Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi @suasanakopi

Muhammad Hafif Rafi Andhika, Radja Erland Hamzah, Mukka Pasaribu, Citra Eka Putri

Abstract


Seiring semakin ketatnya persaingan di industri food and beverages, khususnya pada bisnis cafe maka dibutuhkan suatu strategi promosi untuk menarik minat beli konsumen. Strategi promosi yang dinilai cukup tepat di tengah kondisi Indonesia yang masih mengalami pandemik COVID-19 adalah pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media promosi. Media TikTok dinilai menarik untuk dijadikan media promosi dikarenakan media ini sedang trend dikalangan anak muda. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka perumusan masalah penelitian ini Bagaimana pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai media promosi?. Teori yang digunakan adalah teori AISAS. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian melibatkan 5 partisipan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam. Penelitian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data berupa triangulasi sumber dan teori. Hasil temuan penelitian diketahui bahwa media sosial TikTok dinilai cukup efektif sebagai media promosi cafe Suasana Kopi, hanya pada taraf meningkatkan kesadaran dan pengetahuan audiens namun belum sampai pada tahap tingkat keputusan pembelian.

Keywords


Media Sosial; Promosi; TikTok; Cafe Suasana Kopi

Full Text:

PDF

References


Cutlip, Scott M, A. H. C. dan G. M. B. (2016). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Hill, C. A., Dean, E., & Murphy, J. (2014). Social Media, Sociality, and Survey Research. New Jersey: JohnWiley & Sons, Inc.

Khare, A., Achtani, D., & Khattar, M. (2014). Influence of Price Perception and Shopping Motives on Indian Consumers’ Attitude Towards Retailer Promotions in Malls. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 26(2), 272–295.

Mittal, M., & Sethi, P. (2011). The Effectiveness of Sales Promotion Tools among Indian Consumers: An Empirical Study. Journal of Promotion Management, 17(2), 165-182.

Pelsmacker, P. D., Geuens, M., & Bergh, J. V. d. (2013). Marketing Communications: A European Perspective ((5 ed.).). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Pride, W. M., & Ferrell, O. C. (2016). Marketing ((18 ed.).). USA: Cengage Learning.

Rowley, J. (2018). Promotion and Marketing Communications in The Information Marketplace. Library Review, 47(8), 383-387.

Sasmita, J., & Suki, N. M. (2015). Young Consumers’ Insights on Brand Equity: Effects of Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, and Brand Image. International Journal of Retail & Distribution Management, 43(3), 276–292.

Solomon, M. R., Marshall, G. W., & Stuart, E. W. (2012). Marketing: Real People, Real Choices ((7 ed.).). New Jersey, USA: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1111/j.1365-2036.2009.03946.x

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.

Swastha, B., & I. (2018). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Wahid, U., Pratami, R., & Hasiholan, T. P. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah COVID-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id