Fitur Tokopedia Sebagai Media Promosi Pada PT. Saafir Prisma Indonesia
Abstract
Instagram sebagai media sosial saat sudah banyak digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan promosi. Sebagai media promosi Instagram memiliki banyak fitur-fitur yang manfaatnya berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan fitur Tokopedia sebagai media promosi PT. Saafir Prisma Indonesia. Untuk keperluan pemecahan masalah penelitian menggunakan teori/Model Computer Mediated Communication, dan konsep fitur Instagram. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dengan Rula Shavira Marketing PT. Saafir Prisma Indonesia dan Chalik Adam Direktur PT. Saafir Prisma Indonesia. Pengumpulan data dari berbagai sumber dan penelitian kepustakaan. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa PT. Saafir Prisma Indonesia memanfaatkan fitur Tokopedia untuk media promosi produk. Banyak sekali fitur yang disediakan Tokopedia tetapi tidak semua fitur dimanfaatkan oleh perusahaan. Pemanfaatan beberapa fitur Tokopedia oleh PT. Saafir Prisma Indonesia karena sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan perusahaan untuk menginformasikan pesan kepada masyarakat. Kendala perusahaan dalam memanfaatkan fitur instagram tidak dapat mengeksplor secara leluasa kreativitas dan inovasi karena ada beberapa fitur yang disediakan secara otomatis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/744/680
Assadurachman, A. (2017). Marketplace Barang Bekas Kos Yogyakarta. 2017.
Bungin, B. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo.
Bungin, B. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi Kedua.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Hutauruk, B. D., Naibaho, J. F., & Rumahorbo, B. (2017). Analisis dan perancangan aplikasi marketplace cinderamata khas batak berbasis android 1,2,3. 3(1), 242–246.
Kevin, D., & Sari, W. P. (2019). Pengaruh Terpaan Media Online Terhadap Brand Image Kini Capsule. Prologia, 2(2), 291. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3590
Lis, B., & Neßler, C. (2014). Electronic word of mouth. Business and Information Systems Engineering, 6(1), 63–65. https://doi.org/10.1007/s12599-013-0306-0
Pasaribu Humisar Parsaorantua, Yuriewati Pasoreh, Sintje A. RondonuwuPasaribu Humisar Parsaorantua, Yuriewati Pasoreh, S. A. R. (2017). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (STUDI TENTANG WEB E-GOVERNMENT DI KOMINFO KOTA MANADO). VI(3).
Pujiwidodo, D. (2016). E-Commerce. III(2), 2016.
Ramadhani, N. U. R. P. (2021). MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ( Studi Kasus Produk Ms Glow Pada Akun @ Msglow . Ponorogo1).
Saktisyahputra, S. (2019). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287
Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.
Sitinjak, M. L. (n.d.). PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP KEBUTUHAN AFILIASI KOMUNITAS ORANG MUDA KATOLIK (OMK) GEREJA KATOLIK SANTA MARIA PEKANBARU. 6, 1–13.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharno, S. (2011). Marketing in Practice. Graha Ilmu.
v. M. buyanov. (2017). Komunikasi Pemasaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12–48.
Fazli, achmad zulfikar. (2022). Riset: 74,5% Konsumen Lebih Banyak Belanja Online daripada Offline. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/5b2mZ3rN-riset-74-5-konsumen-lebih-banyak-belanja-online-daripada-offline
Nathania, R. (2022). AIDA: Apa Itu, Contoh Penerapan, Kelebihan dan Kekurangannya. Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/aida-adalah/#.Y56p5HZBzIU
Soemanagara, D. F. (2022). Kebiasaan Belanja Online Masyarakat Indonesia 2022 & Peta Persaingan Shopee hingga Tokopedia. Ekonomi.Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220927/12/1581451/kebiasaan-belanja-online-masyarakat-indonesia-2022-peta-persaingan-shopee-hingga-tokopedia
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id