Akun Instagram @humaskotabekasi Sebagai Sarana Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Bekasi

Nadya Meidiana, Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan, Hamsinah Hamsinah, Rama Adhipoetra

Abstract


Humas Pemerintah Kota (pemkot) Bekasi menggunakan instagram sebagai media publikasi informasi. Dengan adanya instagram humas pemkot, seharusnya bisa mempermudah komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. Namun nyatanya, komunikasi yang terjadi tidak seimbang di akun instagram @humaskotabekasi. Penelitian ini memiliki dua tujuan yakni mencari tahu alasan dibalik humas pemkot memilih instagram sebagai media publikasi dan bagaimana humas pemkot mengelola akun instagram @humaskotabekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan konsep 4 model public relations. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif analisis, paradigma post positivisme, serta metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Pemerintah Kota Bekasi memilih instagram sebagai media untuk menyebarkan informasi karena banyaknya pengguna aplikasi instagram saat ini, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh aplikasi instagram serta fitur visual pada instagram. Humas Pemerintah Kota Bekasi mengelola instagram dengan menyebarkan press release dan membalas komentar dari masyarakat di kolom komentar instagram. Namun, humas tidak mampu menjawab secara cepat seluruh pertanyaan. Hal ini dikarenakan terdapat pertanyaan yang perlu koordinasi dengan perangkat daerah lain untuk menjawabnya.

Keywords


Instagram; media publikasi informasi; humas pemerintah

Full Text:

PDF

References


Anggaraini, R. P. (2017). MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG / BADAN PERTANAHAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK.

Ardianto, Elvinaro (2014). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung, Rekatama Media

Atmoko, Bambang Dwi (2012). Instagram Handbook. Jakarta, Media Kita

Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2017). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 197–208. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.483

Boztepe-Taskiran, H. (2019). Government Public Relations in Turkey: Social Media Usage of Turkish Ministries in Relationship Building. Online Journal of Communication and Media Technologies, 6(1), 48–63. https://doi.org/10.29333/ojcmt/2537

Dwijayanti, J., Kusumastuti, Y. I., Manusia, F. E., & Manusia, F. E. (2018). Hubungan antara Cyber Public Relations dalam Mengkomunikasikan Etika Bisnis dan Citra Burgreens. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.46937/16201825631

Erliansyah, B. (2017). Manajemen Pengelolaan Cyber Public Relations Dalam Mewujudkan Good Governance Pemerintah Kota Payakumbuh. Hilos Tensados, 1, 1–476.

Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2020). Analisis Self-Disclosure Pada Fenomena Hyperhonest Di Media Sosial. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 221–229. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom

Haryanto, A. T. (2021, February 23). Pengguna Aktif Medsos RI 170 Juta, Bisa Main 3 Jam Sehari. Detik.Com,https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407834/pengguna-aktif-medsos-ri-170-juta-bisa-main-3-jam-sehari

Hasugian, G. G., Hendrayani, Y., & Handayani, L. (2020). STRATEGI HUMAS SIBER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK 4.0 DI BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 167–178. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1050

Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Goodnewsfromindonesia,https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial

Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208

Ma ’mun, A Saefudin. (2012). Optimalisasi Peranan Humas Dalam Organisasi Dakwah. Optimalisasi Peranan Humas Dalam Organisasi Dakwah Jurnal Komunikologi, 9, 117–119.

Mujianto, H., & Nurhadi, Z. F. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Alat Cyber Public Relations PT . GI di Era Indurstri 4.0. Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma, VII(1), 5–14. https://www.jurnalilmiah-paxhumana.org/index.php/PH/article/view/341

Nabilla, F., Arviani, K. D., Herlina, R., & Safitri, D. (2021). Analisis Ruang Publik Instagram Bemp Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Sebagai Transformasi Informasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(1), 129–143. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i1.1444

Permasih, I., Abidin, Y. Z., & Ma, A. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25–46. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/download/584/98

Prastowo, F. A. A. (2020). Pelaksanaan fungsi pokok humas pemerintah pada lembaga pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(1), 17. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23721

Rahayu, M. N. (2020). (2020). PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MENJAGA HUBUNGAN BAIK PT. PUPUK KUJANG DENGAN STAKEHOLDERS. 19(2), 186–201.

Rolos, P. M. (2020). Model Komunikasi Public Relations Di Pemerintah Kota Salatiga Dengan Pendekatan Model Komunikasi Grunig & Hunt. Jurnal InterAct, 9(1). https://doi.org/10.25170/interact.v9i1.1712

Romadhan, M. I. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PUBLIC RELATIONS DALAM MENSOSIALISASIKAN BUDAYA LOKAL KEPADA GENERASI MILLENIAL DI SUMENEP. 3, 97–108.

Rosidin, A. B., & Hamid, A. (2020). Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Dki Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 164–174. https://doi.org/10.32509/.v19i2.1046

Sendari, A. A. (2019, March 1). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya - Tekno Liputan6.com. LIPUTAN 6, https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya?source=search

Shabana, A., & Patrianti, T. (2018). Cyber-Pr Dalam E-Musrenbang Di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Communication, 9(2), 105. https://doi.org/10.36080/comm.v9i2.734

Srisadono, W. (2018). STRATEGI PERUSAHAAN E-COMMERCE MEMBANGUN BRAND COMMUNITY DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 167–179. https://doi.org/10.32509/PUSTAKOM.V1I1.552

Syafaat, M., & Wahyudin, D. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI DIGITAL PUBLIC RELATIONS PADA KONTEN INSTAGRAM @ALAMINUNIVERSAL | Syafaat | JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI. 3(1), 1–12. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/941

Wahyuni, S. (2021). PENGARUH APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP SIKAP FOLLOWERS AKUN @VJCAKES [Universitas Medan Area]. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/13093/1/168530044 - Sri Wahyuni - Fulltext.pdf

Waluyo, D., & Djaffar, R. (2020). Tinjauan Peran Government Public Relations Era Revolusi Industri 4.0 untuk Bersikap Milenial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(1), 11–20.

Widyaranti, T. Y. H. S. N. (2020). PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS HUMAS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA - PDF Download Gratis. JIKAP, 1–11. https://docplayer.info/211947039-Pengelolaan-media-sosial-untuk-mendukung-aktivitas-humas-pemerintah-kota-surakarta.html

Yananingtyas, H. Z. (2020). Cyber Public Relation Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212.

Yazid, T. P. (2015). Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 160–173. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/3345




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id