Strategi Humas Ditjen Diktiristek Dalam Mempublikasikan Program Kampus Merdeka Melalui Website dikti.kemdikbud.go.id

Anggia Dwi Saputri, Cakra Ningsih, Nurul Fadzar Sukarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Public Relations Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dalam mempublikasikan program Kampus Merdeka melalui media Website serta untuk mengetahui apa faktor penghambat dan pendukung dari strategi yang telah dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif serta paradigma konstruktivisme. Adapun yang menjadi objek di dalam penelitian ini adalah strategi Humas yang dilaksanakan oleh Public Relations Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dalam mempublikasikan program Kampus Merdeka dan subjek dari penelitian ini Public Relations instansi terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Public Relations instansi terkait telah melakukan strategi dalam kegiatan publikasi program Kampus Merdeka sesuai dengan konsep Public Relations yang ada yaitu Fact Finding, Planning, Implementing, dan Evaluating, seluruh kegiatan sudah dilakukan didukung dengan adanya faktor pendukung. Namun, terdapat faktor penghambat seperti kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya komunikasi dua arah pada laman Website.


Keywords


Humas Pemerintahan; Publikasi; Media Baru; Website

Full Text:

PDF

References


Adom, D., Yeboah, A., & Ankrah, A. K. (2016). CONSTRUCTIVISM PHILOSOPHICAL PARADIGM: IMPLICATION FOR RESEARCH, TEACHING AND LEARNING. Global Journal of Arts Humanities and Social Sciences, 4(10), 1–9. www.eajournals.org

Amien, M. (2005). Kemandirian lokal: konsepsi pembangunan, organisasi, dan pendidikan dari perspektif sains baru. Gramedia Pustaka Utama.

Anandhita, Z. R., Kertahadi, & Suyadi. (2014). Analisa atas Desain Website E-commerce pada ZGS Game Shop. . Jurnal Administrasi Bisnis, 1–10.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Astungkoro, R. (2021, December 7). Kemendikbudristek Diminta Cairkan Uang Saku Magang. Republika Online.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian (Vol. 6). Pustaka Pelajar.

Berman, E. M. (2012). The Practice of Government Public Relations. Taylor & Francis Group, LLC.

Bungin, B. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Prenada Media.

Bungin, B. (2016). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo.

Creeber, G., & Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Open University Press.

Cutlip, & Center. (2013). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education Limited.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (1982). Effective Public Relations (1st ed.). Prentice Hall.

Cutlip, & Scott M, A. (2005). Effective Public Relations (8th ed.). PT Indeks Kelompok Gramedia.

Cutlip, Scott, M., & Center, A. H. (2009). Effective Public Relations (9th ed.). Kencana.

dikti.kemdikbud.go.id Traffic Analytics & Market Share | Similarweb. (2022). https://www.similarweb.com/website/dikti.kemdikbud.go.id/#traffic

Effendy. (1989). Kamus Komunikasi. PT. Mandar Maju.

Effendy, O. U. (2009). Dimensi-Dimensi Komunikasi . PT. Alumni.

Four Models Of Public Relations Media Essay. (2021, July 27).

Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Grunig, J. E. (1992). Excellence in Public Relations and Communication Management (1st ed.). Routledge.

Grunig, J. E., Dozier, D. M., & Grunig, J. E. (2003). Excellent Public Relations and Effective Organizations. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781410606617

Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart and Winston.

Heath, R. L. (2001). Handbook of Public Relations.

Hendayana, Y. (2021). Kedaireka dan Matching Fund untuk Akselerasi Reka Cipta Perguruan Tinggi dan DUDI – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Press Release Ditjen Diktiristek.

Hermawan, S., & Amirullah. (2021). Metode Penelitian Bisnis. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Hernita P. (2010). Membangun Website Tanpa Modal. ANDI & Wahana Komputer.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. Kurnanto, Ed.). Alfabeta, cv.

Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Kriyantono, R. (2012). Public relations writing: media production techniques, public realtions and corporate publicity. http://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20294768

Kuhn, T. S. (1970). The Structure of Scientific Revolutions (2nd ed., Vol. 2). The University of Chicago.

Lee, M. (2008). Government public relations : a reader. 425.

Lievrouw, & Livingstone, S. (2006). The Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (6th ed.). Penerbit Salemba Humanika.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kurang Sosialisasi? - Tugumalang.id. (2021, August 27).

Miles, & Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis (3rd ed.).

Mintzberg, H., Ahlstrand, B. W., & Lampel, J. (1998). Strategy Safari: A Guided Tour Through The Wilds of Strategic Mangament. Simon and Schuster.

Morissan. (2006). Pengantar Public Relations Strategi Menjadi Humas Professional. Ramdina Prakasa.

Muktaf, Z. M. (2016). Paradigma dalam Penelitian Kualitatif.

Nasir, M. (1999). Metode Penelitian. PT. Ghalia Indonesia.

Norman, K. D., & Yvonna, S. L. (2019). Handbook of Qualitative Research.

Nurani, D. (2009). Analisis Implementasi Program Batuan Operasional Sekolah Pada SDN di Kota Jakarta Selatan.

Oliver, S. (2006). Strategi Public Relations. Erlangga.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif.

Rakhmat, J. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

RENCANA STRATEGIS DIKTI 2020-2024. (2020).

Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 2020-2024. (2020).

Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Y. Novita, Ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2017a). Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo.

Ruslan, R. (2017b). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi (1st ed., Vol. 7). Rajawali Pers.

Semiawan, C. R. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Sibero, A. (2013). Web Programming Power Pack. MediaKom.

Soemirat, Soleh., & Ardianto, Elvinaro. (2002). Dasar-dasar public relations. 209.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.

Sulistyaningtyas, I. D. (2007). Peran Strategis Public Relations di Perguruan Tinggi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 4(2).

Suripto, Fatmasari, R., & Purwaningsih. (2014). Penggunan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan.

Theaker, A. (2004). The Public Relations Handbook (A. Theaker, Ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203600740

Thompson, J. L. (1995). Strategy in Action (Vol. 1). Chapman & Hall.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id