Implementasi Kegiatan CSR Metro TV Dalam Mempertahankan Reputasi

Alifia Radita Putri, Harti Yuwarti, Nunuk Prihatiningsih

Abstract


Kesuksesan perusahaan tidak hanya dinilai dari keuntungan yang didapatkan, perannya dalam pembangunan lingkungan dan menyejahterakan masyarakat juga dinilai penting, salah satunya melalui kegiatan CSR. Kegiatan CSR akan menimbulkan kesan positif terhadap perusahaan yang akan berdampak pada reputasi baik perusahaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kegiatan CSR Metro TV dalam mempertahankan reputasi perusahaannya, lalu apa faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam implementasi kegiatan CSR di Metro TV. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi CSR di Metro TV dalam mempertahankan reputasi perusahaannya dan juga untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam implementasi kegiatan CSR di Metro TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Didukung oleh konsep 9 Steps of Public Relations dan Triple Bottom Line dalam pembedahan kegiatan CSR yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan CSR Metro TV bersifat proaktif, penyusunan kegiatan CSR meliputi kegiatan riset, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, Metro TV lebih sering meliputi fokus masalah people atau masyarakat melalui pilar pendidikan dan juga kesehatan. Dan juga untuk hambatan dinilai sebagai tantangan terbagi menjadi faktor internal dan eksternal, begitu pula dengan pendukung.


Keywords


Metro TV; Corporate Social Responsibiliy; Reputasi

Full Text:

PDF

References


Alif, M. G. (2016). Cagak Sawita Rupa - Pilar Pengabdian Perusahaan di Indonesia (1st ed.).

Ardianto, E., & Q-Anees, B. (2011). Filsafat Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Butterick, K. (2018). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik (N. Hasfi (Ed.); 1st,-4th ed.).

Erliani, R. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan Berdasarkan Perspektif Syari’ah (Studi Kasus PT Bank Muamalat Indonesia KCP Curup). Institut Agama Islam Negeri.

Hadi, N. (2018). Corporate Social Responsibility (2nd ed.). Expert.

Iriantara, Y. (2013). Community Relation.

Ishak, A., Darmastuti, Wardhani, D., Purworini, D., Murti, R., Yudarwati, G. A., Putra, I. G., Primahendra, I., & Mujiono, S. (2011). Public Relations & Corporate Social Rensponsibility. Aspikom.

Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset nyata. Quadrant.

Jenkins, F., & Yadin, D. (2014). Public Relations (H. Munandar & N. Mahanani (Eds.)). Erlangga.

Kriyantono, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Kencana.

Metro TV Salurkan Bantuan Sumur di Ponpes Hidayatullah. (2021). https://www.metrotvnews.com/play/koGCGE3G-metro-tv-salurkan-bantuan-sumur-di-ponpes-hidayatullah

MetroTV Indonesia Televisi channel News - gambar png. (n.d.). https://www.pngdownload.id/png-w3rse5/

Noor, J. (2017). Metodolohi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana.

PROFILE About ID COMM - Indonesia Communication. (n.d.). https://idcomm.id/about

Rachmawati, S. (2018). Implementasi CSR PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul dalam Mempertahankan Reputasi. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Ruslan, R. (2013). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (13th ed.). Rajawali Pers.

Situmeang, I. (2016). Corporate Social Responsibility; Dipandang dari Prespektif Komunikasi Organisasi. Ekuilibria.

Smith, R. D. (2008). Strategic Planning for Public Relations. Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tentang Kami. (n.d.). https://www.metrotvnews.com/about




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id