Marketing Public Relations Melalui Instagram di Masa Pandemi COVID-19

Syia’ab Eldiena, Cakra Ningsih, Prasetya Yoga Santoso

Abstract


Covid-19 yang melanda dunia, mengakibatkan beberapa sektor industri bisnis terdampak sehingga mengalami penurunan penjualan. Active Barn menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana strategi marketing public relations di masa pandemi Covid 19. Instagram adalah media yang digunakan untuk menyebarkan informasi serta melakukan promosi untuk mendapatkan customer. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teori Cyber PR, Teori New Media, Teori Excellent dan  The 7 Communications – Scoot M Cutlip & Allen. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sifat penelitian deskriptif, dan paradigma yang digunakan konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama pandemi Covid-19, strategi marketing public relations yang dilaksanakan oleh Active Barn dengan mengadakan campaign Aktif Positif Setiap Hari. Campaign ini dilaksanakan dengan program challenge olahraga yang beragam dan durasi bervariatif. Konten yang ada di Instagram Active Barn berupa press release, blog, dan webinar. Melalui konten yang dibuat oleh Active Barn bertujuan untuk membangun hubungan dengan followers dan membangun pemahaman yang sama dengan audiensnya. Hambatan yang dialami Active Barn dalam penggunaan Instagram selama pandemi Covid-19 ialah proses pembuatan konten dan hambatan lainnya adalah meyakinkan followers mereka untuk mengikuti program yang telah ditawarkan.

Keywords


Marketing PR; Cyber PR; New Media; Instagram

Full Text:

PDF

References


Aldida, V. I. (2021). Sempat Bangkrut Terimbas Pandemi, Ini Deretan Bisnis yang Dikembangkan Bams Eks Samson. Idxchannel.Com. https://www.idxchannel.com/ecotainment/sempat-bangkrut-terimbas-pandemi-ini-deretan-bisnis-yang-dikembangkan-bams-eks-samson

Ariyanti, & Metha, D. (2018). Fenomena Cyber Public Relations pada Lembaga Pemerintah Non Kementrian (Studi Kasus : Aktivitas Cyber Public Relations Pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi/ BPPT). Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(02), 18. http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/649/533

Asisdiq, I., Sudding, & Side, S. (2017). STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS WEBSITE E-MARKETPLACE (Studi Deskriptif Pada Website E-Marketplace Jual Beli Hasil Laut Pasarlaut.com). Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 91–99. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/download/584/98

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188

Fariastuti1, I., & Pasaribu, M. (2020). Kampanye Public Relations # Medialawancovid19 Di Media Massa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 212–220.

Kriyantono, R. (2014). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Prenadamedia Group.

Kriyantono, R. (2015). Konstruksi Humas Dalam Tata Kelola Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi di Era Keterbukaan Informasi Publik The Constructions of Public Relations in Communication Management of. Jurnal Pekommas, 18(2), 117–126.

Kusmarni, Y. (1989). STUDI KASUS ( John W . Creswell ). 1–12.

Manogari, R. R., & Zia, U. K. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes Dalam Mempromosikan Objek Wisata Mangrove Pandansari. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 225. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.650

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revi). Remaja Rosdakarya.

Mujianto, H., & Nurhadi, Z. F. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Alat Cyber Public Relations PT . GI di Era Indurstri 4.0. Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma, VII(1), 5–14. https://www.jurnalilmiah-paxhumana.org/index.php/PH/article/view/341

Murdaniati, K., & Widodo, H. P. (2018). Strategi Marketing Public Relations Matos Mall Dalam Menjaga Mitra Bisnis. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(1), 47–55.

Permasih, I., Abidin, Y. Z., & Ma, A. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25–46. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/download/584/98

Saifulloh, M., & Lazuardi, M. F. (2021). Manajemen Kampanye Public Relations Dalam Sosialisasi Program Tanggap Covid-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1)(1), 53–65. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1320

Santoso, P. Y., & Riskiyanti, T. (2014). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melaksanakan Special Event Program Paket Close User Group (Cug) Pt. Indosat Tbk. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, XIII(2), 130–154. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/139

Santoso, P. Y., & Toruan, R. R. M. L. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Rebranding Hsbc Indonesia Untuk Membentuk Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 1–14. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/512

Stefany, S., & Sari, W. P. (2019). Strategi Marketing Public Relations PT Crowde Membangun Bangsa dalam Meningkatkan Minat Investasi. Prologia, 2(2), 510. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3737

Widuhung, S. M. (2021). Strategi Marketing Public Relations Petromindo Group Di era Pandemi Covid-19. Jurnal Public Relations, 2(1), 1–7. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/308/124




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i2.2832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id