Meningkatkan Penjualan Rokok Elektrik Melalui Sosial Media Instagram

Mahendra Dwi Putra, Muhammad Saifulloh, Muminto Arief, Kusnul Arifin

Abstract


Vape atau personal vaporizer telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. Hal tersebut didukung dengan maraknya iklan terutama dalam berbagai macam media sosial tentang penggunaan rokok elektrik serta tersedianya gerai rokok elektrik di kota-kota besar Indonesia yang semakin mudah untuk ditemui. Instagram adalah salah satu platfrom media sosial yang paling banyak digunakan. Pada era digital seperti saat ini, banyak platfrom media sosial yang dapat membantu mempromosikan brand atau produk dengan sasaran khalayak. Kebiasaan masyarakat yang berubah dalam melakukan pembelian secara offline menjadi online dengan sarana digital platfrom salah satunya instagram. Vaperasoy adalah salah satu dari sekian banyak toko vape yang menggunakan instagram sebagai sosial media marketing dari perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan Vaperasoy sebagai media promosinya, penggunaan instagram dalam promosi efektif dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post - positivisme. Sementara itu jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian menggunakan model AISAS dan analisis SWOT untuk mengetahui prilaku konsumen. Hasil penelitian setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber, disimpulkan bahwa strategi sosial media marketing yang dilakukan oleh Vaperasoy efektif sehingga mampu meningkatkan penjualan.


Keywords


Media Sosial; Vape; Promotion; Model AISAS

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2021). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa? Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa

Bilqis, F. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada “Klinik Kopi” di Yogyakarta). (S1 Skripsi), UIN SUNAN KALIJAGA, Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35390/

Dima, N., Uyun, N., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram” Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(3), 356–365. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Gumilar, G., & Zulfan, I. (2014). Penggunaan Media Massa dan Internet sebagai Sarana Penyampaian Informasi dan Promosi oleh Pengelola Industri Kecil dan Menengah di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(1), 85–92. https://doi.org/10.24198/jkk.v2i1.6054

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran (1 ed.). Jakarta: Prenada Media Kencana.

Meldiana, M. (2017). Efektivitas Promosi SFS (Shoutout For Shoutout) Di Instagram Dalam Membangun Minat Beli Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala. Jurnal lIlmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(2), 30—46.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An expanded Sourcebook (2 ed.). United Kingdom: SAGE Publications.

Paramita, S., & Sari, W. P. (2016). Komunikasi Lintas Budaya dalam Menjaga Kerukunan antara Umat Beragama di Kampung Jaton Minahasa. Journal Pekommas, 1(2), 153. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010205

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas, 18(3), 203—212.

Rahanatha, G. B., & Narayana, K. G. S. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962—1982.

Rakhmat, J. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, M. F. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Online dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Kmall.id). Jurnal Ilmu Kom, 6(1), 98–108.

Rimawaty, L. (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Branding Pada Dream.Co.Id(Studi Deskriptif Kualitatif pada iklan Dream Resolusi Cantik). (S1 Skripsi), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

Sari, J. I., & Susilo, J. (2021). Strategi Bertahan Cafe Melalui Pendekatan Integrated Marketing Communication Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 117–130. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1350

Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2016). The effect of social media communication on consumer perceptions of brands. Journal of Marketing Communications, 22(2), 189—214.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World's Most Innovative Advertising Agency. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id