Pola Konsumsi Informasi dan Penyebaran Hoax di Whatsapp dan Facebook Pada Baby Boomers

Muhammad Daffa Dzakwan, Mukka Pasaribu, Gunawan Gunawan

Abstract


Hoax merupakan sebuah informasi yang berisikan kebohongan yang isi serta sumbernya tidak bisa dipercaya atau tidak kredibel. Informasi hoax ini bertujuan untuk menjatuhkan seseorang atau sebuah instansi serta mendoktrinkan penerima informasi hoax tersebut bahwa informasi yang tidak benar tersebut merupakan informasi benar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola konsumsi informasi hoax dan proses penyebaran informasi hoax di media sosial Whatsapp dan Facebook pada generasi Baby Boomers. Penelitian ini menggunakan teori-teori seperti CMC, media baru, dan atribusi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan serta analisis data dengan reduksi data, display, dan konklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Baby Boomers cenderung hanya mengonsumsi informasi hoax untuk diri sendiri dan jarang melakukan verifikasi informasi hoax dengan sumber-sumber lain. Mereka hanya melakukan verifikasi jika secara kebetulan membuka informasi tersebut dari sumber lain. Generasi Baby Boomers memiliki kesulitan dalam membedakan informasi hoax dan informasi yang benar. Penyebaran informasi hoax terjadi ketika mereka menerima informasi dari sumber tidak kredibel atau sumber yang mereka percayai.

Keywords


Pola Konsumsi Informasi; Penyebaran Hoax; Baby Boomers; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Agung Abrar, W. (2020). Literasi Media Sosial Di Kalangan Generasi Baby Boomers Di Kota Padang. In Universitas Airlangga. Universitas Airlangga.

Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289.

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099

Bungin, B. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT. Raja Grafindo.

Gulo, A. S., Lasmadi, S., & Nawawi, K. (2020). Cyber Crime dalam Bentuk Phising Berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. 1, 68–81.

Herlina, N. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @sumbar_rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. JOM FISIP, 4(2), 1–12.

Luik, J. (2020). Media Baru Sebuah Pengantar. In Repository.Uin-Suska.Ac.Id. Universitas Kristen Petra.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.

Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117

Rahayu, R. N. (2021). Vaksin Covid 19 di Indonesia: Analisis Berita Hoax. 2(07), 39–49.

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54

Rozan, Z. R., & Dewi, A. O. P. (2022). Penggunaan Internet sebagai Sumber Informasi pada Generasi Baby boomer berdasarkan Kemampuan Literasi Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(1), 23–42. https://doi.org/10.14710/anuva.6.1.23-42

Samosir, F. T., & Tjahjono, P. E. (2020). Analisis Penyebaran Informasi HOAX Di Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Bibliotika, 4(2), 259–267.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Ke 24). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id