Kampanye Media Sosial Tiktok @Pandawaragroup Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Muhammad Yusril Ali, Novita Damayanti, Novalia Agung Wardjito Ardhoyo

Abstract


Penelitian   ini   berjudul   Kampanye media sosial TikTok @pandawaragroup dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebersihan lingkungan. Pandawara group terbentuk pada tanggal 5 Mei 2022 yang berlokasi di wilayah Kopo, Bandung Selatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kampanye media sosial TikTok @pandawaragroup dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan serta hambatan yang didapati dalam upaya melakukan kampanye di media sosial Tiktok @pandawaragroup. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan konsep 10 tahapan kampanye public relations dan new media sebagai pendukung. Metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta paradigma kontruktivisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan wawancara secara mendalam dan observasi untuk mendapatkan informasi secara langsung dari narasumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis kampanye yang dilakukan dalam media sosial TikTok Pandawara Group dengan menggunakan 10 tahapan kampanye public relations telah di temukan strategi, taktik, serta hambatan-hambatan dalam kampanye yang dilakukan oleh Pandawara Group. Dan menurut pandangan dari uraian new media Pandawara Group berhasil menjalin interaksi dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam gerakan membersihkan lingkungan, sehingga terbangun integrasi sosial antara Pandawara Group dengan masyarakat dan beberapa instasi pemerintah.

Keywords


Analisis Kampanye; Media Sosial; TikTok; Kebersihan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Affandi, D., & Wijayani, I. (2022). Social Media as Self Existence in Students Using Tiktok Applications. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(3), 300–311. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i3.2108

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157.

Andhika, M. H. R., Hamzah, R. E., Pasaribu, M., & Putri, C. E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi @suasanakopi. Cyber PR, 2(2), 107–118.

Bernadette, A. L. (2023). Mengenal Pandawara Group, 5 Pemuda Pembersih Lingkungan. https://www.popmama.com/life/health/aurelialois/mengenal- pandawara-group-lelaki-muda-pembersih-lingkungan

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications Inc.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.

Permadi, D., & Habibullah, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas BNN Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 150–162. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1901

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunikasi: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 18–29.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya (Vol. 93, Issue 1). Malang: UIN Maualana Malik Ibrahim.

Sari, Q. I. P. (2021). Strategi Kampanye Dalam Jaringan Pasangan Calon Wali Kota Solo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Analisa Sosiologi, 10, 19–40.

Tyas, S. R., Hafiar, H., & Sani, A. (2018). Manajemen Kampanye Eliminasi Kaki Gajah Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Di Kabupaten Bogor. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1), 57. https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.12008

Veronika, K. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Parafrase Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau. Program Studi Ilmu Komunikasi Dan Dakwah: FIKOM UIN SUSKA RIAU. https://repository.uin-suska.ac.id/63717/1/GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Winda Kustiawan, Ja’far, J., Ali Akbar Siregar, Anggi Martuah Purba, & Mahadir Muhammad. (2022). Manajemen Media Online. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i2.169




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id