Implementasi Cyber Public Relations Dalam Pengelolaan Website Kementerian Sosial RI

Rizky Setiawan, Natalina Nilamsari, Radja Erland Hamzah, Kusnul Arifin

Abstract


Humas Kementerian Sosial perlu mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam mengerjakan tugasnya mendukung kebijakan pemerintah, dengan memanfaatkan internet, sehingga dapat disebut sebagai cyber public relations. Namun demikian, implementasi cyber public relations sebagai humas pemerintah kerap berhadapan dengan batasan aturan birokrasi. Karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas humas Kemensos sebagai cyber public relations, dan implementasinya dalam pengelolaan website www.kemensos.go.id. Penggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa Humas Kemensos sebagai cyber public relations melakukan aktivitas menghimpun, mengelola, menyajikan, dan mengomunikasikan segala informasi terkait kesejahteraan sosial melalui pengelolaan websitenya. Berdasarkan pengembangannya, website Kemensos yang dikelola sub bagian publikasi dan pemberitaan, merupakan website dinamis. Artinya, situs website Kemensos  selalu di perbaharui (up to date) secara berkala sesuai kebutuhan instansi, relevan dengan kondisi faktual masyarakat, juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu sama lain.


Keywords


cyber public relations; humas pemerintah; kementerian sosial; website

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. United Kingdom: SAGE Publications Inc.

Himaturipa, R., Maarif, A. A., & Abidin, Y. Z. (2020). Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Publik. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(2), 201–220. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/reputation. v2i2.233

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. Yogyakarta: Andi.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pera Irawan, E. (2017). Pemanfaatan Website Pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 19(2), 163–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.19.2.2017.163-177

Peraturan Presiden tentang Kementerian Sosial Republlik Indonesia. , Pub. L. No. No 46 Tahun 2015.

Purnama, H., Adnan, A., & Prasetio, A. (2016). Strategi Humas Siber Melalui Pengelolaan Konten Website Pemerintah (Studi kasus website www.subang.go.id pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang). Jurnal Komunikasi, 2(2), 19–25.

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman Petugas Kehumasan Kementerian Dalam Negeri Tentang Peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528

Shabana, A., & Patrianti, T. (2018). Cyber-PR Dalam E-Musrenbang Di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Communication, 9(2), 105. https://doi.org/10.36080/comm.v9i2.734

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1111/j.1365-2036.2009.03946.x

Trisnani, T. (2018). Implementasi E-Government Public Relations Sebagai Peningkatan Pelayanan Publik, Dilingkungan Pemerintah Daerah Di Jawa Timur Dan Nusa Tenggara Barat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 165–175. https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1781

Wardah, M., & Yasir, Y. (2017). Pengelolaan Website sebagai Media Informasi Publik pada Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–15.

Yazid, T. P. (2015). Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 160–173. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/3345

Yuliani, R., & Dida, S. (2018). Personal Branding Selebritas dan Bisnis Online Shop. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 10–19. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3617

Yuliawati, & Irawan, E. P. (2016). Peran Cyber Public Relations Humas Polri Publik Secara Online. Jurnal Politikom Indonesia, 1(1), 208–220. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.308




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id