Aktivitas Humas Kota Bengkulu Dalam Mempromosikan Objek Wisata

Popi Oktavia, Bramayanti Krismasakti, Wahyu Srisadono

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang terkena dampak cukup serius dari pandemik Covid-19. Jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata dapat dikatakan mengalami penurunan yang drastis bahkan mematikan sendi-sendi perekonomian masyarakat sekitar. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka pertanyaan penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana Strategi Humas Kota Bengkulu Dalam Mempromosikan Objek Wisata?. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini teori excellence public relations, Four’s Steps Model Cutlip and Center, dan konsep PENCILS. Paradigma penelitian konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subyek penelitian melibatkan tiga orang, yang terdiri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil temuan penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa Strategi Humas Kota Bengkulu Dalam Mempromosikan Objek Wisata adalah melaksanakan event seperti Karnaval Batik dan Tabot kemudian ditayangkan di stasiun televisi dan internet. Mengingat kondisi Indonesia yang masih pandemik Covid – 19 maka setelah nanti kondisi sudah mulai normal, akan ada rencana memberikan diskon untuk objek wisata guna menarik perhatian dan minat berkunjung wisatawan.


Keywords


Strategi Humas; Promosi; Objek Wisata; Bengkulu

Full Text:

PDF

References


Avinda, C. B., Sudiarta, I. N., & Karini, N. M. O. (2016). Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata). Jurnal IPTA, 4(1), 55—60.

Bolan, P., & Williams, L. (2008). The role of image in service promotion: focusing on the influence of film on consumer choice within tourism. International Journal of Consumer Studies, 32(4), 382—390.

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Cutlip and Center's Effective Public Relations (11 ed.). USA: Pearson Education, Inc.

Cardoso, L., Dias, F., de Araújo, A. F., & Andrés Marques, M. I. (2019). A destination imagery processing model: Structural differences between dream and favourite destinations. Annals of Tourism Research, 74, 81—94.

Coombs, D. S., & Osborne, A. (2012). A Case Study of Aston Villa Football Club. Journal of Public Relations Research, 24(3), 201—221.

Della, D. (2016). Analisis Strategi Promosi Objek Daya Tarik Wisata Rawa Pening Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. (S1 SKRIPSI), Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Kriyantono, R. (2012). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Penerbit Kencana.

Lubbe, B. (2004). Applying an open systems public relations model to destination image development. Communicatio, 30(1), 131—150.

McCartney, G., Butler, R., & Bennett, M. (2008). A Strategic Use of the Communication Mix in the Destination Image-Formation Process. Journal of Travel Research, 47(2), 183—196.

Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations (S. Purwanto, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Pelsmacker, P. D., Geuens, M., & Bergh, J. V. d. (2013). Marketing Communications : A European Perspective (5 ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Pride, W. M., & Ferrell, O. C. (2016). Marketing (18 ed.). USA: Cengage Learning.

Riel, C. B. M. v., & Fombrun, C. J. (2007). Essentials of Corporate Communication: Implementing practices for effective reputation management. USA and Canada: Routledge.

San Martín, H., Herrero, A., & García de los Salmones, M. d. M. (2018). An integrative model of destination brand equity and tourist satisfaction. Current Issues in Tourism, 22(16), 1992—2013.

Seitel, F. P. (2017). Practice Of Public Relations (13 ed.). England: Pearson Education Limited.

Setiawan, N. A., & Hamid, F. (2014). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2), 184—194.

Souiden, N., Ladhari, R., & Chiadmi, N. E. (2017). Destination personality and destination image. Journal of Hospitality and Tourism Management, 32, 54—70.

Theaker, A. (2011). The Public Relations Handbook. Florence, UNITED STATES: Taylor and Francis.

Truong, T. L. H., Lenglet, F., & Mothe, C. (2018). Destination distinctiveness: Concept, measurement, and impact on tourist satisfaction. Journal of Destination Marketing & Management, 8, 214—231.

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT INDEKS.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i2.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id