Konstruksi Logo Vidio Dot Com Sebagai Identitas Platform Digital Start-Up Indonesia

Eni Kardi Wiyati, Rilly Rahayu, Bramayanti Krismasakti

Abstract


Pada era modern, sebuah inovasi perlu untuk terus dilahirkan agar berkembang, baik secara eksternal maupun internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas secara mendalam tentang konstruksi unik dari logo PT VIDIO DOT COM, yang mana telah melangsungkan satu kali proses perubahan logo, dan satu kali proses rekonstruksi atau mastering logo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotik oleh Roland Barthes. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan non partisipasi tak berstruktur, yaitu melalui tahapan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dijabarkan secara kesinambungan melalui penjelasan sisi denotatif, konotatif, serta mitos. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya data yang diperoleh peneliti menghasilkan interpretasi terhadap tanda, objek, dan lambang pada visualisasi yang dikreasikan oleh Vidio, yang sangat mendominasi, sehingga karakteristik unik dan khas dari Vidio, mampu tersaji dengan tepat sebagai identitas dari pelopor perusahaan OTT Indonesia. Melalui strategi ciamik atas penyatuan antara logogram dan logotype, yang dalam penyatuannya 2 tipe logo ini berhasil menyempurnakan tuangan visi Vidio kedalam logo nya. Baik itu flexible, energetic, youngest, sekaligus dinamis, ekspresif, juga everlasting.


Keywords


Logo; Vidio; Platform Digital

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Farid. 2019. “Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain 4(1):47–58. doi: 10.25105/jdd.v4i1.4560.

Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-mitos Budaya Massa. Yogyakarta: Jalasutra.

Cobley, Paul, dan Litza Jansz. 2002. Mengenal Semiotika for Beginners. Bandung: MIZAN.

Harnoko, Irwan. 2016. “Petungan sebagai Sistem Ukuran dalam Desain Komunikasi Visual Jawa.” Jurnal Desain 4(01):38. doi: 10.30998/jurnaldesain.v4i01.913.

Hoed, Benny H. 2007. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kurniawan. 2001. Semiolgi Roland Barthes. Magelang: Yayasan INDONESIATERA.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf Amiri. 2003. Hipersemiotika : Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Safanayong, Yongky. 2006. Desain komunikasi visual Terpadu. Jakarta: ARTE INTERMEDIA.

Setiawan, Ragil. 2013. “Redesain Logo dan Aplikasinya dalam Corporate Identity Mebel ‘UD Gangsar Jati.’”

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE : desain komunikasi visual : penanda zaman masyarakat global. Yogyakarta: CAPS.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. 2013. Semiotika Komunikasi : Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id