Aplikasi Layanan Kesehatan "Si Pandai Kemas Tangsel" oleh Dinas Kesehatan
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi humas dari kegiatan sosialisasi aplikasi layanan Kesehatan Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan “Si Pandai Kemas Tangsel” kepada masyarakat. Pandemi global yang terjadi pada tahun 2020 – 2021 mengakibatkan sulitnya akses terhadap layanan pemerintah, terutama dalam bidang Kesehatan. Hal ini menyebabkan terjadinya banyak isu dalam aspek Kesehatan yang salah satunya adalah isu mengenai Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan meluncurkan aplikasi Si Panda Kemas Tangsel untuk menanggapi permasalahan tersebut. Peneliti bertujuan untuk mencari tahu bagaimana strategi Dinas Kesehatan Pemkot Tangerang Selatan Dalam Memperkenalkan Aplikasi Layanan Kesehatan “Si Kemas Pandai Tangsel” Kepada Masyarakat serta kendala yang dihadapi dalam memperkenalkan aplikasi tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Excellence, Teori Sistem, Konsep 4 steps of Public Relations, dan 7 Cs of Communication, paradigma Konstruktivisme, pendekatan kualitatif, metode studi kasus dengan Teknik pengumpulan data wawancara terstruktur. Hasil penelitian menyatakan bahwa Dinas Kesehatan telah menerapkan konsep 4 steps of public relations dan 7C’s of PR. Sepanjang pelaksanaan sosialisasi aplikasi layanan Kesehatan “Sistem Informasi Peduli Anak dan Ibu Kesehatan Masyarakat TangerangSelatan (Si Pandai Kemas Tangsel”, terdapat berbagai macam Kendala yang dihadapi oleh Dinas Kesehatan Tangerang Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyansyah, M. F., Fathoni, N. M., Kurniawati, U., & Oktavia, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Memakai Masker pada Masa Pandemi Melalui Media Poster dan Banner. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.8824
Arlinta, D. (2021, March 8). Angka Kematian Ibu dan Bayi Meningkat. Kompas. https://www.kompas.id/baca/ilmu-pengetahuan-teknologi/2021/03/08/angka-kematian-ibu-dan-bayi-meningkat?track_source=baca&track_medium=login-paywall&track_content=https%3A%2F%2Fwww.kompas.id%2Fbaca%2Filmu-pengetahuan-teknologi%2F2021%2F03%2F08%2Fangka-kema
Ayudia, A. P., & Wulandari, S. S. (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra pemerintah kota palembang. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Budy, V. (2021). 10 Provinsi dengan Angka Kematian Ibu Terbanyak 2020. Databoks.
Cresswell John W, C. J. D. (2018). Research design_ Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.
Dinas kesehatan Kota Tangerang Selatan. (2022). Struktur organisasi. Dinas Kesehatan. https://dinkes.tangerangselatankota.go.id/main/content/index/struktur_pemerintahan/5
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. (2021). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Dr. Nursapia Harahap, M.A.) (z-lib.org). Wal Ashri Publisjhing.
Harususilo, Y. E. (2021, June 11). UMN dan Dinkes Kota Tangsel Luncurkan “Aplikasi Si Pandai Kemas Tangsel.” Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2021/06/13/112524671/umn-dan-dinkes-kota-tangsel-luncurkan-aplikasi-si-pandai-kemas-tangsel?page=all
Haryanto. (2018). sosialisasi politik (Cetakan 1). Penerbit Polgov.
Heryana, A. (2018). Pengertian Informasi 1. Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif, 14. eprints.polsri.ac.id
Kemenkes. (2021). Perkembangan Covid Tiap Minggu Indonesia. Lokadata. http://bitly.ws/sPYv#
Kementerian Kesehatan. (2020, February 18). 5 Fokus Masalah Kesehatan Tahun 2020. Biro Komunikasi Dan Pelayanan Masyarakat.
Kompasiana. (2021). Tangsel Smart City. Kompasiana.
Kriyantono, R. (2017). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal (Cetakan ke). Kencana.
L.Wilcox, D., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2014). Public Relations : Stratgies and Tactics (11th ed.). Pearson.
Mardika, R. (2021, January 17). Rekor Kasus Harian Covid-19 Tertinggi di Indonesia Sejak Maret 2020. Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/138815/rekor-kasus-harian-covid-19-tertinggi-di-indonesia-sejak-maret-2020
Muh.Fitrah, S. P. M. P., & Dr. Luthfiyah, M. A. (2018). Metodologi Penelitian. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mulyawan, F. G., & Usman, Z. A. (2021). Strategi Komunikasi Humas J&T Express Bener Meriah. Sadida, 1(1), 169–178. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/sadida/article/view/1611%0Ahttps://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/sadida/article/download/1611/841
Ningsih, C. (2019). Strategi Humas dalam mensosialisasikan kegiatan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 15–27. https://media.neliti.com/media/publications/93021-ID-strategi-humas-dalam-mensosialisasikan-p.pdf
Nurhakki, H., & Ristan, A. S. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Ilmu_Komunikasi/Ezk2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Rustan+dan+hakki&printsec=frontcover
Pemadi, D., & Habibullah, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 150–162. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1901
Putri, K. Y. S. (2017). Teori Komunikasi (Pertama). Nerbitbuku.com.
Ruslan, R. (2013a). Metode Penelitian Public Relations dan komunikasi (Cetakan ke). PT RajaGrafindo Persada.
Ruslan, R. (2013b). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
Sagiyanto, A., Suryani, I., & Liliyana, L. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang Dalam Upaya Mempromosikan Destinasi Wisata Melalui Instagram (@humas_kota_tangerang). Jurnal Komunikasi, 12(2), 168–178. https://doi.org/10.31294/jkom.v12i2.11834
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR_METODOLOGI_PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. ALFABETA, CV.
Susanty, W., Astari, I. N., & Thamrin, T. (2019). Jurnal Sistem Informasi & Telematika (Telekomunikasi, Multimedia, & Informatika). 10, 58. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/1218/1377
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id