Program Kemitraan PT Timah Tbk Dengan UMKM Sebagai Upaya Community Based Development

Vea Gresta, Novalia Agung Wardjito Ardhoyo, Dian Ismi Islami

Abstract


Pada penelitian ini peneliti menelaah mengenai pelaksanaan PUMK oleh PT Timah Tbk tersebut dari sudut pandang hubungan masyarakat. Peneliti menggunakan konsep triple bottom line dan 9 steps serta menghubungkan dengan perspektif community based development. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program CSR oleh PT Timah Tbk dan strategi yang diambil dalam pelaksanaan program tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif dengan pendekatan post positivis. Metode perolehan data yakni wawancara dan observasi dengan uji validasi menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian peneliti diketahui bahwa PT Timah Tbk dalam melaksanakan PUMK tersebut telah memenuhi 9 steps. Rasionalisasinya yakni sebelum melaksanakan program tersebut adanya analisis dan perencanaan yang dilakukan dengan berlandaskan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN. PT Timah Tbk juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk pelaksanaan program tersebut. Selain itu, dalam pelaksanaannya PT Timah Tbk tidak hanya sekadar memberikan uang, tetapi juga memberikan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM sekaligus ikut mempromosikan produk-produk UMKM sebagai mitra binaan. Dalam perspektif triple bottom line program tersebut merupakan realisasi dari pilar people yakni pengembangan masyarakat. Apabila ditelisik lebih jauh lagi pada hakikatnya program tersebut merupakan upaya community based development melalui kemitraan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat.


Keywords


Community Based Development; CSR; PUMK; UMKM

Full Text:

PDF

References


Butterick, K. (2012). Pengantar Public Relations. RajaGrafindo Persada.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research,. Pearson Merrill Prentice Hall.

Ferdiansyah, R. (2021). PT Timah Kucurkan Rp 8,16 Miliar Bagi 193 UMKM di Tiga Provinsi. Media Indonesia.

Hotria Mariana. (2022). pentingnya peran dan kontribusi umkm dalam pemulihan ekonomi indonesia. Kompas.Com.

HS, S. (2018). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: Kajian Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. Jurnal Sosiologi Reflektif, 12(1), 119. https://doi.org/10.14421/jsr.v12i1.1312

Kementerian BUMN. (2021a). Dukung Permodalan UMKM, PT Timah Gelontorkan Rp 6,9 Miliar Bagi 151 Mitra Binaan. Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Kementerian BUMN. (2021b). PT Timah Kucurkan Rp 8,6 Miliar Bagi 193 Pelaku Usaha di Tiga Provinsi. Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Kim, J. (2021). What Kind of Community Development System Can Effectively Support Citywide Philanthropic Efforts to Promote Community Well-Being? International Journal of Community Well-Being, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s42413-021-00135-5

Marnelly, T. R. (2012). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 49–59.

Marthin, M., Salinding, M. B., & Akim, I. (2018). Implementasi Prinsip Corporate Social Responsibility (Csr) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Journal of Private and Commercial Law, 1(1), 111–132. https://doi.org/10.15294/jpcl.v1i1.12358

Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61–66.

Nurhayati, T., Rosilawati, Y., & Ishak, A. (2020). Community Development “Istana Kelutut” Masyarakat Pasca Tambang Sebagai Aktualisasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Indonesia. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 03(02), 147–169.

Rivaldi, M. F., Hidayat, D. R., & Supriadi, D. (2022). Disiplin Verifikasi Wartawan Tribunnews.com dan Detik.com dalam Pemberitaan Penganiayaan Ratna Sarumpaet. Jurnal Kajian Jurnalisme, 5(2), 160. https://doi.org/10.24198/jkj.v5i2.31701

Setiawan, D. (2020). Ketergantungan Masyarakat Babel Terhadap Timah Sangat Tinggi. Kontan.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id