Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono Melalui Media Sosial Instagram @agusyudhoyono

Wina Avondita, Dian Ismi Islami, Muhammad Saifulloh, Nurul Fadzar Sukarni

Abstract


Fenomena politik 2024 di Indonesia adanya pemilihan umum, baik pemilihan presiden ataupun pemilihan legistalitif. Agus Harimurti Yudhoyono  (AHY) merupakan salah satu kandidat calon presiden yang di kehendaki masyarakat berdasarkan riset new Indonesia. Personal branding merupakan syarat utama dalam menunjang kesuksesan pejabat publik termasuk dalam hal ini AHY. Personal branding yang baik akan berpengaruh besar pada dukungan masyarakat. Pada era internet penggunaan media sosial sebagai wadah membangun personal branding tidak bisa dipungkiri, AHY menggunakan salah satu media sosial yakni instagram dalam membangun personal branding. Penggunaan media sosial instagram di khususkan untuk menarik perhatian pemilih muda karena instagram banyak digemari oleh kaula muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui personal branding yang dibangun Agus Harimurti Yudhoyono melalui media sosial Instagram. Dengan menggunakan landasan seperti personal branding, agenda setting, framing dan dramaturgi. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenis metode penelitian adalah mengganti analisis framing dengan isu yang melekat pada personal branding Agus Harimurti Yudhoyono. Hasil penelitian memperlihatkan apa yang diperoleh bahwa personal branding, framing, dramaturgi tersebut melalui tiga teori ini menghasilkan personal branding yang dibangun manajemen Agus Harimurti Yudhoyono melalui media sosial Instagram telah membentuk personal branding yang realistis maka terbentuklah personal branding yang realistis dari seorang Agus Harimurti Yudhoyono.


Keywords


Personal Branding; AHY; Instagram

Full Text:

PDF

References


Ariska, C. A. Y. (2022). Analisis Personal Branding Hendrar Prihadi Guna Membangun Komunikasi Politik Di Instagram. Media Bina Ilmiah, 16(8), 7269-7276. https://doi.org/10.33758/mbi.v16i8.1540

Efrida, S. & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi 8(1), 57–71. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365

Flora, E.. (2014). Analisis Framing Berita Calon Presiden RI 2014-2019 pada Surat Kabar Kaltim Post dan Tribun Kaltim. eJournal lmu Komunikasi, 2 (3). https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1527

Harianti, L. (2019). Personal Branding Pejabat Publik Di Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Personal Branding Harnojoyo Melalui Akun Instagram Pribadi @harno.joyo). http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/4134.

Krisna, Y. A. (2019). Strategi Online Personal Branding Politik melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Sandiaga Uno sebagai Cawapres dalam Membangun Personal Branding melalui Akun Instagram @ruangsandi). https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10855.

Melati, M. R. (2017). Analisis Konsep Dramaturgi Erving Goffman Dalam Pola Penggunaan Ruang Publik Kafe Oleh Mahasiswa Di Kota Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55761/Analisis-Konsep-Dramaturgi-Erving-Goffman-Dalam-Pola-Penggunaan-Ruang-Publik-Kafe-oleh-Mahasiswa-di-Kota-Surakarta

Neno, A., Hana, F. R. & Wutun, M. (2020). Personal Brand Jokowi Dalam Pidato Optimis Indonesia Maju. Jurnal Digital Media & Relationship, 2(2), 67-74. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/366

Pertiwi, F. & Irwansyah. (2020). Personal Branding Ria Ricis Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Penelitian Komunikasi 23(1), 15–30. https://doi.org/10.20422/jpk.v23i1.631

Pikiran Rakyat. (18 April 2022). AHY Sebut Dirinya Maju Capres atau Cawapres 2024 Karena Murni Kehendak Rakyat. https://www.bicaraberita.com/nasional/pr-423223638/ahy-sebut-dirinya-maju-capres-atau-cawapres-2024-karena-murni-kehendak-rakyat?page=2.

Restusari, F. N. & Farida, N. (2019). Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk CItra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3 (2), 176-186. http://dx.doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2340

Suciptaningsih, O. A. (2017). Hedonisme Dan Konsumerisme Dalam Perspektif Dramaturgi Erving Goffman. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1), 25-32. https://doi.org/10.26877/ep.v2i1.2191


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id