Aplikasi Mobile “DPR Now!” Dalam Pemenuhan Hak Atas Informasi Publik oleh DPR RI

Asrizia Shavilla, Muhammad Saifulloh

Abstract


Pada saaat ini hampir seluruh organisasi, perusahaan, maupun badan publik telah memanfaatkan dan menggunakan media internet sebagai sarana pemberian informasi kepada khalayak, salah satu badan publik di Indonesia yang sangat memperhatikan kebutuhan informasi dengan menggunakan teknologi internet adalah salah satunya DPR RI. Lembaga DPR RI menggunakan aplikasi untuk menyampaikan informasi yang sifatnya interaktif dengan publik eksternalnya. Aplikasi mobile yang digunakan “DPR Now”, adalah sebuah aplikasi layanan informasi DPR RI yang dikelola oleh Humas DPR RI. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaiaman implementasi aplikasi mobile “DPR Now!” dalam pemenuhan hak atas informasi publik oleh DPR RI. Menggunakan konsep aplikasi mobile dan konsep informasi publik, serta menggunakan paradigma post positivism dengan metode studi kasus. Penentuan narasumber dengan memakai purposive sampling. Adapun hasil penelitian Terkait pemenuhan informasi publik, aplikasi mobile “DPR Now!” sebagai salah satu media informasi dan pelayanan untuk publik, karena aplikasi tersebut berisi informasi dan pelayanan yang lengkap seputar kegiatan dan kinerja anggota DPR RI dan mudah juga cara mengakses aplikasi tersebut.  Aplikasi “DPR Now!” adalah salah satu media yang menjembatani Anggota DPR RI dengan masyarakat umum, karena aplikasi “DPR Now!” ini menjadi alat pembantu menyebarluaskan informasi dan pelayanan untuk publik di manapun dan juga mudah diakses dan tampilannya sangat menarik.

Keywords


informasi pubik; aplikasi mobile dpr now,; hak; dpr ri

Full Text:

PDF

References


Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208.

Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. PT Bumi Aksara.

Helmizar. (n.d.). (2018, September).Wawancara Pribadi.

Indah, T., & Hariyanti, P. (2018). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik pada Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi, 12(2), 127–140. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss2.art3

Kuding, I. M., & Irwansyah, I. (2020). Pemanfaatan Ragam Aplikasi Seluler Antikorupsi dalam Upaya Pencegahan Korupsi. Jurnal Komunikasi, 12(2), 263. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8626

Nababan, S. (2020). Strategi Pelayanan Informasi untuk meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 166. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3694

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosis Rekatama Media.

Priyatna, C. C., Prastowo, F. A. A., Syuderajat, F., & Sani, A. (2020). Optimalisasi teknologi informasi oleh lembaga pemerintah dalam aktivitas komunikasi publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 114. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.26115

Ratnamulyani, Rijallahudin, & Kusumadinata. (2016). Pengaruh Penggunaan Layanan Aplikasi Digital Google Play Dalam Smartphone Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Effect Of The Use Of Digital Service Application On Google Play Smartphone In Meeting The Information Needs Student Pada Pendahuluan. Jurnal Komunikatio, 2(3), 135–146.

Saleh, R., & Thahir, S. (2019). Pola Komunikasi Pengguna Aplikasi Chatting (Studi Pada Komunitas Android Makassar). Jurnal Jurnalisa, 4(1), 91–105. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5623

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1111/j.1365-2036.2009.03946.x

Trisnani, T. (2018). Implementasi E-Government Public Relations Sebagai Peningkatan Pelayanan Publik, Dilingkungan Pemerintah Daerah Di Jawa Timur Dan Nusa Tenggara Barat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1781

Keterbukaan Informasi Publik, Republik Indonesia (2008).

Wulanadary, A., Sudarman, S., & Ikhsan, I. (2019). Inovasi BPJS Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Public Policy, 5(2), 98. https://doi.org/10.35308/jpp.v5i2.1119

Yin, R. K. (2018). Studi Kasus: Desain & Metode. PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id