Fitur Tokopedia Sebagai Media Promosi Pada PT. Saafir Prisma Indonesia

Arief Maulana Malik, Adiella Yankie Lubis, Fizzy Andriani, Anggia Hesti Benjamin

Abstract


Instagram sebagai media sosial saat sudah banyak digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan promosi. Sebagai media promosi Instagram memiliki banyak fitur-fitur yang manfaatnya berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan fitur Tokopedia sebagai media promosi PT. Saafir Prisma Indonesia. Untuk keperluan pemecahan masalah penelitian menggunakan teori/Model Computer Mediated Communication, dan konsep fitur Instagram. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dengan Rula Shavira Marketing PT. Saafir Prisma Indonesia dan Chalik Adam Direktur PT. Saafir Prisma Indonesia. Pengumpulan data dari berbagai sumber dan penelitian kepustakaan. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa PT. Saafir Prisma Indonesia memanfaatkan fitur Tokopedia untuk media promosi produk. Banyak sekali fitur yang disediakan Tokopedia tetapi tidak semua fitur dimanfaatkan oleh perusahaan. Pemanfaatan beberapa fitur Tokopedia oleh PT. Saafir Prisma Indonesia karena sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan perusahaan untuk menginformasikan pesan kepada masyarakat. Kendala perusahaan dalam memanfaatkan fitur instagram tidak dapat mengeksplor secara leluasa kreativitas dan inovasi karena ada beberapa fitur yang disediakan secara otomatis.


Keywords


Pemanfaatan Fitur Tokopedia; Media Promosi, Tokopedia

Full Text:

PDF

References


Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/744/680

Assadurachman, A. (2017). Marketplace Barang Bekas Kos Yogyakarta. 2017.

Bungin, B. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo.

Bungin, B. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi Kedua.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.

Hutauruk, B. D., Naibaho, J. F., & Rumahorbo, B. (2017). Analisis dan perancangan aplikasi marketplace cinderamata khas batak berbasis android 1,2,3. 3(1), 242–246.

Kevin, D., & Sari, W. P. (2019). Pengaruh Terpaan Media Online Terhadap Brand Image Kini Capsule. Prologia, 2(2), 291. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3590

Lis, B., & Neßler, C. (2014). Electronic word of mouth. Business and Information Systems Engineering, 6(1), 63–65. https://doi.org/10.1007/s12599-013-0306-0

Pasaribu Humisar Parsaorantua, Yuriewati Pasoreh, Sintje A. RondonuwuPasaribu Humisar Parsaorantua, Yuriewati Pasoreh, S. A. R. (2017). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (STUDI TENTANG WEB E-GOVERNMENT DI KOMINFO KOTA MANADO). VI(3).

Pujiwidodo, D. (2016). E-Commerce. III(2), 2016.

Ramadhani, N. U. R. P. (2021). MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ( Studi Kasus Produk Ms Glow Pada Akun @ Msglow . Ponorogo1).

Saktisyahputra, S. (2019). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287

Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.

Sitinjak, M. L. (n.d.). PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP KEBUTUHAN AFILIASI KOMUNITAS ORANG MUDA KATOLIK (OMK) GEREJA KATOLIK SANTA MARIA PEKANBARU. 6, 1–13.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharno, S. (2011). Marketing in Practice. Graha Ilmu.

v. M. buyanov. (2017). Komunikasi Pemasaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12–48.

Fazli, achmad zulfikar. (2022). Riset: 74,5% Konsumen Lebih Banyak Belanja Online daripada Offline. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/5b2mZ3rN-riset-74-5-konsumen-lebih-banyak-belanja-online-daripada-offline

Nathania, R. (2022). AIDA: Apa Itu, Contoh Penerapan, Kelebihan dan Kekurangannya. Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/aida-adalah/#.Y56p5HZBzIU

Soemanagara, D. F. (2022). Kebiasaan Belanja Online Masyarakat Indonesia 2022 & Peta Persaingan Shopee hingga Tokopedia. Ekonomi.Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220927/12/1581451/kebiasaan-belanja-online-masyarakat-indonesia-2022-peta-persaingan-shopee-hingga-tokopedia




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id