Pemanfaatan Instagram Kementerian Sosial RI Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah

Zahra Ainussyifa, Wahyu Srisadono, Dian Ismi Islami, Gunawan Gunawan

Abstract


Pandemi Covid-19 yang mewabah dunia tidak terkuali di Indonesia membawa dampak bagi perekonomian rakyat. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia dengan memberikan bantuan sosial bagi rakyat. Program Batuan Sosial Tunai (BST) merupakan salah satu kegiatan Kemensos.  Dalam program ini diduga adanya penyelahgunaan dengan dilakukannya operasi tangkap tangan yang melibatkan oknum kemensos. Hal ini menyebabkan berkurangnya kepercayan masyarakat terhadap kemensos, oleh karena itu kemensos menjadikan sosial media sebagai wadah pemulihan nama baiknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram dalam meningkatkan citra positif humas Kemensos. Penelitian ini menggunakan teori new media dan computer mediated communication (CMC) yang membantu dalam menganalisis bagaimana Kementerian Sosial RI memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan citra. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan Konstruktivisme, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dan menggunkan metode penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang dilakukan untuk meningkatkan citra ialah memberikan informasi progres dari program yang sedang berjalan dan anggaran yang akan dikerluarkan. Untuk menjalin hubungan yang baik dengan khalayak di media sosial, Tim Media Sosial Kemensos berupaya untuk menjawab keluhan dan menghubungkan kepada unit terkait serta memberikan informasi yang berkaitan dengan program kesejahteraan sosial.

Keywords


humas; citra; computer mediated communication; Instagram

Full Text:

PDF

References


Apriananta, Y. J., Wijaya, L. S., & Diponegoro, J. (2018). Penggunaan Website Dan Media Sosial Dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi. Jurnal KOMUNIKATIF, 7(2), 187–209.

Ardito, R. (2020). KPK Terima 1.650 Keluhan Masyarakat soal Penyaluran Bansos Covid-19 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “KPK Terima 1.650 Keluhan Masyarakat soal Penyaluran Bansos Covid-19”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2020/11/13/163. Kompas.Com.

Creswell, J. W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Inc.

Delmia, W. (2019). ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE. Wacana, 18(1), 25–34.

Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Warta ISKI, 1(01), 71. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.10

Fahmi, R. F. (2022). Strategi Komunikasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Digitalisasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 63. https://doi.org/10.22373/jp.v5i1.12733

Hikmat, M. (2018). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Citra Positif Dprd Dalam Persepsi Rakyat Daerah. Jurnal Common, 2(1). https://doi.org/10.34010/common.v2i1.871

Kominfo. (2016). Humas pemerintah harus jadi andalan. www.kominfo.go.id.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Rakhmat Nur, H. (2020). Korupsi Bansos Covid-19: Mensos Juliari Diduga Terima Rp 17 Miliar hingga Bukti Uang dalam Koper Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Korupsi Bansos Covid-19: Mensos Juliari Diduga Terima Rp 17 Miliar hingga Bukti Uang dalam Koper”, Klik u. Kompas.Com.

Reskia, A. D. (2021). Strategi Pencitraan Public Relations Stie Nobel Indonesia Makassar Dalam Menguatkan Citra Sebagai Sekolah Tinggi Terbaik Di Sulawesi Versi Klasterisasi Perguruan Tinggi Lldikti Wilayah Ix. Http://Repository.Unhas.Ac.Id/.

Rosidin, A. B., & Hamid, A. (2020). Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Dki Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 164–174. https://doi.org/10.32509/.v19i2.1046

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Ke 24). Alfabeta.

Suhendra, H. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Komunikasi Kreatif Institusi Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 3(3), 113–123. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v3i3.7710

Sulistyoningsih, S. (2017). Strategi Humas Dan Protokol Terhadap Publikasi Kegiatan Dprd Diy. Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(1), 116. https://doi.org/10.14421/pjk.v10i1.1227

Yenni, F. F. (2020). Peran Hmas Dalam Penerapan Program Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id