Strategi UMKM “Makan Meat” dalam Menggunakan Digital Platform

Fischeta Ainindiva Purwadanti, Rr. Bramayanti Krismasakti, Nurul Fadjrianti Sukarni, Widyarini Ridwan

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi, semakin bervariasinya teknologi yang dapat yang dimanfaatkan oleh pengusaha dalam melakukan strategi pemasaran. Salah satu pengusaha yang memanfaatkan teknologi itu adalah UMKM Makan Meat. UMKM Makan Meat merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang food and beverages yang menggunakan berbagai platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UMKM Makan Meat dalam menggunakan berbagai platform digital. Untuk analisa penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan 3 narasumber. Subjek dari penelitian ini adalah 2 pihak yang bekerja di UMKM Makan Meat serta 1 praktisi komunikasi pemasaran. Data yang ditemukan setelah itu dianalisis menggunakan teknik keabsahan data yaitu triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan UMKM Makan Meat menggunakan beberapa platform digital dalam melakukan strategi pemasaran yaitu pemanfaatan subsidi promo yang diberikan pihak go-food, pembuatan mascot dan konten informasi produk di media sosial Instagram untuk berinteraksi dengan konsumen, melakukan endorsement terhadap key opinion leader @jktbolangbolingg di aplikasi Tik Tok serta menggunakan aplikasi kencan online Bumble untuk memberikan promo gratis produk terhadap akun yang berhasil match.

Keywords


strategi; komunikasi pemasaran; platform digital; umkm “makan meat”

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Aisah, D. D., & Prasetyawati, Y. R. (2018). Pengaruh Konten Dan Gaya Komunikasi Di Platform Konsultasi Berbasis Online@Ibunda_Id Terhadap Brand Awareness. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), 29. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Budi Santoso, A., & Romadon, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial. Jurnal AKSARA PUBLIC, 4(2), 55–67.

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–5.

Dwinanda, S., & Rachmawati, I. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. JURNAL SeMaRaK, 4(2), 98. https://doi.org/10.32493/smk.v4i2.10994

Esti, L., & Hartanti, P. (2018). Komunikasi orang muda di sosial media sebagai. 143–151.

Fadah, I., Vijonta, D. K., Dania, S. P., Yuswanto, I. B., Ekonomi, F., Jember, U., Bidang, T., & Umkm, U. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran berdasarkan Prinsip Syariah ( Studi Kasus : Meryva Shop di Kulonprogo , Yogyakarta ) ( Marketing Mix Strategy Analysis based on Sharia Sharia Principles ( Case Study : Meryva Shop in Kulonprogo , Yogyakarta ) ). 9(1), 23–29.

Fariastuti, I., & Azis, M. A. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OneFourThree.Co DI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 54–69.

Gede, S. M. P. (2021). Peran moderasi pendapat orang tua antara pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan siswa memilih smk duta bangsa denpasar. 16(2), 1–13.

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(1), 50–59.

Haryati, Y., Nopidia, E., Septiani, E., & Laeli, F. (2020). Strategi Pendampingan Melalui Bauran Pemasaran Di BMT NU Sejahtera KC Harjamukti Dalam Menghadapi Masa Pandemi. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 262. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7414

Herlina, N. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @sumbar_rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. JOM FISIP, 4(2), 1–12.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., & Nugroho, D. W. P. S. (2021). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu). SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76–82.

Hidayat, R., & Rahmat, R. (2018). Analisis Swot Sebagai Dasar Keputusan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Server Pulsa Di Kota Batam (Studi Kasus Pada Cv. Star Pratama). Journal of Applied Business Administration, 2(1), 94–108. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.745

Jacksen, J., Susanto, E. H., & Pandrianto, N. (2021). Analisis Key Opinion Leaders di Media Sosial dalam Membentuk Opini Khalayak. Koneksi, 5(1), 90. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10170

Labaso, S. (2019). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ).

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Orchard, T. (2019a). Dating Apps. In Encyclopedia of Sexuality and Gender (Issue October, pp. 1–3). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59531-3_19-1

Orchard, T. (2019b). Love, lust and digital dating: Men on the Bumble dating app aren’t ready for the Queen bee. The Conversation.

Popon, S. (2017). KAJIAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PERBANKAN. 1(1), 1–18.

Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi komunikasi pemasaran produk. 214–224.

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (Haidir). Citappustaka Media.

Sari, W. P., & Kusuma, R. S. (2018). Presentasi Diri dalam Kencan Online pada Situs dan Aplikasi Setipe dan Tinder. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 155–164. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3829

Tenrisanna, V., & Asnawi, A. (2019). Identifikasi Niche Marketing Produk Jeroan Sapi di Indonesia. Agrokompleks, 19(1).

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran. C.V ANDI OFFSET.

Tumuwe, R., Damis, M., & Mulianti, T. (2018). Pengguna ojek online di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Holistik, 21, 1–19.

Wina Avondita, Islami, D. I., Saifulloh, M., & Sukarni, N. F. (2022). Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono Melalui Media Sosial Instagram @agusyudhoyono. Jurnal Cyber PR, 2(1), 25–48.

Zakirah, D. M. A. (2018). Mahasiswa dan Instagram (Study Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga). Jurnal S1 Sosiologi FISIP Universitas Airlangga, 1–21.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id