d.).

Jayani, D. H. (2019). Akses Dibatasi, Berapa Pengguna WhatsApp di Indonesia?

Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, J. 1 dan jilid 2. J. P. P. P. (n.d.).

Makmur, R. 2018. M. E.-C. B. I. (n.d.).

Peter, K. Hamilton and Linda, P. Morton, 2018, Management Information Systems, B. 25 T. P. (n.d.).

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Sholeh, R. (2018). Proses Hierarchy of Effect Model dalam Komunikasi Pemasaran. 54.

WIB, (https://tirto.id/mengapa-hammersonic-tidak-digelar-tahun-2019-ini-enV7) di akses pada 03 Juni 21:16. (n.d.)




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id