Peran Humas Pemprov DKI Jakarta Dalam Mensosialisasikan Aplikasi JAKI (Jakarta Kini)

Reza Ilhami, Natalina Nilamsari, Prasetya Yoga Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Humas Pemprov DKI Jakarta Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Jaki (Jakarta Kini). Hal ini mengingat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi begitu pesat di era digitalisasi sehingga pemerintah provinsi DKI Jakarta tertarik menciptakan aplikasi Jaki untuk pemenuhan kebutuhan informasi warga Jakarta. Teori yang digunakan new media dan seven’s Cs. Paradigma penelitian konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian studi kasus dengan melibatkan empat narasumber. Data diperoleh melalui wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial Humas Pemprov DKI Jakarta dalam mensosialisasikan aplikasi Jaki (Jakarta Kini), menggunakan konsep seven’s Cs yang mencakup credibility, context, content, clarity, channel, continuity and consistency, dan capability of the audience. Komunikator yang kredibel yang menyampaikan konten aplikasi Jaki secara jelas dan terus menerus kepada target sasarannya. Pesan komunikasi yang disampaikan menggunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dimengerti sehingga terjadi perubahan perilaku audiens menjadi berminat mendownload aplikasi Jaki.


Keywords


Media Sosial; Aplikasi Jaki; Humas; Pemprov DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Asropi. (2008). Budaya Inovasi dan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 5(3), 265–275. http://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/view/451

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Cutlip and Center’s Effective Public Relations. Pearson Education, Inc.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2017). Effective Public Relations. Kencana.

Dwiyanto, A. (2006). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Prenada Media Kencana.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Salemba Humanika.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4th ed.). Sage Publications, Inc.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan penjualan melalui Social Media. Elex Media Komputindo.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi Dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Sari, W. P. (2021). Excellence communication humas pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam implementasi aplikasi JAKI ‘Jakarta Kini.’ UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.

Seitel, F. P. (2017). Practice of Public Relations. Pearson Education Limited.

Sudarsono. (2022). Pengantar Sosialisasi.

Sutaryo. (2004). Dasar-Dasar Sosialisasi. Rajawali Pers.

Theaker, A. (2019). The Public Relations Handbook. Taylor and Francis.

Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2014). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson Education Limited.

Yin, R. K. (2015). Case study research: design and methods. Sage Publications, Inc.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id