Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness dan Minat Beli Head & Shoulders di Youtube

Nurul Fadjar Sukarni, Winda Nurjanah, Adiella Yankie Lubis

Abstract


Produk sampo Head & Shoulders menggunakan strategi dengan membuat iklan yang berbeda dan tidak seperti biasanya dengan menghadirkan humor di dalamnya, dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari iklan yang diperankan oleh celebrity endorser Joe Taslim dalam menciptakan brand awareness terhadap minat beli konsumen di media platfom Youtube. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan jenis penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan uji t, uji F, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Populasi dalam penelitan ini adalah followers akun Facebook brand Head & Shoulders dengan menggunakan teknik sampel simple random sampling. Besaran sampel sebesar 100 responden. Pada uji korelasi ditemukan bahwa pengaruh celebrity endorser Joe Taslim terhadap minat beli brand Head & Shoulders di media platform Youtube sebesar 0,437 yang berarti pengaruh dari variabel signifikan atau pasti. Sedangkan pengaruh dari brand awareness terhadap minat beli brand Head & Shoulders di media platform Youtube sebesar 0,510 yang berarti pengaruh dari variabel signifikan atau pasti.

Keywords


celebrity endorser; brand awareness; minat beli; komunikasi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Aritonang, W. (2020). Pengaruh Kredibilitas Selebriti Endorser Joe Taslim dan Daya Tarik Humor terhadap Sikap Khalayak Pada Merek Head & Shoulders. Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/163779/pengaruh-kredibilitas-selebriti-endorser-joe-taslim-dan-daya-tarik-humor-terhadap-sikap-khalayak-pada-merek-head-shoulders.html

Durianto, D., & Liana, C. (2004). Analisi Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Mode. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11.

Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heda, N. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sampo (Studi Kasus pada Merek Clear). In Skripsi.

Muntaz, G. L. (2020). Pengaruh Endorser Ade Londok Dan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Odading Pak Soleh. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Neuman, W. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (Seventh Ed). Pearson Education Limited.

Primaningtyas, M. (2012). Studi Pengaruh Daya Tarik J-Rocks dan Brand Attitude Terhadap Minat Beli IM3 (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

Rahmawati, Y. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Shampo Head & Shoulders “Versi Joe Taslim Dengan Move On Bro” Terhadap Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Roehan, A. A. (2018). Penerapan Embellishment Sebagai Unsur Dekoratif Pada Busana Modestwear. Telkom University. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/147624/penerapan-embellishment-sebagai-unsur-dekoratif-pada-busana-modestwear.html

Sari, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap. 1(1), 37–48. Pengingatan Kembali Merek (Brand Recall)%0D%0ABrand recall adalah mengingat kembali merek yang dicerminkan dengan merek lain yang%0D%0Adiingat oleh responden setelah responden menyebutkan merek yang pertama.%0D%0A

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alphabeta, CV.

Yanti, M. O. Z., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosial Merek, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–15. https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1557/1516




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i2.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id