Pelayanan Publik Berbasis Digital di Era New Normal Polres Metro Kota Bekasi

Raisya Aleyda Ishaq, Novita Damayanti, Nunuk Prihatiningsih, Harti Yuwarti

Abstract


Seiring kemajuan teknologi, kepolisian sektor Bekasi kota atau Polres Metro Bekasi Kota beralih menggunakan pelayanan digital berbasis website dan media sosial dalam pelayanan publiknya yang beralamatkan www.polrestrobekasikota.com. dan @restrobekasikota_official (Instagram) Website yang diluncurkan oleh Humas Polres Metro Bekasi Kota saat ini berfokus pada antrian untuk pelayanan publik SIM dan SKCK. Mengingat saat ini terjadi pandemi covid-19, ada perubahan dalam sistem pelayanan publiknya. Penelitian ini dilandasi oleh teori excellence dan konsep 4 (four) step model dimana terdapat elemen Fact Finding, Planning, Communicating dan Evaluating. selain itu penelitian ini juga menggunakan konsep 7 (seven) C’s yang didalamnya terdapat Credibillity, Contex, Content, Clarity, Contunity and Consistency, Channels dan Capability of the Audience. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kontruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti menggunakan metode wawancara dalam mendapatkan datanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Dari hasil peneliti ini disimpulkan bahwa dalam program pelayanan berbasis digital di era new normal tidak ada perubahan yang cukup berarti dari sebelum terjadinya pandemi.

Keywords


Four Step Model; 7 C’s; Excellence; Website; Strategi

Full Text:

PDF

References


Agus Salim. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak.

Anshar, M. (2019). Electric Public Relations (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital (Muhammad Anshar) Electronic Public Relation (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital. Jurnal Komodifikasi, 8, 200–2013.

Ariyanti, & Metha, D. (2018). Fenomena Cyber Public Relations pada Lembaga Pemerintah Non Kementrian (Studi Kasus : Aktivitas Cyber Public Relations Pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi/ BPPT). Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(61), 7199–7216. http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/649/533

Astuti, S., Putri, I., & Ali, D. (2016). Strategi Komunikasi Program Internet Sehat Dan Aman Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap Tahun 2015. Jurnal Komunikasi Untar, 8(1), 25–35.

Bajri, R. A. D. (2019). Tujuh ‘C’ Dalam Program Humas Jakarta Smart City. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 48–65. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.349

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group.

Cangara, H. (2013). Planning and Communication Strategy. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada.

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (S. Z. Qudsy (ed.); Edisi keti). Pustaka Pelajar.

Hakim, L. (2004). Cara Mudah Memadukan Web Design dan Web Programming. PT Elex Media Komputindo.

Hamzah, R E, & Azhari, R. R. (2019). Konsep Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Brand Image Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(2), 181–193. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/872

Hamzah, Radja Erland, Putri, C. E., Santoso, P. Y., & Sari, K. (2022). MACAN Museum’s Strategies in Retaining Art Tourism Visitors During Covid-19. Proceedings of the Tenth International Conference on Entrepreneurship and Business Management 2021 (ICEBM 2021), 653(Icebm 2021), 519–524. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220501.079

Handika, B. N., & Rostyaningsih, D. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Kabupaten Kudus). Journal Of Public Policy And Management Review, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v9i2.27348

Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah : Manfaat Dan Risiko. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 25(2), 149–165. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33299/jpkop.25.2.3920

Hidayat, T. W. (2021). Analisis Percakapan Komunikasi dalam Menentukan Keberhasilan Pesan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(2), 166–176. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5632

Khopipah, S., & Turistiati, A. T. (2020). Challenges of dual roles of marketing public relations and public relations in developing a positive image of PT. Overseas Zone. Informasi, 49(2), 91–100. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.28256

Kriyantono, R. (2019). Research Strategies and Media Relations in Public Relations Practices. Jurnal Komunikatif, 8(2), 178–190. https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2287

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

Masar, A. N. (2014). Communication Strategy of Community Empowerment Institutions (LPM) in Disseminating the City Park Program in Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara. Strategi Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dalam Mensosialisasikan Program Penghijauan Taman Kota. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 2(4), 88–101.

Mulyana, D. (2008). Qualitative Research Methodology: New Paradigms of Communication and Other Social Sciences. (Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Remaja Rosdakarya.

Nurhasanah, F., Solahudin, D., & Aziz, A. (2020). Kampanye Public Relations tentang Sosialisasi Program Bayar Iuran Tepat Waktu Farida. 3(September), 269–288. https://doi.org/10.15575/reputation.v3i3.2193

Rahmawati, Y. (2014). Manajemen Public Relations Dalam Bisnis Islam. Jurnal Filsafat Dan Budaya Hukum, 95, 181–194.

Renata, M. (2014). Menggunakan Meme dalam Word of Mouth (WoM) untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Studi Manajemen, 8(2), 183–192. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/kompetensi.v8i2.658

Saktisyahputra, S. (2019). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Susanto, & Halim, I. (2020). Pengaruh Human Relation dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kompas Gramedia Cabang Karawaci. Prosising Seminar Nasional.

Vidy, A. (2022). Penyebaran Hoaks Diprediksi Bakal Semakin Banyak Tahun 2022. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4893152/penyebaran-hoaks-diprediksi-bakal-semakin-banyak-tahun-2022

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (Sixth Edition (ed.)). Sage Publications, Inc.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id